-->

Notification

×

Iklan

Wawali Buka Sosialisasi PUGAR tingkat Kota Bima

Wednesday, March 16, 2011 | Wednesday, March 16, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-03-16T03:42:19Z
Kota Bima, Garda Asakota.-
Bertempat di aula Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima, Senin (14/3), telah dilaksanakan acara pem¬bukaan sosialisasi Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) ting¬kat Kota Bima. Pada kesempatan itu, hadir Wakil walikota Bima, H. Rahman H. Abidin sekaligus yang membuka acara, Kepala DKP Kota Bima, Ir. H. Sarafudin, MM, Kepala Diskoperindag, Muhaimin SE,
serta sejumlah Kepala SKPD terkait dan kelompok masyara¬kat yang mendapatkan bantuan dari program PUGAR.
Wawali Bima, H. A. Rahman, meng¬¬ ung¬kapkan bahwa selama ini begitu banyak program pemerintah yang di¬upayakan dalam konteks mengentaskan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia, namun semua program yang dilaksana¬kan tersebut hampir semuanya pula belum begitu mengena dan belum dapat mengatasi serta mengurangi angka ke-miskinan dan pengangguran yang ada di Indonesia. Masalah yang sama, kata dia, juga terjadi di Kota Bima.
“Persoa¬lan kemiskinan dan banyak¬nya jumlah pengangguran menjadi agenda yang perlu kita carikan solusi¬nya bersama,” ujarnya. Untuk itu, pihak¬nya berharap melalui program peme¬rintah Pusat yang tengah digalakkan seperti program PUGAR, program 100 kapal senilai Rp1,5 Milyar, dan program lainnya, dapat dimanfaatkan dengan pengelolaan yang tepat dan tidak hanya sekedar seremonial.
“Terhenti pada pembuatan program saja, tapi kemudian yang perlu kita pikirkan bersama adalah pelaksa¬naan dan hasil yang bisa dicapai dari program tersebut,” tegasnya.
Salah satu upaya agar program pem¬bangunan dapat berjalan sukses, diper¬lukan tumbuhnya kesadaran masyara¬kat untuk pemanfaatan program ban¬tuan dengan sebaik-baiknya. “Dan tentu saja kerjasama yang solid baik dari pihak pemerintah dan masya¬rakat. Maka dapat dipastikan pening¬katan dan kesejahteraan masyarakat yang diidam¬kan dapat tercapai, dan secara tidak langsung akan berpengaruh pada berkurangnya angka kemiskinan dan terciptanya lapangan pekerjaan,” harap pria yang kerap disapa Aji Man ini.
Sementara itu, Kepala DKP Kota Bima, Ir. H. Sarafudin, MM, memapar¬kan bahwa, saat ini Pemkot Bima meru¬pakan satu dari 40 Kota para peserta swa¬sembada garam.
Program PUGAR ini merupakan salah satu strategi untuk pemenuhan kebutuhan garam nasional sehingga dapat mengurangi impor garam serta mencapai swasembada garam.
Adapun tujuan yang diharapkan dari program ini, kata dia, adalah mem¬bentuk usaha garam rakyat, member¬dayakan dan meningkatkan kemam¬puan petambak garam dalam kelompok usaha garam rakyat serta meningkatkan akses terhadap permodalan, pemasa¬ran, informasi, serta ilmu pengetahuan dan teknologi bagi petambak garam rakyat. “Di Kota Bima program ini diikuti oleh 15 kelompok usaha dengan luas lahan 42,2 hektar “ ucapnya singkat. (GA. 334*)
×
Berita Terbaru Update