-->

Notification

×

Iklan

BPMPK Genjot Optimalisasi Peran Kelurahan Siaga

Friday, February 25, 2011 | Friday, February 25, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-02-26T03:46:06Z
Kota Bima, Garda Asakota.-
Kelurahan Siaga merupakan gam¬baran masyarakat yang sadar, mau, dan mampu untuk mencegah dan mengatasi berbagai ancaman terhadap masyarakat seperti kurang gizi, penyakit menular, dan penyakit yang berpotensi menim¬bulkan Kejadian Luar Biasa (KLB), kejadian bencana, kecelakaan, dan lain-lain.Guna mendukung program peme¬rintah untuk memaksimalkan Kelurahan Siaga yang telah berfungsi di 38 Kelu¬rahan se-Kota Bima, BPMPK terus melakukan evaluasi dan memotivasi agar Kelurahan Siaga yang telah diben¬tuk dapat berfungsi secara optimal.

Kepala BPMPK Kota Bima, Drs. H. Zakaria HS, kepada wartawan menjelaskan bahwa, pengembangan kelurahan Siaga mencakup upaya untuk
lebih mendekatkan pelayanan dasar kepada masyarakat, menyiap-siagakan masyarakat menghadapi masalah kesehatan, dan memandirikan masya¬rakat dalam mengembangkan perilaku hidup bersih dan sehat.
Untuk itu, guna mewujudkan Kelu¬rahan Siaga, ada beberapa indikator penting yang harus diperhatikan dian¬taranya adalah adanya forum masyara¬kat desa, ada sarana dan prasarana pelayanan dasar dan sistem rujuk, ada upaya menciptakan dan terwujudnya lingkungan sehat, perilaku hidup sehat dan bersih, dan ada sistem pengamat penyakit. “Selain itu, ada upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM), sistem kesiap-siagaan penanggulangan kegawat-daruratan dan bencana berbasis masyarakat, dan ada upaya menciptakan dan terwujud¬nya keluarga sadar gizi,” paparnya.
Terciptanya Kelurahan Siaga, kata¬nya, akan terus ditingkatkan dengan mem¬berikan arahan maupun pencera¬han serta dorongan dengan memberi¬kan bimbingan terhadap pelaku utama yang bergerak dalam pembinaan kelu¬rahan siaga. “Sehingga dibutuhkan aktifnya masyarakat. Dalam hal ini, kita membantu lurah menggerakkan komponen masyarakat untuk terlibat langsung dalam membangun Kelurahan Siaga,” katanya. (GA. 334*)
×
Berita Terbaru Update