Jumat, 18 Maret 2011

KPU NTB Segera Tindak lanjuti Rekomendasi Bawaslu



Bima, Garda Asakota.-
Surat rekomendasi Bawaslu RI Nomor: 119/Bawaslu/III/2011 yang me¬minta KPU Propinsi NTB mem¬bentuk Dewan Kehormatan (DK) untuk memberhentikan seluruh anggota KPU Kabupaten Bima sudah diterima oleh KPU NTB, Rabu (16/3).
Menyusul diterimanya surat terse¬but, pihak KPU NTB berjanji akan segera menindak-lanjutinya dan segera membentuk DK KPU NTB.

Arahan Bupati Bima Dinilai Dapat Meruncing Persoalan

Bima, Garda Asakota.-
Setiap arahan Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain dalam menyikapi berbagai persoalan yang tengah dihadapinya saat ini, justru dinilai oleh salah satu tokoh masyarakat Bima dapat memperuncing masalah. “Setiap arahan Bupati, saya menilai memperuncing masalah. Orang lain dituduh bohong, padahal dia sendiri luar biasa,” ungkap salah satu tokoh masyarakat Bima, Drs. H. Fitrah A. Malik, kepada wartawan Kamis (17/3).

Rekomendasi Bawaslu Dinilai Buka Borok KPU

Bima, Garda Asakota.-
Dengan fakta keluarnya rekomen¬dasi Bawaslu RI Nomor: 119/Bawaslu/III/2011 yang meminta KPU Propinsi NTB membentuk Dewan Kehormatan (DK) untuk memecat seluruh anggota KPU Kabupaten Bima dinilai telah membuka tabir hitam dan kelam ada¬nya indikasi ‘permainan’ KPUD Bima sebagai penyelenggara Pemilukada Bima sehingga aturan hukum disepele¬kan bahkan dilecehkan tanpa tanggung-jawab. Untuk itu, Penasehat Hukum (PH) pasangan Zainul-Usman (ZA¬MAN)

Bupati Tegaskan Ancaman Pidana Bagi yang Halangi Pertambangan



Sape, Garda Asakota.-
Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, dalam kunjungan sialturahminya dengan jajaran Dinas Dikpora Kecamatan Sape, Lambu, dan Wawo yang bertem¬pat di Paruga Na’e Sape, Kamis (17/3), menegaskan bahwa, sesuai dengan UU No. 4 tahun 2009 tentang Pertam¬bangan ada dua bentuk ijin pertam¬bangan yaitu ijin eksplorasi dan ijin ekploitasi. Terkait aktivitas pertam¬bangan di Lambu, Bupati Ferry kembali menegaskan bahwa perusahaan yang masuk baru mengantongi ijin ekplorasi.

Kapolresta Ajak Warga Lambu Ciptakan Suasana Kondusif



Lambu, Garda Asakota.-
Pasca aksi demo penolakan masuk¬nya pertambangan hingga terjadinya kerusuhan pembakaran kantor Camat Lambu kondisi Lambu belum sepenuh¬nya kondusif. Kamis kemarin (17/3), Kapolresta Bima Kota, AKBP. Kum¬bul, SIK, beserta anggotanya melaku¬kan kunjungan silaturahmi

LEAD Bima-NTB Persoalkan Tes CPNSD Kobi Tahun 2009

Kota Bima, Garda Asakota.-
Rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNSD) tahun 2009 lalu di Pemerintah Kota Bima ternyata masih menyimpan persoalan yang menganulir tiga orang pelamar yang telah dinya¬takan lulus. Dari sebanyak 445 formasi yang telah dinyatakan lulus diduga sempat muncul di permukaan sekitar 16 orang yang awalnya lulus, tapi kemudian bermasalah dengan 7 orang tidak sesuai formasi dan 9 orang kelas jauh.

Aji Man: Kerja Sama yang Solid, Harus Digalakkan

Kota Bima, Garda Asakota.-
Begitu banyak program pemerintah yang diupayakan dalam konteks men¬ciptakan dan meningkatkan kesejahte¬raan masyarakat dalam melaksanakan proses pembangunan dari, oleh dan untuk masyarakat. Program pembangu¬nan peternakan di Kota Bima diarahkan pada peningkatan kontribusi dalam per¬baikan ekonomi masyarakat inilah yang perlu kita galakkan bersama, antara masyarakat sebagai aktor pelaksana, dan pemerintah sebagai fasilitator.

Dikeluhkan Penarikan Uang Saat Pendaftaran Sertifikasi Guru

H. Ali : Tidak Ada Penarikan Sampai Rp.100 Ribu

Bima , Garda Asakota.-
Berhembus kabar kurang sedap di jajaran lingkup Dikpora Kabupaten Bima terkait dengan dugaan pungutan uang registrasi dan uang pendaftaran calon sertifikasi guru baik dari tingkat SD, SMP maupun SMA/SMK. Seba¬gaimana diungkapkan oleh JN kepada wartawan bahwa dugaan pena¬rikan uang tersebut tidak berdasarkan aturan yang ditetapkan dan tidak ada sosialisasi sebelumnya.

Supervisor PT. CYC Ditengarai Sepihak Putuskan Kontrak Kerja

Kota Bima, Garda Asakota.-
Diduga Supervisor PT. Citra Yasindo Setia, Daman Huri, melakukan pemutusan sepihak kontrak kerjasama proyek pembangunan tower yang berada di Parado Kuta Kecamatan Parado Kabupaten Bima. Hal ini diungkapkan oleh pihak kedua, H. Ramli Yusuf, selaku penerima proyek kerja dari PT.Citra Yasindo Setia tertanggal 31 januari 2011.

Wabup: Tak Mungkin Ada Dua Bupati dalam Satu Daerah



Sape, Garda Asakota.-
Sebanyak 100 lebih Kepala Sekolah (Kasek) dan pengawas TK/SD, SMP dan SMA Kecamatan Wawo, Sape, dan Lambu yang dilantik di Paruga Nae Talabiu Kecamatan Woha, Rabu (9/3) lalu, dibina sekaligus menerima petikan Surat Keputusan (SK) pengangkatan.

STIS Promosikan Wisudawan Terbaik dengan Program S2

Kota Bima, Garda Asakota.-
Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Kota Bima menyatakan kesiapannya dalam mengusahakan dan mengusulkan para wisudawan terbaik sekaligus alumni pertamanya, Gunawan S. Hi, ke jenjang S2 secara gratis. Ketua STIS Kota Bima, M. Mutawali, MA, kepada Garda Asakota menjelaskan bahwa, program kelanjutan S2 sekaligus merupakan komitmen lembaga STIS untuk menghadapi

SMAN-I dan SMAN-2 Wawo, Disibukkan dengan Persiapan UAS

Sape, Garda Asakota.-
Dua hari terakhir, jajaran SMAN 1 dan SMAN 2 Kecamatan Wawo sibuk menyiapkan Ujian Akhir Sekolah (UAS). Apalagi, ujian itu menggunakan lembaran jawaban komputer (LJK) seperti Ujian Nasional (UN), hanya saja perbedaannya seluruh mata pelajaran akan diujikan.
Kepala SMAN 1 Wawo, Muhtar Abidin, SPd, mengatakan,

Warga Lingkungan Dodu I dan Dodu II, Bentrok

Kota Bima, Garda Asakota.-
Warga yang berada di Dodu I dan Dodu II Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima, sekitar pukul 19.30 Kamis tadi malam (17/3), terlibat bentrok. Diduga pecahnya perkelahian antar warga ini dipicu tiga warga dodu I (H. Mukmin, anaknya Ramadhan dan Rusdin) yang datang dari arah Kota Bima, tiba-tiba dihadang, dilempar, dan diparangi oleh sekelompok warga

Reskrim Kantongi 13 Identitas Pelaku Aksi Anarkis di Parado

Bima, Garda Asakota.-
Siapa saja yang melakukan pelang¬garan atau melakukan aksi anarkis, maka pelaku tersebut akan berhadapan dengan hukum karena semuanya sudah diatur dalam undang-undang. Begitu¬pun bagi oknum warga masyarakat yang terlibat aksi demonstrasi anarkis di Kecamatan Parado beberapa waktu lalu, akan diproses secara hukum. Pihak Reskrim Polres Bima, mengaku telah mengantongi

Bocah Hydrocephalus di Wawo, Butuh Uluran Tangan

Ajukan Surat Bantuan ke Bupati Bima

Kota Bima, Garda Asakota.-
Amirul Dzuhrus Safar, bayi laki-laki berusia 3thn ini hanya bisa tergolek lemah di tempat tidur. Seharusnya di usia itu, putra satu-satunya dari pa¬sangan suami isteri Marwan dan Hadijah warga Rt.9/Rw.04 Kecamatan Wawo

Jelang HUT ke-9 Kobi, Camat Rasanae Barat Aktif Monitoring

Camat Rasanae Barat, Nurjannah, S. Sos

Kota Bima, Garda Asakota.-
Dalam rangka persiapan menyam¬but HUT ke-9 Kota Bima tanggal 10 April mendatang, Camat Rasanae Ba¬rat bersama jajarannya terus melakukan monitoring ke setiap Kelurahan untuk melihat perkembangan yang terjadi di masyarakat.

Lomba Rancang Busana

Zain Launching Album “Kota Bima Kota Pendidikan”

Zain M. Yasin

Setelah sekian tahun vakum, akhirnya Zain M. Yasin, salah satu dari musisi Bima-NTB, akan me-launching album keenam lagu-lagu Pop Bima dengan judul album ‘Kota Bima Kota Pen¬didikan’. Rencananya, album da¬lam

KEHANCURAN LINGKUNGAN DAN PELANGGARAN HAM

Oleh : Burhanudin
Masalah tak kalah serius yang ditimbulkan oleh kegiatan usaha pertambangan adalah pencemaran lingkungan dan pelanggaran hak asasi manusia (perampasan hak masyarakat adat, terror dan intimidasi, penangkapan, sewenang-wenang hingga kekerasan fisik senantiasi kita jumpai pada saat orang melakukan penolakan terhadap masuknya tambang… apakah kita masih menganut pola ORDE BARU…??

Rabu, 16 Maret 2011

KPU Bima Diduga Turut Serta Merubah SK Tim Fersy



Ket: Foto Para demonstran ketika membakar replikasi keranda mayat sebagai simbol matinya hati para pejabat dan simbol bahwa Pemkab Bima dibawah kepemimpinan Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, telah banyak menyengsarakan nasib rakyatnya.



Bima, Garda Asakota.-
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menduga keras bahwa Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bima yang diketuai oleh Ichwan P. Syamsuddin dan anggota KPU Bima Zuriati, Ahmad Yasin, Saiful Irfan dan Siti Nursusila,

Khairuddin: Rekomendasi Bawaslu, Langkah Maju

Bima, Garda Asakota.-
Mantan Ketua Panwaslu Kota Bima, Ir. Khairuddin HM. Ali, M. AP, menilai keluarnya rekomendasi Ba¬waslu RI Nomor: 119/Bawaslu/III/2011 yang meminta KPU NTB membentuk Dewan Kehormatan (DK) untuk me¬me¬riksa seluruh anggota KPU kabu¬paten Bima sebagai berita gembira bagi masyarakat Bima. Hanya dengan cara inilah, kata dia, dugaan atas pelangga¬ran asas penyelenggara pemilu yang telah dilakukan oleh KPU Kabupaten Bima, bisa dipertanggungjawabkan.

Kecewa Dimutasi, Mantan Kasek Ngadu ke Komisi II

Ibun Khaldun Nilai Kebijakan Mutasi, Dzolimi Pendidikan

Bima, Garda Asakota.-
Kecewa dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Bima terkait rotasi dan mutasi beberapa hari lalu, mantan Kepala Sekolah SDN Inpres Diha meyampaikan keluhanya atau pengaduan langsung di hadapan anggota Komisi II DPRD Propinsi NTB yang melakukan reses di kecamatan Monta dan dihadapan Kepala Sekolah (kasek) lainnya, yang saat itu menghadiri acara serah terima jabatan kasek Senin

Harus Ada Putra Daerah yang Kelola Kekayaan Sumbawa

Bima, Garda Asakota.-
Untuk mengelola kekayaan alam di Pulau Sumbawa, harus ada putra dae¬rah yang mampu mengelolanya. Pasal¬nya, bila kekayaan alam di Pulau Sum¬bawa tidak dikelola putra daerah, maka tidak akan memiliki hasil untuk warga pribumi. “Melainkan hanya akan meng¬untungkan orang luar,” demikian pene¬gasan anggota Komisi II Dewan Per¬wakilan Rakyat (DPR) Provinsi NTB,

BEM NTB Raya Demo Tuntut Pembebasan Warga


Kota Bima, Garda Asakota.-
Sedikitnya 300-san massa maha¬siswa yang tergabung dalam Korwil VIII BEM NTB Raya, Selasa kemarin (15/3), menggelar aksi demonstrasi, menuntut dibebaskannya sejumlah warga masyarakat Lambu dan Parado Kabupaten Bima terkait aksi kerusuhan Parado/Lambu beberapa waktu lalu.

Terdengar Letusan Senjata, Warga Lambu Resah

Bima, Garda Asakota.-
Komponen warga masyarakat di Kecamatan Lambu Kabupaten Bima, sekitar pukul 21. 00 Wita Minggu (13/3), dihebohkan dengan suara letusan sen¬jata dari pihak yang belum teriden-tifikasi. Menurut warga Lambu, Mulyadin, suara letusan senjata api itu ter¬dengar jelas sebanyak empat kali, hing¬ga menyebabkan warga yang men¬dengarnya panik dan tidak merasa nyaman.

Kaki Korban Penembakan di Parado, Diamputasi

Bima, Garda Asakota.-
Na’as, nasib yang dialami salah satu korban penembakan, Ahmad, SP.d (25-thn). Warga Parado yang menjadi guru guru sukarela di MTs Parado ini, terpaksa kaki kirinya diamputasi.
Sampai sekarang dirinya masih terbaring lemah Rumah Sakit Umum Mataram. “Tiga uratnya yang putus akibat tembakan tersebut pada bagian kaki kiri, harus diamputasi

Kapolda: Seorang Pemimpin Harus Dekat dengan Rakyat

Bima, Garda Asakota.-
Kapolda NTB, Brigjen Arif Wachyu¬nadi, didampingi oleh sejumlah jajaran Polda NTB, Selasa kemarin (15/3), kembali datang menyambangi Bima, daerah yang dianggapnya rawan dengan konflik. Disamping memantau kondisi dan situasi di daerah Kota dan Kabupaten Bima pasca konflik lalu, orang nomor satu di jajaran Kepolisian Daerah (Poda NTB) tersebut untuk meresmikan kantor

H. Amin: Mutasi, Bukan Karena Kepentingan Politik

Bima, Garda Asakota.-
Sebanyak 19 orang pejabat fungsio¬nal pada jajaran Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Dikpora kecamatan Woha, diharapkan sebagai Ujung tom¬bak yang mengamankan semua kebija-kan Daerah dan harus pro aktif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagi abdi masyarakat. KUPT Dinas Dikpora Kecamatan Woha Kabupaten Bima, H. Muhammad H Amin, SP.d, me¬ ni¬lai bahwa,

Wawali Buka Sosialisasi PUGAR tingkat Kota Bima

Kota Bima, Garda Asakota.-
Bertempat di aula Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima, Senin (14/3), telah dilaksanakan acara pem¬bukaan sosialisasi Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) ting¬kat Kota Bima. Pada kesempatan itu, hadir Wakil walikota Bima, H. Rahman H. Abidin sekaligus yang membuka acara, Kepala DKP Kota Bima, Ir. H. Sarafudin, MM, Kepala Diskoperindag, Muhaimin SE,

Dikes Kobi Optimalkan Program Penanggulangan Kemiskinan


dr. H. Bachtiar Hasan
Kota Bima, Garda Asakota.-
Salah satu komitmen Pemkot Bima untuk memberikan pelayanan maksimal dan penanggulangan kemiskinan, terutama di bidang kesehatan adalah menggenjot program pemberian kartu Jamkesmas kepada masyarakat yang kurang mampu.

Wera Mantapkan Persiapan Duta Olimpiade MIPA SD/MI

Wera, Garda Asakota.-
Ketua panitia lomba olimpiade MIPA SDN/MI tingkat Kecamatan Wera Kabupaten Bima, Furqan, S. Pd, mengungkapkan bahwa pihaknya akan memberikan pembinaan dan pemanta¬pan materi kepada enam orang peserta Matematika dan IPA yang akan mewakili kecamatan Wera di tingkat Kabupaten Bima.
Menurutnya, kegiatan lomba olim¬piade MIPA SDN/MI tingkat Kecama¬tan Wera

Wawali Tinjau Obyek Wisata Lokal, Rade Wura

Kota Bima, Garda Asakota.-
Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Drs. H. Tajuddin Umar dan sejumlah pimpinan Satker lingkup Pemkot Bima, Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman, SE, Minggu lalu (13/3), meninjau sejumlah lokasi di wilayah Kota Bima. Kunjungannya, diawali di salah satu kawasan perkebunan rakyat lingkungan Tolotongga Kelurahan Jati¬wangi Kecamatan Asakota bersama obyek Rade Wura.

Paruga, Juara I Lomba Kelurahan tingkat Rasanae Barat


Nurjanah S. Sos
Kota Bima, Garda Asakota.-
Setelah melalui beberapa tahapan penilaian yang dilakukan oleh Tim Peni¬lai, akhirnya kelurahan Paruga terpilih sebagai pemenang lomba kelurahan tingkat Kecamatan Rasanae Barat.
Camat Rasanae Barat, Nurjanah S. Sos, kepada Garda Asakota, Selasa (15/3), menjelaskan beberapa indikator

Tiga Desa di Woha Raih Daerah Mandiri

Bima, Garda Asamkota.-
Tiga Desa di Kecamatan Woha Kembali dipercaya sebagai daerah Mandiri Pangan pada wilayah tersebut setelah sebelumnya Desa Donggobolo telah lebih awal dijadikan sebagai daerah yang sama. Adapun ketiga desa yang di¬maksud adalah Desa Risa, Desa Ka¬lampa dan Desa Samili, sesuai dengan penetapan yang dilakukan BKP4 Kabupaten Bima dan Propinsi NTB.
Kepala Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Woha Kabupaten Bima,

Lomba Rancang Busana

Sabtu, 12 Maret 2011

Bawaslu Minta Anggota KPU Bima Diberhentikan



Eksekusi, Kewenangan KPU dan DPRD Kab. Bima

foto: Bambang Eka Cahya Widodo
 
Bima, Garda Asakota.-
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jumat kemarin (11/3), secara resmi telah melayangkan surat rekomendasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB untuk membentuk Dewan Kehor¬matan (DK) bagi semua anggota KPU Kabupaten Bima karena diduga me¬langgar kode-etik asas

KPU Bubar Saja Bila Tak Laksanakan UU

Bima, Garda Asakota.-
Ketua Forum Cendekiawan NTB, Muhklis Abdullah, SH, tidak pernah berhenti mengkritisi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima. Pria kelahiran Bima yang tinggal di Jakarta ini menilai telah terjadi kecu¬rangan sejak awal dalam proses Pilkada Kabupaten Bima karena tidak profesio¬nalnya personil KPUD dalam menerap¬kan UU. “KPU bubar saja bila tidak mau melaksanakan UU,

Mutasi Kasek Ditengari Sarat Politik

Sape, Garda Asakota.-
Mutasi sejumlah kepala sekolah lingkup Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora ) Kabupaten Bima yang dihelat oleh Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, di Paruga Na’E kecamatan Woha Kabupaten Bima, Rabu (9/3) diduga sarat unsur politik. Hal itu diung¬kap oleh seorang guru SDN

Kawasan Pertanian di Desa Ngali Dihantam Banjir


Bima, Garda Asakota.-
Sekitar pukul 15.00 Wita, Jumat (11/3), banjir bandang menerjang areal per¬ta¬nian di So Tolo Monta dan so Ben¬teng Desa Ngali Kecamatan Belo Kabu¬paten Bima.
Akibatnya sekitar 100 hektar tanaman

Nilai UN Kurang, Tidak Ada Kata Ujian Ulang

Bima, Garda Asakota.-
Untuk menghindar dari tradisi saling nyontek-menyontek antar siswa pada saat pelaksanaan Ujian Nasional (UN)/Ujian Sekolah (US), Tim UN/US men¬sosialisasikan deminasi ujian UN/US tahun pelajaran 2010-2011, di SMAN-1 Belo Kabupaten Bima, Jumat (11/3).

Dusun Bombai Desa Sangiang Terendam Banjir

Sape, Garda Asakota.-
Hampir semua pemukiman warga dusun Bombai desa Sangiang Kecama¬tan Sape Kabupaten Bima terendam banjir setinggi paha orang dewasa, Jumat (11/3). Banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut selama lebih kurang sekitar tiga jam.
Selain merendam pemukiman war¬ga, kondisi ini juga mengakibatkan lum¬puhnya

Warga Keluhkan Rusaknya Jalan Lintas Sape Utara

Sape, Garda Asakota.-
Rusaknya jalan umum lintas Sape-Wera mulai Dusun Nanga Pambu Desa Buncu hingga Desa Lamere, seringkali menja¬di bahan keluhan warga Dusun Soro Desa Lamere Kecamatan Sape Kabu¬paten Bima. Pasalnya, aki¬bat kerusakan jalan terse¬but sering menyebabkan terjadinya kecelakaan

Pasca Tragedi Parado, Puluhan Warga Masih Tinggal di Gunung

Bima, Garda Asakota.-
Sekitar 36 warga Kecamatan Para¬do Kabupaten Bima hingga saat ini masih memilih tinggal di areal pegu¬nungan sekitar menyusul tragedi ber¬darah dan pembakaran kantor Mapol¬sek Parado beberapa waktu lalu. Dika¬barkan, mereka takut kembali ke per¬kampungan lantaran

Raskin Telat, Warga Simpasai Demo Kades

Bima, Garda Asakota.-
Ratusan warga Desa Simpasai Kecamatan Monta Kabupaten Bima menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Desa setempat, Jumat (11/3).
Mereka menuntut agar Kades Simpasai turun dari jabatannya lantaran tidak mampu memperjuangkan hadirnya jatah raskin bulan ini. Koordinator La¬pangan,

Kunker di Wera, Bupati Serahkan Hand-Tractor

Wera, Garda Asakota.-
Kunjungan kerja Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, di Kecamatan Wera, Kamis (10/3), ditandai dengan penyera¬han bantuan alat-alat pertanian yang berlangsung di aula kantor Camat Wera.

Lomba Rancang Busana

Jumat, 11 Maret 2011

Penyelesaian Sengketa Pemilukada Bima Deadlock

KPUD Dinilai Tak Punya Itikad Baik

Mataram, Garda Asakota.-
Upaya fasilitasi penyelesaian konflik Pemilukada Kabupaten Bima yang digelar di hall Gubernur NTB, Kamis kemarin (10/3), berujung deadlock. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bima maupun Pro¬pinsi NTB belum mau melaksanakan eksekusi terhadap Putusan

Warga Keluhkan Perbedaan Tarif Baru Pemasangan Listrik

Bima, Garda Asakota.-
Sejumlah warga di Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima mengeluhkan adanya perbedaan tarif baru pemasang listrik, di luar standar yang telah ditentukan oleh PLN dan Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI). Pelanggan pemasangan baru asal Desa Talabiu yang enggan ditulis namanya mengaku,

Pembayaran Tagihan Listrik Naik, Pelanggan di Woha Kaget

Bima, Garda Asakota.-
Seorang pelanggan PLN di Keca¬matan Woha Kabupaten Bima, M. Ali, mengaku kaget dengan adanya lonjakan tarif rekening listrik yang harus diba¬yarnya hingga berlipat-lipat dari sebe¬lumnya. Warga Dusun Labali Desa Rabakodo mengaku hanya memakai dua bohlam kecil di rumahnya,

MAN-1 Kota Bima Siap Hadapi Ujian Nasional


Bima, Garda Asakota.-
Para siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)-1 Kota Bima memper¬siapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan diadakan secara se¬rentak secara Nasional tanggal 18-21 April mendatang. Beberapa terobosan dan program sekolah telah dilaksanakan oleh pihak MAN-1 Bima

Warga Rt.04 Jatiwangi, Nikmati Air Bersih

Kota Bima, Garda Asakota.-
Sebanyak 60 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Rt. 04/Rw. 01 lingkungan Jatiwangi Kelurahan Jatiwangi Keca¬matan Asakota Kota Bima, kini dapat menikmati air bersih, berkat adanya sumbangan dari perkumpulan pemuda yang ada di lingkungan Jatiwangi sebagai bentuk kepedulian terhadap kehidupan masyarakat yang masih di bawah garis kemiskinan.

Kecamatan Rasanae Barat Gelar Lomba Kelurahan

Kota Bima, Garda Asakota.-
Enam Kelurahan di Kecamatan Rasanae Barat yakni kelurahan Nae, Pane, Dara, Paruga, Tanjung, dan kelu¬ra¬han Sarae, saat ini tengah mengikuti kegiatan lomba kelurahan tingkat Kecamatan Rasanae Barat.
Tentunya, untuk menghadapi lomba tersebut, masing-masing warga masya¬rakat di setiap kelurahan telah berupaya maksimal mempersiapkan segala se¬suatnya sesuai dengan kriteria penilaian

Camat Silaturrahmi dengan Ibu-ibu Majelis Taklim

Kota Bima, Garda Asakota.-
Dalam membangun harus ada kerja¬sama dan kekompakkan antar semua pihak, mulai dari pemerintahannya, masyarakatnya, bahkan sampai organi¬sasi sosial/masyarakat yang ada. Hal ini bertujuan agar terbentuk sinergi harmo¬nis antara pemerintah dengan masyara¬kat, sebagaimana gencar dilaksanakan oleh Camat Rasanae Barat, Nurjanah, S. Sos. Rabu kemarin (9/3),

Bupati Mutasi Jabatan Kepala Sekolah

Bima, Garda Asakota.-
Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, melantik dan mengambilan sumpah para pejabat struktural dan fungsional lingkup Pemerintah Kabupaten Bima Rabu (9/3), di Paruga NaE Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Pelantikan kali ini meli¬ batkan 411 pejabat fungsional, pember¬hentian 89 pejabat

Jangan Target Tinggi, Sementara Realisasi PAD Nol

Kota Bima, Garda Asakota.-
Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Dinas Pendapatan (Dispen) dari tahun ke tahun tetap berupaya maksimal untuk meningkatkan Pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bima. Kadispen Kota Bima, Drs. Alwi, menegaskan bahwa pada akhir tahun 2010 lalu, pihaknya telah melakukan asistensi dengan dinas terkait untuk melihat secara pasti terhadap potensi yang akan menjadi acuan

Manipulasi Nilai ?

Oleh Rafika,S.Pd

Karena sedang naik daun maka pantaslah kita menggunakan istilah manipulasi untuk nilai siswa pada dunia pendidikan kita. Karena korupsi dan manipulasi sekarang sedang menggigit telinga, dan memori kita yang sedang menikmati pembelajaran politik yang kian memanas.
Rekayasa nilai tidak akan pernah terjadi di SMA Negeri I Bolo,

Lomba Rancang Busana

Rabu, 09 Maret 2011

Pasal Politik Uang Tak Mengenal Diarahkan

Walikota Bima saat menyematkan kartu tanda peserta pelatihan kewirausahaan produktif program PKTKP di aula SMPN-6 Kota Bima, Senin (7/3). (simak infonya di hal 3)

Bima, Garda Asakota.-
Penasehat Hukum (PH) tiga pasangan calon Pilkada Kabupaten Bima tahun 2010, M. Kaffani SH, menegaskan keterlibat Timses pasangan calon Pilkada dalam kasus money-politics atau politik uang tidak mengenal disuruh ataupun diarahkan oleh pasangan calon.

Pertemuan Lanjutan di Mataram, Ditunda Besok

Bima, Garda Asakota.-
Pertemuan lanjutan unsur Muspida NTB, empat pasangan calon Kepala Daerah Kabupaten Bima tahun 2010, yang sedianya akan dihelat di kantor Gubernur NTB di Mataram, hari ini, (2/3), ditunda. Menurut informasi yang diperoleh wartawan, agenda pertemuan lanjutan yang difasilitasi oleh Gubernur NTB sebagai tindak-lanjut keluarnya surat Mendagri melalui Dirjen Otda Nomor: 172/2940/OTDA tanggal 18 Oktober 2010 lalu tersebut, dipastikan akan berlangung Kamis besok.

Walikota Bima Buka Pelatihan Kewirausahaan

Kota Bima, Garda Asakota.-
Untuk memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan dan pengem¬bangan wirausaha baru, Disnakertrans Provinsi NTB bekerjasama dengan Dinas Sosial Kota Bima, Disnakertrans Kabupaten Bima, dan instansi terkait lain¬nya, mengadakan kegiatan pelatihan kewirausahaan produktif program PKTKP, dengan tujuan agar potensi yang ada di tiap daerah bisa dikelola dan dimanfaatkan sebagai ekonomi pro¬duk¬tif. Kegiatan pelatihan yang berlang¬ sung di aula SMPN-6 Kota Bima ini direnca¬nakan selama

Siswa Kelas III SMPN-6 Kobi Mantapkan Diri Hadapi UN


Kota Bima, Garda Asakota.-
Menghadapi Ujian Nasional (UN) tanggal 21 April mendatang, Senin kemarin (7/3), SMPN-6 Kota Bima mengadakan kegiatan uji coba dan pe¬mantapan yang seluruhnya diikuti oleh siswa kelas III sebanyak 169 orang.

Genjot Produksi Garam, Pemkot Luncurkan Program PUGAR

Kerjasama Garda Asakota dengan DKP Kota Bima

Kota Bima, Garda Asakota.-
Garam merupakan salah satu kebu¬tuhan sebagai pelengkap dari kebutuhan pangan dan merupakan sumber elektrolit bagi tubuh manusia. Walaupun Indonesia termasuk negara maritim, namun usaha meningkatkan produksi garam belum diminati, termasuk usaha dalam meningkatkan kualitasnya. Di sisi lain, untuk kebutuhan garam dengan kualitas baik, masih banyak diimpor dari luar negeri terutama dalam hal ini garam beryodium serta garam industri.

Pelatihan Pengurus UP-FMA, Berakhir

Kota Bima, Garda Asakota.-
Kegiatan pelatihan 300 peserta dari pengurus Unit Pengelola-Farmer Manager Extention Activities (UP-FMA) melalui program FEATI dan Penyuluh Swadaya yang ada di 60 Desa di wilayah Kabupaten Bima, secara resmi ditutup oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh Pertanian (BKP4) Kabupaten Bima, Ir. Rendra Farid, di aula Hotel Parewa, belum lama ini.

Bupati Ferry: Hutan Lindungpun, Kini Bisa Disewa

Bima, Garda Asakota.-
Dengan regulasi yang baru diter¬bitkan pemerintah, kadang menjadi dilema bagi pemerintah di daerah. “Ini dile¬ma hutan lindungpun kini bisa disewakan. Padahal, dulu sangat sakral, tidak boleh kita sentuh, apalagi meru¬sak¬nya, bisa langsung dipenjara. Tetapi, inilah yang terjadi di Indonesia. Karena, unsur kepentingan-misalnya pertam¬bangan, diperbolehkan. Demikian dije¬laskan Bupati Bima, H. Ferry Zulkar¬nain, saat apel gabungan dilapangan Pemkab Bima, Senin (07/03).

Tak Perlu Ribut Soal Tambang, Potensi Perikanan Lebih Menjanjikan

Bima, Garda Asakota.-
Urusan tambang, itu urusan yang ke 3000-an. Urusan Burung Walet apalagi, itu urusan yang ke 2000-an. Wilayah Sape dan Lambu diprioritaskan bagi pengembangan potensi perikanan dan kelautan. Demikian pernyataan Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, saat memim¬ pin apel gabungan lingkup pemerintah Kabupaten Bima yang digelar, Senin (7/3), di halaman kantor Bupati Bima.

Pengisian Eselon II Tunggu Hasil Konsultasi Gubernur

Bima, Garda Asakota.-
Pengisian Jabatan Eselon II pada 4 SKPD yang baru terbentuk masih dilakukan konsultasi dengan Gubernur NTB. Hasilnya, ungkap Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, masih menunggu hasil konsultasi yang kini masih dilakukan bersama Gubernur NTB.
Saat menghadiri rapat paripurna ke-6 Masa Sidang I Tahun 2011, di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Bima, Kamis (3/03), Bupati mengatakan bahwa konsultasi yang dilakukan sesuai dengan ketentuan Permendagri No. 5 Tahun 2005.

Aji Man: Butuh Upaya Nyata Majukan Dunia Pendidikan


H. A. Rahman H. Abidin, SE

Kota Bima, Garda Asakota.-
“Jangan pernah bermimpi untuk memajukan dunia pendidikan, jika kita tidak mau peduli dengan kemajuan dunia pendidikan itu sendiri. Kemajuan dunia pendidikan bukan sekedar retorika belaka, tetapi kita dituntut untuk mewu¬judkan komitmen, melalui upaya yang dilandasi niat dan nawaitu yang tulus.

Kepedulian Sosial, Potensi Menuju Masyarakat Sejahterah


Lalu Sukarsana, S. IP

Kota Bima, Garda Asakota.-
Sekretaris Daerah Kota Bima diharapkan untuk kembali menerapkan pola Daerah Binaan sebagaimana yang telah dilakukan sebelumnya. “Pola Daerah Binaan bukan hanya sekedar formalitas belaka, tetapi harus kita optimalkan,” ucap Wakil Walikota Bima, HA. Rahman H. Abidin, SE, saat memimpin apel pagi lingkup Sekretariat, Selasa kemarin, (8/3).

Lomba Rancang Busana

Cek Kosong Pembentukan PPS

Oleh: Burhanudin

Wacana pemekaran Provinsi Pulau Sumbawa (PPS) yang sudah mengelinding dalam kurun waktu sepulu tahun terakhir ini apakah akan tercapai ataukah wacana itu hanyalah jualan elit untuk mendapat simpati rakyat atau..........???
Entalah.....??
Perkembanagn pemekaran daerah merupakan suatu langkah atau cara politik suatu daerah dengan cara membagi atau memperluas bagian wilayah dari daerah baik itu daerah yang berbentuk provinsi maupun daerah yang berbentuk kabupaten/kota. Tujuan dilakukannya pemekaran daerah

Senin, 07 Maret 2011

Putusan PN Inkrah KPU yang Memfinalkan


Gubernur Undang KPU Rabu Lusa

Bima, Garda Asakota.-
Masyarakat Kabupaten Bima di­minta tetap tenang, menjaga ketertiban dan keamanan menyikapi rencana per­temuan lanjutan penyelesaian sengketa Pilkada yang difasilitasi oleh Gubernur NTB, Rabu lusa (9/3). Ketua Forum Cendekiawan NTB, Muhklis Abdullah, SH, menegaskan bahwa, rapat lanjutan nantinya mengagendakan kehadiran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabu­paten Bima

Pertemuan di Mataram Tindaklanjut Surat Mendagri


Bima, Garda Asakota.-
Pertemuan unsur Muspida NTB, empat pasangan calon Kepala Daerah Kabupaten Bima tahun 2010, yang di­helat di kantor Gubernur NTB di Mata­ram, Rabu lalu (2/3), merupakan agenda fasilitasi oleh Gubernur NTB sebagai tindak-lanjut keluarnya surat Mendagri melalui Dirjen Otda Nomor: 172/2940/OTDA tanggal 18 Oktober 2010 lalu. Untuk diketahui bahwa, surat Dirjen Otda itu,

Bupati: Pemda Sedang Evaluasi ijin Pertambangan


Bima, Garda Asakota.-
Mencermati perkembangan gejolak masyarakat terhadap penolakan per­tambangan dan  permintaan Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) untuk melakukan moratorium terhadap kegia­tan pertambangan, Pemkab Bima saat tengah melakukan evaluasi terhadap semua perizinan di bidang pertam­bangan yang ada.
Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, menjawab pandangan Fraksi PAN

Bupati Tak Hadir, Masyarakat Lambu Kecewa


Bima, Garda Asakota.-
Masyarakat Lambu Kabupaten Bima merasa kecewa dengan Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, yang tidak hadir di Lambu, Jumat (4/3).
Padahal mereka sudah siap-siap menunggu pria yang juga Jenateke

Kabag Humaspro Jelaskan Alasan Ketidakhadiran Bupati


Sementara itu, saat dimintai tang­gapannya atas ketidak-hadiran Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain di Lambu, Kabag Humaspro Pemkab Bima, Drs. Aris Gunawan, beralasan karena un­dangan yang dilayangkan masyarakat Lambu tidak diketahui oleh Camat maupun Kades. “Masalah undangan kemarin, saya mau tanya kembali, apa­kah di Lambu sudah tidak ada peme­rintah?.

Fauzan: Jangan Kotori Parado yang Agamais dengan Provokator


Woha, Garda Asakota.-
Kapolres Bima, AKBP. Fauzan Barito, mengharapkan kepada masya¬ra¬¬kat kecamatan Parado agar jangan ter¬pancing oleh ulah provokator yang tidak bertanggung jawab. “Ketika per¬soalan sudah menjadi persoalan publik, maka provokator yang memprovokasi warga itu akan meng¬hindar dari tang¬gung-jawab,” ujar Kapolres,

Gugus I Kecamatan Monta Gelar Maulid


Woha, Garda Asakota.-
Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gugus I Kecamatan Monta Kabupaten Bima menggelar kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW, di SDN Inpres Monta, Kamis (5/3). Acara tersebut dihadiri oleh seluruh kepala sekolah se gugus I Kecamatan Monta. Sedikitnya 160 guru turut menye­marakan kegiatan

Kabupaten Bima Paling Awal Mengajukan Ranperda AMPL-BM


Bima, Garda Asakota.-
Setelah mendengarkan Peman­dangan Umum Fraksi-fraksi DPRD atas pengajuan rancangan peraturan derah (Ranperda) tentang pengelolaan air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat (AMPL-BM) yang dilaksanakan Senin (1/3) lalu, Bupati Bima H. Ferry Zulkarnain,

Diduga, Sepuluh Pekerja Tower Telkomsel Terlantar di Parado


Bima, Garda Asakota.-
Sepuluh tenaga kerja tower Telkomsel di Desa Kuta Kecamatan Parado diduga terlantar. Hal ini berda­sar­kan tinjauan langsung wartawan, Minggu (6/2), di lokasi tempat para pekerja yang tinggal di rumah warga setempat, Muslimah. Menurut Musli­mah, para pekerja tower tersebut telah menginap,

Kasek SMAN-1 Lambu Punya Komitmen Luluskan Siswa 100 persen


Sape, Garda Asakota.-
Bisa meraih tingkat kelulusan siswa 100 persen adalah komitmen utama setiap kepala sekolah yang memiliki dedikasi dan tanggung-jawab terhadap kualitas siswanya. Hal inipun tegas dinyatakan oleh Kepala SMAN-1 Lambu, Fatahurrahman, S.Pd, M.Pd, saat memimpin rapat sosialisasi UASBN dan UAN dengan wali murid, di aula sekolah setempat. “Tentu saja, kita-pun punya komitmen

Lamere Dapat Kucuran Dana PUAP Rp100 juta


Sape, Garda Asakota.-
Desa Lamere Kecamatan Sape Kabupaten Bima tahun ini mendapatkan kucuran dana sebesar Rp100 juta mela­lui Program Usaha Agri Bisnis Pede­saan (PUAP). Bantuan ini diberikan kepada warga masyarakat yang terga­bung dalam Gabungan Kelompok Tani Pedesaan (GAPOKTAN), yang disalur­ kan oleh Dinas Pertanian Kabupatan Bima. Tim beserta UPT Pertanian Sape, Rabu (2/3),

Zainul Tegaskan Sengketa Pilkada Masih Ada

Ferry Anggap Sudah Berakhir

Bima, Garda Asakota.-
Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap sengketa Pilkada Kabu¬paten Bima tahun 2010, dinyatakan tidak ada yang menang. Calon Bupati Bima tahun 2010, Drs. . H. Zainul Arifin, menegaskan bahwa kenyataan tidak ada yang menang itu sesuai bunyi keputusan MK yang menolak seluruh eksepsi termohon (KPUD) dan terkait (Fersy), karena tidak berdasar hukum.

Warga Jatiwangi Digigit Ular Phyton

Kota Bima, Garda Asakota.-
Sekitar pukul 22:00 Wita, Minggu (6/3), seorang warga Rt.04/Rw.02 ling¬kungan Jatiwangi Kecamatan Asakota Kota Bima, Rudi (19 tahun) digigit ular jenis phyton yang cukup besar di depan kios salah satu warga lingkungan Jati¬wangi. Kepada Garda Asakota, korban menuturkan, awalnya dirinya bersama seorang teman, ingin mengunjungi ru¬mah temannya di lingkungan Tolo-tongga. Namun di tengah perjalanan di sekitar gunung Bata lingkungan Tam¬bana tiba-tiba dirinya dikejutkan oleh sesosok ular yang sedang melintasi jalan raya. “Kami berdua lalu menangkap ular tersebut dan memasukkannya ke dalam karung, yang kebetulan karung tersebut kami temukan di pinggir jalan.

Kronologis Aksi Penolakan Tambang Emas di Kecamatan Lambu



Kecamatan Lambu adalah kecamatan pemekaran dari Kecamatan Sape yang kini menjadi salah satu dari delapan belas kecamatan yang ada di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kecamatan yang memiliki dua belas desa dan terletak di ujung timur Kabupaten Bima, tiba-tiba dihebohkan dengan masuknya perusahaan tambang emas yang dipusatkan di Desa Sumi Dusun Baku Kecamatan lambu. Setelah ditelusuri lebih lanjut bahwa aktivitas eksplorasi tambang di Desa Sumi yang dioperasikan oleh PT. Sumber Mineral Nusantara telah berjalan sejak tahun 2010.

Kamis, 03 Maret 2011

Gubernur Fasilitasi Sengketa Pilkada Bima

“Disepakati Penegakkan Supremasi Hukum”



Bima, Garda Asakota.-
Gubernur NTB, H. Zainul Majid, MA, Rabu (2/3), mengundang keempat pasangan calon kepala daerah Kabu¬paten Bima tahun 2010 di Kota Mata¬ram. Sikap Gubernur yang mengundang pasangan calon ini, sebagai tindak-lanjut keluarnya surat Mendagri melalui Dirjen Otda Nomor: 172/2940/OTDA tanggal 18 Oktober 2010 lalu yang meminta Gubernur NTB segera mem¬fasilitasi penyelesaian permasalahan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Gubernur NTB Ingin Sudahi Konflik di Bima

Bima, Garda Asakota.-
Gubernur NTB melalui Karo Humaspro Pemprov NTB, Muh. Fauzan, menegaskan bahwa dari sisi Gubernur selaku pembina wilayah pada prinsipnya ingin menyudahi konflik-konflik yang ada di Bima sebagai ekses dari Pilkada yang dihelat tahun 2010 lalu, sebagaimana tertuang dalam lima point kesepakatan yang tanda-tangi keempat pasangan calon dan unsur Muspida. Adapun yang menyangkut ranah hukum, para pihak yang merasa dirugikan dapat menempuh jalur hukum.

5 Kesepakatan Atasi Konflik Pemilukada Kabupaten Bima

5 Kesepakatan Atasi Konflik Pemilukada Kabupaten Bima

Tuntut Pembebasan Tahanan Warga Lambu Demo Bupati Bima


Bima, Garda Asakota.-
Sekitar 400-san warga dari Keca¬matan Lambu Kabupaten Bima, Senin awal pekan kemarin (28/2), menggelar aksi demontrasi di depan kantor Bupati Bima. Tuntutan warga Lambu saat itu, hampir sama dengan aksi sebelumnya sebagaimana dihelat di depan kantor Polresta Bima.
Sejumlah perwakilan massa yang berorasi, selain mendesak Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, untuk mencabut ijin eksplorasi pertambangan

Kurang Sosialisasi Picu Aksi Penolakan Tambang

Sumbawa, Garda Asakota.-
Maraknya aksi penolakan eksplorasi tambang yang berujung tindakan anar¬kisme massa seperti terjadi di kecama¬tan Lambu dan Parado, dinilai lebih dipicu pada kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah.
Penilaian ini dikemukakan oleh Ketua KP3S Jakarta, Drs. HM. Saleh Umar, M. Si, kepada sejumlah warta¬wan, Minggu (27/2). “Meskipun saya baru mendengar kejadian ini, namun saya berpendapat bahwa aksi peno¬lakan ini dipicu sosialisasi yang belum matang,” ungkapnya.

Kasek Diberhentikan, Masyarakat Demo Yayasan

Madapangga, Garda Asakota.-
Ratusan warga Desa Rade Keca¬matan Madapangga, Rabu kemarin (2/3) menggelar aksi unjuk-rasa di depan pintu pagar MTs-MA Al-Falah. Massa mempertanyakan tentang pemberhen¬tian, Muhaemin, S.Ag, sebagai Kepala Madrasah Tsanawiyah, oleh Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al-Falah.
“Pemecatan Kepala MTs ini terke¬san mendadak, padahal selama MTs Al-Falah dikelola oleh pak Muhaemin, mengalami kemajuan yang cukup pe¬sat,” ujar Korlap Aksi, Wahyudin, saat menyampaikan orasinya menuntut serta menyatakan mosi tidak percaya terhadap keberadaan pengurus Yayasan yang selama ini tidak pernah memberikan kontribusi yang jelas untuk membangun sekolah.

Dipertanyakan, Lambatnya Pencairan Dana BOS

Sape, Garda Asakota.-
Sejumlah sekolah yang ada di Kecamatan Sape-Lambu Kabupaten Bima menyesalkan terlambatnya pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) hingga saat ini. Salah satu Kasek SMP yang enggan dikoran¬kan namanya mengungkapkan bahwa, seharusnya dana BOS sudah dicairkan pada akhir Januari atau sekitar awal Februari tahun ini. “Tapi sekarang sudah masuk bulan Maret, tanda-tanda pencairan BOS belum terlihat. Kalu be¬gini terus, apa jadinya dunia pendidikan,

Fahry Hamzah: Provinsi Pulau Sumbawa, Harga Mati


Sumbawa, Garda Asakota.-
Minggu (27/2), tepat pukul 14:00 Wita, ribuan massa se-pulau Sumbawa berkumpul di lapangan Kerato Sum¬ba¬wa Besar. Kehadiran massa untuk me¬nyaksikan peristiwa bersejarah, di¬mana pada saa itu antara elemen peme¬rintah dan masyarakat yang berada di Pulau Sumbawa telah berikrar menyatu¬kan tekad dan komitmen memperjuang¬kan dan mewujudkan hadirnya pem¬bentukan Propinsi Pulau Sumbawa (PPS).

BAZDA Kobi Salurkan Zakat kepada Kaum Buruh

Kota Bima, Garda Asakota.-
Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kota Bima, Selasa (1/3), kembali menyalurkan zakat kepada mustahik. Bantuan kali ini berupa santunan kepada para buruh pemecah batu yang tersebar di beberapa lokasi mulai dari lereng gunung Oi Mbo, Kumbe, Rabadompu, Rontu, Panggi, Sambinae, Sadia, bahkan pemberian santunan kepada buruh yang berada di sekitar pasar raya, terminal, dan pelabuhan Bima.

Amankan Taman, Timgab Rutin Gelar Operasi Ternak

Kota Bima, Garda Asakota.-
Tim Gabungan yang terdiri dari personil Kodim 1608 Bima, Brimob, Polisi dan Pol. PP Kota Bima, menggelar operasi penertiban di sejumlah lokasi. Operasi penertiban ini, terutama difo¬kuskan pada upaya penertiban ternak yang berkeliaran di jalan raya, sesuai amanat PERDA No. 5 Tahun 2004.

Pidsus Periksa Saksi Kasus Proyek Sumur Bor

Bima, Garda Asakota.-
Kasus proyek sumur bor Dinas Per¬ta¬nian dan Tanaman Pangan Kabupaten Bima tahun 2007 saat ini sudah diting¬katkan ke tahapan penyidikan. Guna mendalami kasus yang telah menyeret empat orang tersangka ini, penyidik Kejaksaan melalui bagian Pidana Khusus (Pidsus), kembali memanggil sejumlah saksi untuk dimintai kete¬rangan. “Saat ini kasus sumur bor masih dalam tahap

UP-FMA dan Penyuluh Swadaya Ikuti Pelatihan

Bima, Garda Asakota.-
Untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan di bidang pertanian, Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh Pertanian (BKP4) Kabupaten Bima menggelar acara pelatihan bagi pengurus Unit Pengelola-Farmer Manager Extention Activities (UP-FMA) dan Penyuluh Swadaya pada desa lokasi yang mendapatkan Program P3TIP/FEATI Kabupaten Bima.
Diharapkan melalui kegiatan ini, para penyuluh pertanian selaku pelaku utama mampu menolong dan mengor¬ganisir dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi permodalan dan sumberdaya lainnya sehingga bisa meningkatkan kualitas usaha dan kese¬jahteraannya.

Walikota Serahkan Bantuan ke Gapoktan

Kota Bima, Garda Asakota.-
Saat mengunjungi Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota Kota Bima, Sabtu (26/2), Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin, menyerahkan bantuan modal untuk Gabungan Kelompok Tani ( Gapoktan ) sebesar Rp100 juta, kepada Poktan Soriwia Kelurahan Kolo. Pada kesempatan tersebut, Walikota berharap agar modal usaha yang telah diberikan tersebut kiranya dapat dikelola dengan baik agar apa yang menjadi harapan dari program tersebut dapat tercapai. Selain itu pengelolaan manajemen yang baik tentunya akan memberikan keuntungan baik bagi kelompok tani tersebut juga bagi kelompok tani yang lainnya.

Polda NTB Gelar Pengobatan Gratis di Parado

Bima, Garda Asakota.-
Sekitar 280 warga Kecamatan Parado Kabupaten Bima, mendapat pengobatan gratis dari Bidokes Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (2/3). Pengobatan yang diadakan di lapangan sepak-bola Parado Rato ini dimulai pukul 9.30 Wita hingga sekitar pukul 13.00 Wita.
Pantauan langsung Garda Asa¬kota, ratusan warga Parado terlihat berbondong-bondong mendatang arena pengobatan gratis yang ditangani oleh dua orang dokter dari Polda NTB yakni Kompol dr. Ganjar S dan Kompol. dr. Nyoman Widana, dibantu pegawai dari Puskesmas Parado, tersebut.

Polisi dan Warga, Gotong-royong Bangun Mapolsek Parado

Bima, Garda Asakota.-
Puluhan anggota kepolisian dari Polres Bima, dibantu puluhan warga Kecamatan Parado, Rabu (2/3) sekitar pukul 10.00 Wita, bergotong-royong membangun kantor Mapolsek Parado yang rusak dibakar warga beberapa hari lalu. Pembangunan kantor Mapolsek tersebut ditargetkan hanya memakan waktu dua minggu dan akan segera beraktivitas untuk memberikan pelaya¬nan kepada masyarakat.

Manusia di Titik Nol

Oleh Rafika, S.pd

Judul di atas adalah plesetan dari judul novel Perempuan di Titik Nol karangannya Nawel El Saadawi (Pengarang Mesir). Ketika semua aktivitas yang dilakoni itu berada diangka Nol, berarti semuanya berada pada angka yang terendah dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena nilai nol berarti kosong atau tidak bernilai. Tetapi ketika nol diposisikan pada angka kedua dan seterusnya, nilainya tentu akan berbeda.
Angka nol bisa disulap menjadi angka 10 kalau kita berusaha maksimal dan sistematis dalam Kegiatan Belajar Mengajar, pesannya Umar H. M. Saleh, Spd. (Kasek SMA Negeri I Bolo) Dan memang benar, karena banyak jalan menuju kota Roma, tetapi kota Roma tidak dibangun dalam sehari, sentilnya Kaesar Nero (Many streets to Rome but Rome city is not built a day) .

Jumat, 25 Februari 2011

Kantor Mapolsek Parado Dibakar Massa


Ket: Sekitar 300-san pemuda dari Keca¬matan Lambu Kabupaten Bima, meng¬gelar aksi demonstrasi di kantor Polresta Bima, Kamis (24/2). Massa yang didukung oleh puluhan aktivis garis keras dari HMI MPO, LMND, SMI, dan IMS itu, menuntut agar sejumlah warga yang ditahan pasca terjadinya kerusuhan pembakaran kantor Camat Lambu dibebaskan.

Bima, Garda Asakota.-

Kantor persiapan Mapolsek Parado Kabupaten Bima sekitar pukul 15. 00 Wita, Kamis kemarin (24/2), diinforma¬sikan telah dibakar oleh massa de¬monstran dari kecamatan Parado.

Kejaksaan Didemo Aktivis Babuju



Kota Bima, Garda Asakota.-
Puluhan aktivis dari Komunitas Babuju berunjuk-rasa di depan kantor Kejaksaan Negeri Raba-Bima, Kamis (24/2). Mereka oratornya, Riafid, Amru, dan Dahlan, meminta Kejaksaan serius menangani kasus-kasus korupsi yang dilaporkan kepada Kejaksaan.

Ratusan Pemuda Lambu Demo Polresta Bima

Kota Bima, Garda Asakota.-
Sekitar 300-san pemuda dari Keca¬matan Lambu Kabupaten Bima, meng¬gelar aksi demonstrasi di kantor Polresta Bima, Kamis (24/2). Massa yang didukung oleh puluhan aktivis garis keras dari HMI MPO, LMND, SMI, dan IMS itu, menuntut agar sejumlah warga yang ditahan pasca terjadinya kerusuhan pembakaran kantor Camat Lambu dibebaskan.

Bupati Ferry Jelaskan Soal Eksplorasi Tambang



Bima, Garda Asakota.-
Di sela-sela kegiatan penyerahan bantuan alat pertanian dan tatap muka dengan masyarakat di aula kantor Camat Palibelo, Senin lalu (21/2), Bupati Bima, H. Ferry Zulkanian, menanggapi beberapa tuntutan masyarakat terkait pengelolaan tambang di wilayah Kabupaten Bima.

Walikota Anggarkan Rp3,5 Milyar untuk Masjid Raya


Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin


Kota Bima, Garda Asakota.-
Pembangunan masjid Raya Al-Muwahiddin Bima harus segera ditun¬taskan. Untuk itu, saat menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa (22/2), Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin, mengajak para tokoh agama, ulama, dan elemen

Qurais Hadiri Perayaan Maulid Nabi di Masjid Raya


Kota Bima, Garda Asakota.-
Walikota Bima, HM. Qurais H. Abi¬din, menghadiri acara perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di masjid Raya Al-Muwahiddin Bima, Selasa (22/2). Se¬ lain Walikota, tampak hadir dalam pera¬yaan maulid yang diprakarsai oleh Ca¬mat Rasanae Barat bekerjasama den¬gan pengurus PHBI Rasanae Barat ini, Wakil Walikota Bima HA. Rahman H. Abidin, Sekda, Drs. H. Tajudin Umar, para Asisten maupun sejumlah pejabat eselon II dan III lingkup Pemkot Bima.

Musrenbang tingkat Kecamatan Asakota Berjalan Sukses



Kota Bima, Garda Asakota.-
Pasca berlangsungnya kegiatan Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan yang secara serentak dilaksanakan pada Ra¬bu lalu (16/2), jajaran pemerintah keca¬matan Asakota Kota Bima, juga meng¬helat kegiatan serupa, Senin (21/2).

Kekerasan Harus Diselesaikan dengan Pendekatan Budaya

Bima, Garda Asakota.-
Ketua Lembaga Edukasi dan Ad¬vokasi (LEAD) Bima-NTB, Agus Ma¬wardy, menghendaki adanya pendeka¬tan budaya dan adat dalam menun¬taskan beberapa kasus kekerasan yang melibatkan masyarakat di sejumlah kecamatan. Menurutnya, benturan masyarakat dengan merusak fasilitas pemerintah maupun aparat muncul lebih karena aspek budaya, terutama terkait dengan adanya rencana eksplorasi pertambangan di Kabupaten Bima. “Dan saya menilai, beberapa kasus keke¬ rasan di Dana Mbojo ini tidak akan sele¬sai dengan hanya perangkat hukum saja, melainkan harus diselesaikan dengan pendekatan budaya dan adat,” ungkap¬nya kepada wartawan, Jumat (25/2).

Sirajudin Taher, Terpilih Jadi Ketua PD Muhammadiyah


Drs. Sirajudin Taher

Bolo, Garda Asakota.-
Musyawarah Daerah (Musda) ke-XII Muhammadiyah Kabupaten Bima yang dirangkaikan dengan Musda Aisyiyah dan Nasyiatul Aisyiyah (NA) ke-IX berlangsung dari tanggal 19 hingga 20 Februari 2011 di Perguruan Muhammadiyah Bolo.
Musda Muhammadiyah tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bima, Drs. H. Syafrudin HM. Noor, M.Pd. Pada keesokan harinya, bertem¬pat di ruang SKB Bolo,

Wabup: Muhamadiyah Berperan Jembatani Persoalan Umat

Di bidang pendidikan, kiprah organisasi Muhammadyah tidak perlu diragukan. Karena di masa lalu muham¬madiyah lewat organisasi otonom, pim¬pinan cabang dan amal usahanya telah menjadi pelita bagi umat Islam di daerah ini dalam menumbuh kembangkan sikap kemandirian dan optimisme dalam menghadapi tantangan kehidupan sosial kemasyarakatan, juga pentingnya pem-baharuan berbagai bidang kehidupan agar umat Islam dapat mengejar ketetinggalan dari bangsa lain.

Instalasi Tugas AKLI, PLN Mengalirkan Listrik

Kota Bima, Garda Asakota.-
Kantor PT. PLN Wilayah NTB Cabang Bima belakangan ini kerap disorot oleh kalangan masyarakat. Salah satu sorotan yang berkembang adalah terkait dengan ketidak-jelasan biaya pemasangan baru listrik. Masya¬rakat menangkap adanya perbedaan biaya pemasangan, termasuk pema¬sangan instalasi yang harus dibayar ke PLN, padahal yang melakukan pema¬sangan instalasi adalah petugas dari AKLI sebagai mitra kerja PLN.

Usut Kasus Kemnag, Polresta Bersurat ke BPKP

Bima, Garda Asakota.-
Kapolresta Bima melalui Kasat Reskrim, Iptu. Andri Handoko, menga¬kui pihaknya sudah mengambil-alih pe¬nangangan kasus dugaan pemotongan dana sertifisikasi guru di jajaran Ke-menterian Agama (Kemnang) Kabupa¬ten Bima, yang sebelumnya sempat dila¬kukan penyelidikan oleh Polres Bima.
Hanya saja ungkap Kasat Reskrim Polresta Bima, sebelum melanjutkan pemeriksaan, pihaknya mengaku sudah melayangkan surat permintaan audit ke BPKP, guna menelusuri unsur kerugian Negara.

Diprotes, Kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Wera, Ditunda

Wera, Garda Asakota.-
Kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Wera yang dilaksanakan di aula kantor Camat Wera, Selasa (22/2), ditunda lantaran menuai kritik dari sejumlah tokoh pemuda Wera, Arif Rahman, SH dan April Wera, S. Pd. Di hadapan forum Musrenbang, mereka mempertanyakan realisasi Musrenbang yang diadakan tiap tahun selain.

Eksekutif Sampaikan Penjelasan atas Raperda RTRW


Bima, Garda Asakota.-

Pemerintah Kabupaten Bima melalui Wakil Bupati, Drs. H. Syafrudin H.M Noor, memberikan penjelasan atas pengajuan dua buah rancangan peraturan daerah pada rapat paripurna ke-6 masa sidang I tahun dinas 2011 di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Bima, Rabu (23/2).

BPMPK Genjot Optimalisasi Peran Kelurahan Siaga

Kota Bima, Garda Asakota.-
Kelurahan Siaga merupakan gam¬baran masyarakat yang sadar, mau, dan mampu untuk mencegah dan mengatasi berbagai ancaman terhadap masyarakat seperti kurang gizi, penyakit menular, dan penyakit yang berpotensi menim¬bulkan Kejadian Luar Biasa (KLB), kejadian bencana, kecelakaan, dan lain-lain.Guna mendukung program peme¬rintah untuk memaksimalkan Kelurahan Siaga yang telah berfungsi di 38 Kelu¬rahan se-Kota Bima, BPMPK terus melakukan evaluasi dan memotivasi agar Kelurahan Siaga yang telah diben¬tuk dapat berfungsi secara optimal.

Aji Man Prihatin dengan Kondisi TK Rahmat Ilahi



Kota Bima, Garda Asakota.-

Kondisi yang dialami TK Rahmat Illahi Rontu Kota Bima, sangatlah ironis, bila dibanding dengan tekad dan ke¬mauan yang kuat dari Pemerintah untuk membangun generasi handal melalui penyediaan sarana dan prasarana pen¬didikan yang memadai yang merupakan implemantasi Visi Kota Bima yakni terwujudnya Kota Bima sebagai Kota Pendidikan menuju Masyarakat yang maju dan mandiri 2013. Demikian ungkapan yang dikemukakan oleh Wakil Walikota Bima, H A. Rahman H. Abidin, SE, saat meninjau TK Rahmat Illahi Rontu tepatnya di SDN 62 Kota Bima, Rabu (23/2).

Masyarakat Bima, Dambakan Penegakan Hukum dan Keadilan


Oleh: Mukhlis Abdullah*

llah berfirman; “Hai orang-orang yang ber¬iman! Jadilah kamu orang yang benar-benar menegakkan keadilan, menjadi saksi semata-mata karena Allah, biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapak dan kaum kerabatmu. Sekalipun terdakwa itu kaya atau miskin, maka Allah lebih menguta¬makan persamaan hak dan kewajiban terhadap keduanya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu untuk memperkosa keadilan. Dan kalau kamu memutar-balikkan kenyataan atau enggan menjadi saksi maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS-Annisa ayat: 135)

Pemkab Bima Segera Salurkan Dana PKH Tahap I

Bima, Garda Asakota.-
Pencairan dana Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan dengan sasaran RTSM melalui pendekatan pada sektor pendidikan dan kesehatan tahap I tahun 2011 direncanakan mulai tanggal 25 Februari 2011. Kepastian ini berdasar¬kan surat Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial No: 60/JS/I/2011 tanggal 24 Januari 2011. Demikian Pernyataan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Abdul Wahab Usman, SH, sebagai¬mana dilansir Kabag Humaspro Pem¬kab Bima, Selasa (22/2).

Senin, 21 Februari 2011

Politik Uang Terbukti, Ancaman Bagi Calon yang Sudah Dilantik


Bima, Garda Asakota.-

Walaupun Undang-Undang (UU) hanya memberikan kewenangan yang sangat terbatas kepada pengawas pemilu, namun terdapat sejumlah kisah sukses dari Pengawas Pemilu Kada se¬la¬ma tahun 2010 yang tak bisa disem¬bunyikan oleh Bawaslu RI. Bahkan kisah sejumlah contoh dari kesuksesan

Warga Segel Kantor Camat Parado


Woha, Garda Asakota.-

Gelombang aksi demonstrasi peno¬lakan pertambangan emas di Kabupaten Bima kian meluas. Menyusul aksi ri¬buan masyarakat Lambu yang berujung pembakaran kantor Camat Lambu, aksi serupa juga digelar oleh ratusan warga Kecamatan Parado Kabupaten Bima. Bahkan saat massa aksi menggelar aksinya di kantor Kecamatan Parado, Sabtu pagi (19/2), berhasil menyegel kantor Camat setempat.

Penanggulangan Kemiskinan Dibahas Khusus

Bima, Garda Asakota.-
Program pengentasan kemiskinan sebagai salah satu indikator penting kinerja pemerintah daerah dibahas secara khusus dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pengentasan Kemiskinan Tim Koordinasi Pengentasan Kemis¬kinan (TKPK) Provinsi NTB dengan TKPK Kabupaten dan Kota Bima yang berlangsung di Homestay Mutmainnah, Sabtu (19/2).

Usai Shalat Jumat, Walikota Dialog dengan Warga Jatiwangi

Kota Bima, Garda Asakota.-
Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin, Jumat (18/2), mengadakan kunjungan silaturrahmi dengan kompo¬nen warga lingkungan Jatiwangi Keca¬matan Asakota Kota Bima. Kegia¬tan ini dihelat usai shalat Jumat secara ber¬jamaah di masjid Al-Istiqamah Jati¬wangi. Setelah mendengarkan kata sambutan dari Ketua Masjid Al-Istiqa¬mah, Drs. Aksad, M. Pd, Walikota Bima mengawali sambutannya dengan

Perayaan Hanta U’a Pua, Kehilangan Momentum

Kota Bima, Garda Asakota.-
Upacara Adat Hanta U’a Pua Dana Mbojo yang dihelat dii halaman Utara Museum Asi Mbojo, Sabtu (20/2), dinilai sudah kehilangan momentumnya lanta¬ran tidak diadakan secara bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muham¬ mad SAW Tahun 1432 H/2011 M, tanggal 12 Rabiul Awal/10 Februari lalu.
“Mestinya acara itu dihelat secara bersamaan dengan momentum kelahi¬ran Nabi Muhammad SAW, 12 Rabiul Awal, makanya saya katakan acara Hanta U’a Pua itu kehilangan momentum,” ungkap mantan anggota DPRD Kabupaten Bima, Sulaiman MT, SH, kepada wartawan, Sabtu (19/2).

Kapolda NTB: Festival Budaya Bima, untuk Kebersamaan



Kota Bima, Garda Asakota.-
Lomba lagu tradisional dan olah-raga tradisional yang berlangsung di Museum Asi Mbojo, Minggu pagi (20/2), dihajatkan untuk kebersamaan dan kesuksesan masyarakat Bima khusus¬nya dan kesuksesan NTB pada umum¬nya.

Mayat Tanpa Identitas, Ditemukan di Perairan Bima


Kota Bima, Garda Asakota.-

Sesosok mayat laki-laki tanpa identitas, Sabtu(19/2) ditemukan di perairan Bima lingkungan Sumbawa Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima.
Salah seorang saksi mata, Ny. Lani yang tinggal tepat di bibir pantai yang tak jauh dari ditemukan sosok mayat tersebut, kepada wartawan mence¬ritakan bahwa, sekitar pukul 07:00 wita, dirinya sedang memberi makan anaknya di teras rumah.

Direktur PT. RNP Diadukan ke Polresta Bima

Bima, Garda Asakota.-
Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerak Bima NTB, melalui Wakil Ketuanya, Thamrin A. Fattah, mengadu¬ kan Direktur Utama PT. Runde Nusan¬tara Pertambangan (RNP), ke pihak Kepolisian Resort Kota Bima (Polres¬ta) Bima karena ditengarai telah me¬lang¬gar UU Nomor 4 tahun 2009 ten¬tang Pertambangan dan Mineral yakni melakukan usaha pertambangan secara illegal di sejumlah kawasan di dusun Sambori Kecamatan Lambitu Kabupa¬ten Bima seluas lebih kurang 20 hektar.

Digelar Pertemuan Koordinasi Pembinaan Kelurahan Siaga


Kota Bima, Garda Asakota.-

Bertempat di Hotel Lambitu Kota Bima, Jumat (18/2), jajaran Dinas Kese¬hatan (Dikes) Kota Bima menggelar pertemuan koordinasi pembinaan Kelurahan Siaga dengan instansi terkait dan sejumlah stakeholder. Selain dihadiri Plt. Dikes Kobi, dr. H. Bachtiar,

Warga Tonggondoa Alami Kangker Ganas

Woha, Garda Asakota.-
Muhammad Husen (55) warga asal Desa Tonggondoa Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima, mengalami pembeng¬kakan pada leher bagian kiri. Diduga kakek berusia senja ini mengidap penyakit kangker ganas. Dia mengaku, penyakit yang dialaminya itu sejak dirinya berusia 20 tahun lalu.

Jelang Festival, LASQI Kobi Segera Bentuk DPC dan Ranting

Kota Bima, Garda Asakota.-
Salah satu agenda penting yang direncana oleh segenap pengurus LASQI Kota Bima saat ini adalah pem¬bentukan DPC dan Ranting LASQI Kota Bima periode 2011-2016. Menurut Ketua LASQI Kota Bima, Hj. Yani Marlina Qurais, urgennya pembentukan DPC dan ranting LASQI itu karena dalam waktu yang tidak lama lagi DPD LASQI Kota Bima akan mengadakan Festival Qasidah tingkat Kota Maret medatang, sebagai persiapan untuk mengikuti festival Qasidah tingkat selanjutnya yang akan dipusatkan di Kota Mataran NTB Mei mendatang.

Kelanjutan Kasus Dugaan Korupsi Kemnag, Dipertanyakan

Bima, Garda Asakota.-
Sejumlah elemen masyarakat Bima mempertanyakan kelanjutan proses hukum atas penyelidikan kasus dugaan pemotongan dana sertifikasi guru di jajaran Kementerian Agama (Kemnag) Kabupaten Bima. Padahal sebelumnya (bulan Januari lalu, red), penyidik Reskrim Polres Bima telah memanggil dan memeriksa puluhan orang saksi dari sebanyak 306 orang guru (bukan 350

Diduga Aniaya Murid, Oknum Guru Membantah

Wera, Garda Asakota.-
Kembali, terjadi tindak dugaan kekerasan di lingkup dunia pendidikan Kabupaten Bima. Oknum guru olah raga berinisial, HB, di SMAN-1 Wera, Kamis lalu (16/2), diduga memukuli seorang siswi kelas III IPA, Komarian. Dugaan tindak kekerasan itu terjadi pada saat melaksanakan kegiatan pembinaan olahraga di lapangan sekolah setempat.