DALAM MENJALANKAN TUGAS JURNALISTIK, KRU MEDIA GARDA ASAKOTA SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS WARTAWAN

Jumat, 25 Februari 2011

Kantor Mapolsek Parado Dibakar Massa


Ket: Sekitar 300-san pemuda dari Keca¬matan Lambu Kabupaten Bima, meng¬gelar aksi demonstrasi di kantor Polresta Bima, Kamis (24/2). Massa yang didukung oleh puluhan aktivis garis keras dari HMI MPO, LMND, SMI, dan IMS itu, menuntut agar sejumlah warga yang ditahan pasca terjadinya kerusuhan pembakaran kantor Camat Lambu dibebaskan.

Bima, Garda Asakota.-

Kantor persiapan Mapolsek Parado Kabupaten Bima sekitar pukul 15. 00 Wita, Kamis kemarin (24/2), diinforma¬sikan telah dibakar oleh massa de¬monstran dari kecamatan Parado.

Kejaksaan Didemo Aktivis Babuju



Kota Bima, Garda Asakota.-
Puluhan aktivis dari Komunitas Babuju berunjuk-rasa di depan kantor Kejaksaan Negeri Raba-Bima, Kamis (24/2). Mereka oratornya, Riafid, Amru, dan Dahlan, meminta Kejaksaan serius menangani kasus-kasus korupsi yang dilaporkan kepada Kejaksaan.

Ratusan Pemuda Lambu Demo Polresta Bima

Kota Bima, Garda Asakota.-
Sekitar 300-san pemuda dari Keca¬matan Lambu Kabupaten Bima, meng¬gelar aksi demonstrasi di kantor Polresta Bima, Kamis (24/2). Massa yang didukung oleh puluhan aktivis garis keras dari HMI MPO, LMND, SMI, dan IMS itu, menuntut agar sejumlah warga yang ditahan pasca terjadinya kerusuhan pembakaran kantor Camat Lambu dibebaskan.

Bupati Ferry Jelaskan Soal Eksplorasi Tambang



Bima, Garda Asakota.-
Di sela-sela kegiatan penyerahan bantuan alat pertanian dan tatap muka dengan masyarakat di aula kantor Camat Palibelo, Senin lalu (21/2), Bupati Bima, H. Ferry Zulkanian, menanggapi beberapa tuntutan masyarakat terkait pengelolaan tambang di wilayah Kabupaten Bima.

Walikota Anggarkan Rp3,5 Milyar untuk Masjid Raya


Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin


Kota Bima, Garda Asakota.-
Pembangunan masjid Raya Al-Muwahiddin Bima harus segera ditun¬taskan. Untuk itu, saat menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa (22/2), Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin, mengajak para tokoh agama, ulama, dan elemen

Qurais Hadiri Perayaan Maulid Nabi di Masjid Raya


Kota Bima, Garda Asakota.-
Walikota Bima, HM. Qurais H. Abi¬din, menghadiri acara perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di masjid Raya Al-Muwahiddin Bima, Selasa (22/2). Se¬ lain Walikota, tampak hadir dalam pera¬yaan maulid yang diprakarsai oleh Ca¬mat Rasanae Barat bekerjasama den¬gan pengurus PHBI Rasanae Barat ini, Wakil Walikota Bima HA. Rahman H. Abidin, Sekda, Drs. H. Tajudin Umar, para Asisten maupun sejumlah pejabat eselon II dan III lingkup Pemkot Bima.

Musrenbang tingkat Kecamatan Asakota Berjalan Sukses



Kota Bima, Garda Asakota.-
Pasca berlangsungnya kegiatan Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan yang secara serentak dilaksanakan pada Ra¬bu lalu (16/2), jajaran pemerintah keca¬matan Asakota Kota Bima, juga meng¬helat kegiatan serupa, Senin (21/2).

Kekerasan Harus Diselesaikan dengan Pendekatan Budaya

Bima, Garda Asakota.-
Ketua Lembaga Edukasi dan Ad¬vokasi (LEAD) Bima-NTB, Agus Ma¬wardy, menghendaki adanya pendeka¬tan budaya dan adat dalam menun¬taskan beberapa kasus kekerasan yang melibatkan masyarakat di sejumlah kecamatan. Menurutnya, benturan masyarakat dengan merusak fasilitas pemerintah maupun aparat muncul lebih karena aspek budaya, terutama terkait dengan adanya rencana eksplorasi pertambangan di Kabupaten Bima. “Dan saya menilai, beberapa kasus keke¬ rasan di Dana Mbojo ini tidak akan sele¬sai dengan hanya perangkat hukum saja, melainkan harus diselesaikan dengan pendekatan budaya dan adat,” ungkap¬nya kepada wartawan, Jumat (25/2).

Sirajudin Taher, Terpilih Jadi Ketua PD Muhammadiyah


Drs. Sirajudin Taher

Bolo, Garda Asakota.-
Musyawarah Daerah (Musda) ke-XII Muhammadiyah Kabupaten Bima yang dirangkaikan dengan Musda Aisyiyah dan Nasyiatul Aisyiyah (NA) ke-IX berlangsung dari tanggal 19 hingga 20 Februari 2011 di Perguruan Muhammadiyah Bolo.
Musda Muhammadiyah tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bima, Drs. H. Syafrudin HM. Noor, M.Pd. Pada keesokan harinya, bertem¬pat di ruang SKB Bolo,

Wabup: Muhamadiyah Berperan Jembatani Persoalan Umat

Di bidang pendidikan, kiprah organisasi Muhammadyah tidak perlu diragukan. Karena di masa lalu muham¬madiyah lewat organisasi otonom, pim¬pinan cabang dan amal usahanya telah menjadi pelita bagi umat Islam di daerah ini dalam menumbuh kembangkan sikap kemandirian dan optimisme dalam menghadapi tantangan kehidupan sosial kemasyarakatan, juga pentingnya pem-baharuan berbagai bidang kehidupan agar umat Islam dapat mengejar ketetinggalan dari bangsa lain.

Instalasi Tugas AKLI, PLN Mengalirkan Listrik

Kota Bima, Garda Asakota.-
Kantor PT. PLN Wilayah NTB Cabang Bima belakangan ini kerap disorot oleh kalangan masyarakat. Salah satu sorotan yang berkembang adalah terkait dengan ketidak-jelasan biaya pemasangan baru listrik. Masya¬rakat menangkap adanya perbedaan biaya pemasangan, termasuk pema¬sangan instalasi yang harus dibayar ke PLN, padahal yang melakukan pema¬sangan instalasi adalah petugas dari AKLI sebagai mitra kerja PLN.

Usut Kasus Kemnag, Polresta Bersurat ke BPKP

Bima, Garda Asakota.-
Kapolresta Bima melalui Kasat Reskrim, Iptu. Andri Handoko, menga¬kui pihaknya sudah mengambil-alih pe¬nangangan kasus dugaan pemotongan dana sertifisikasi guru di jajaran Ke-menterian Agama (Kemnang) Kabupa¬ten Bima, yang sebelumnya sempat dila¬kukan penyelidikan oleh Polres Bima.
Hanya saja ungkap Kasat Reskrim Polresta Bima, sebelum melanjutkan pemeriksaan, pihaknya mengaku sudah melayangkan surat permintaan audit ke BPKP, guna menelusuri unsur kerugian Negara.

Diprotes, Kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Wera, Ditunda

Wera, Garda Asakota.-
Kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Wera yang dilaksanakan di aula kantor Camat Wera, Selasa (22/2), ditunda lantaran menuai kritik dari sejumlah tokoh pemuda Wera, Arif Rahman, SH dan April Wera, S. Pd. Di hadapan forum Musrenbang, mereka mempertanyakan realisasi Musrenbang yang diadakan tiap tahun selain.

Eksekutif Sampaikan Penjelasan atas Raperda RTRW


Bima, Garda Asakota.-

Pemerintah Kabupaten Bima melalui Wakil Bupati, Drs. H. Syafrudin H.M Noor, memberikan penjelasan atas pengajuan dua buah rancangan peraturan daerah pada rapat paripurna ke-6 masa sidang I tahun dinas 2011 di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Bima, Rabu (23/2).

BPMPK Genjot Optimalisasi Peran Kelurahan Siaga

Kota Bima, Garda Asakota.-
Kelurahan Siaga merupakan gam¬baran masyarakat yang sadar, mau, dan mampu untuk mencegah dan mengatasi berbagai ancaman terhadap masyarakat seperti kurang gizi, penyakit menular, dan penyakit yang berpotensi menim¬bulkan Kejadian Luar Biasa (KLB), kejadian bencana, kecelakaan, dan lain-lain.Guna mendukung program peme¬rintah untuk memaksimalkan Kelurahan Siaga yang telah berfungsi di 38 Kelu¬rahan se-Kota Bima, BPMPK terus melakukan evaluasi dan memotivasi agar Kelurahan Siaga yang telah diben¬tuk dapat berfungsi secara optimal.

Aji Man Prihatin dengan Kondisi TK Rahmat Ilahi



Kota Bima, Garda Asakota.-

Kondisi yang dialami TK Rahmat Illahi Rontu Kota Bima, sangatlah ironis, bila dibanding dengan tekad dan ke¬mauan yang kuat dari Pemerintah untuk membangun generasi handal melalui penyediaan sarana dan prasarana pen¬didikan yang memadai yang merupakan implemantasi Visi Kota Bima yakni terwujudnya Kota Bima sebagai Kota Pendidikan menuju Masyarakat yang maju dan mandiri 2013. Demikian ungkapan yang dikemukakan oleh Wakil Walikota Bima, H A. Rahman H. Abidin, SE, saat meninjau TK Rahmat Illahi Rontu tepatnya di SDN 62 Kota Bima, Rabu (23/2).

Masyarakat Bima, Dambakan Penegakan Hukum dan Keadilan


Oleh: Mukhlis Abdullah*

llah berfirman; “Hai orang-orang yang ber¬iman! Jadilah kamu orang yang benar-benar menegakkan keadilan, menjadi saksi semata-mata karena Allah, biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapak dan kaum kerabatmu. Sekalipun terdakwa itu kaya atau miskin, maka Allah lebih menguta¬makan persamaan hak dan kewajiban terhadap keduanya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu untuk memperkosa keadilan. Dan kalau kamu memutar-balikkan kenyataan atau enggan menjadi saksi maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS-Annisa ayat: 135)

Pemkab Bima Segera Salurkan Dana PKH Tahap I

Bima, Garda Asakota.-
Pencairan dana Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan dengan sasaran RTSM melalui pendekatan pada sektor pendidikan dan kesehatan tahap I tahun 2011 direncanakan mulai tanggal 25 Februari 2011. Kepastian ini berdasar¬kan surat Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial No: 60/JS/I/2011 tanggal 24 Januari 2011. Demikian Pernyataan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Abdul Wahab Usman, SH, sebagai¬mana dilansir Kabag Humaspro Pem¬kab Bima, Selasa (22/2).

Senin, 21 Februari 2011

Politik Uang Terbukti, Ancaman Bagi Calon yang Sudah Dilantik


Bima, Garda Asakota.-

Walaupun Undang-Undang (UU) hanya memberikan kewenangan yang sangat terbatas kepada pengawas pemilu, namun terdapat sejumlah kisah sukses dari Pengawas Pemilu Kada se¬la¬ma tahun 2010 yang tak bisa disem¬bunyikan oleh Bawaslu RI. Bahkan kisah sejumlah contoh dari kesuksesan

Warga Segel Kantor Camat Parado


Woha, Garda Asakota.-

Gelombang aksi demonstrasi peno¬lakan pertambangan emas di Kabupaten Bima kian meluas. Menyusul aksi ri¬buan masyarakat Lambu yang berujung pembakaran kantor Camat Lambu, aksi serupa juga digelar oleh ratusan warga Kecamatan Parado Kabupaten Bima. Bahkan saat massa aksi menggelar aksinya di kantor Kecamatan Parado, Sabtu pagi (19/2), berhasil menyegel kantor Camat setempat.

Penanggulangan Kemiskinan Dibahas Khusus

Bima, Garda Asakota.-
Program pengentasan kemiskinan sebagai salah satu indikator penting kinerja pemerintah daerah dibahas secara khusus dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pengentasan Kemiskinan Tim Koordinasi Pengentasan Kemis¬kinan (TKPK) Provinsi NTB dengan TKPK Kabupaten dan Kota Bima yang berlangsung di Homestay Mutmainnah, Sabtu (19/2).

Usai Shalat Jumat, Walikota Dialog dengan Warga Jatiwangi

Kota Bima, Garda Asakota.-
Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin, Jumat (18/2), mengadakan kunjungan silaturrahmi dengan kompo¬nen warga lingkungan Jatiwangi Keca¬matan Asakota Kota Bima. Kegia¬tan ini dihelat usai shalat Jumat secara ber¬jamaah di masjid Al-Istiqamah Jati¬wangi. Setelah mendengarkan kata sambutan dari Ketua Masjid Al-Istiqa¬mah, Drs. Aksad, M. Pd, Walikota Bima mengawali sambutannya dengan

Perayaan Hanta U’a Pua, Kehilangan Momentum

Kota Bima, Garda Asakota.-
Upacara Adat Hanta U’a Pua Dana Mbojo yang dihelat dii halaman Utara Museum Asi Mbojo, Sabtu (20/2), dinilai sudah kehilangan momentumnya lanta¬ran tidak diadakan secara bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muham¬ mad SAW Tahun 1432 H/2011 M, tanggal 12 Rabiul Awal/10 Februari lalu.
“Mestinya acara itu dihelat secara bersamaan dengan momentum kelahi¬ran Nabi Muhammad SAW, 12 Rabiul Awal, makanya saya katakan acara Hanta U’a Pua itu kehilangan momentum,” ungkap mantan anggota DPRD Kabupaten Bima, Sulaiman MT, SH, kepada wartawan, Sabtu (19/2).

Kapolda NTB: Festival Budaya Bima, untuk Kebersamaan



Kota Bima, Garda Asakota.-
Lomba lagu tradisional dan olah-raga tradisional yang berlangsung di Museum Asi Mbojo, Minggu pagi (20/2), dihajatkan untuk kebersamaan dan kesuksesan masyarakat Bima khusus¬nya dan kesuksesan NTB pada umum¬nya.

Mayat Tanpa Identitas, Ditemukan di Perairan Bima


Kota Bima, Garda Asakota.-

Sesosok mayat laki-laki tanpa identitas, Sabtu(19/2) ditemukan di perairan Bima lingkungan Sumbawa Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima.
Salah seorang saksi mata, Ny. Lani yang tinggal tepat di bibir pantai yang tak jauh dari ditemukan sosok mayat tersebut, kepada wartawan mence¬ritakan bahwa, sekitar pukul 07:00 wita, dirinya sedang memberi makan anaknya di teras rumah.

Direktur PT. RNP Diadukan ke Polresta Bima

Bima, Garda Asakota.-
Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerak Bima NTB, melalui Wakil Ketuanya, Thamrin A. Fattah, mengadu¬ kan Direktur Utama PT. Runde Nusan¬tara Pertambangan (RNP), ke pihak Kepolisian Resort Kota Bima (Polres¬ta) Bima karena ditengarai telah me¬lang¬gar UU Nomor 4 tahun 2009 ten¬tang Pertambangan dan Mineral yakni melakukan usaha pertambangan secara illegal di sejumlah kawasan di dusun Sambori Kecamatan Lambitu Kabupa¬ten Bima seluas lebih kurang 20 hektar.

Digelar Pertemuan Koordinasi Pembinaan Kelurahan Siaga


Kota Bima, Garda Asakota.-

Bertempat di Hotel Lambitu Kota Bima, Jumat (18/2), jajaran Dinas Kese¬hatan (Dikes) Kota Bima menggelar pertemuan koordinasi pembinaan Kelurahan Siaga dengan instansi terkait dan sejumlah stakeholder. Selain dihadiri Plt. Dikes Kobi, dr. H. Bachtiar,

Warga Tonggondoa Alami Kangker Ganas

Woha, Garda Asakota.-
Muhammad Husen (55) warga asal Desa Tonggondoa Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima, mengalami pembeng¬kakan pada leher bagian kiri. Diduga kakek berusia senja ini mengidap penyakit kangker ganas. Dia mengaku, penyakit yang dialaminya itu sejak dirinya berusia 20 tahun lalu.

Jelang Festival, LASQI Kobi Segera Bentuk DPC dan Ranting

Kota Bima, Garda Asakota.-
Salah satu agenda penting yang direncana oleh segenap pengurus LASQI Kota Bima saat ini adalah pem¬bentukan DPC dan Ranting LASQI Kota Bima periode 2011-2016. Menurut Ketua LASQI Kota Bima, Hj. Yani Marlina Qurais, urgennya pembentukan DPC dan ranting LASQI itu karena dalam waktu yang tidak lama lagi DPD LASQI Kota Bima akan mengadakan Festival Qasidah tingkat Kota Maret medatang, sebagai persiapan untuk mengikuti festival Qasidah tingkat selanjutnya yang akan dipusatkan di Kota Mataran NTB Mei mendatang.

Kelanjutan Kasus Dugaan Korupsi Kemnag, Dipertanyakan

Bima, Garda Asakota.-
Sejumlah elemen masyarakat Bima mempertanyakan kelanjutan proses hukum atas penyelidikan kasus dugaan pemotongan dana sertifikasi guru di jajaran Kementerian Agama (Kemnag) Kabupaten Bima. Padahal sebelumnya (bulan Januari lalu, red), penyidik Reskrim Polres Bima telah memanggil dan memeriksa puluhan orang saksi dari sebanyak 306 orang guru (bukan 350

Diduga Aniaya Murid, Oknum Guru Membantah

Wera, Garda Asakota.-
Kembali, terjadi tindak dugaan kekerasan di lingkup dunia pendidikan Kabupaten Bima. Oknum guru olah raga berinisial, HB, di SMAN-1 Wera, Kamis lalu (16/2), diduga memukuli seorang siswi kelas III IPA, Komarian. Dugaan tindak kekerasan itu terjadi pada saat melaksanakan kegiatan pembinaan olahraga di lapangan sekolah setempat.

Jumat, 18 Februari 2011

Bawaslu: Terbukti Politik Uang, Didiskualifikasi

Ferry Diminta Taat Hukum

Bima, Garda Asakota.-
Anggota Bawaslu Pusat, Wahidah Suaeb, mengakui bahwa pada saat dirinya diundang menghadiri kegiatan sosialisasi oleh KPU Tangsel (Tange¬rang Selatan) awal Februari lalu, mem-bahas tentang kasus politik uang yang biasanya marak di setiap pelaksanaan Pilkada. Diakuinya pada saat kegiatan sosialisasi yang turut dihadiri oleh Panwaslu dan unsur Kepolisian Tangsel, dirinya sempat mengingatkan agar bila ada kasus politik uang Panwaslu dan Kepolisian dapat lebih cermat mengutip pasal pidana.

Korban Penembakan Asal Lambu, Masih Dirawat Intensif

Belum Ada Perhatian dari Pemda


Bima, Garda Asakota.-
Korban penembakan asal Desa Sim¬pasai Kecamatan Lambu saat berlangsungnya aksi demonstrasi di kantor Camat Lambu, Kamis lalu, hingga kini masih terbaring lemah di RSUD Bima.

Balita Miskin Ngidap Pembengkakan di Bagian Pusar

Aneh, Tak Punya Kartu Miskin

Woha, Garda Asakota.-
Malang nian nasib yang menimpa Alfatir (5-thn) Balita asal Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima, selalu didera oleh rasa sakit yang tiada henti. Pasalnya, sejak lahir hingga saat ini, dia menderita penyakit pembengka¬kan yang sangat besar pada pusarnya. Kondisi ini mengakibatkan pertumbu¬han fisiknya tidak normal.

Tak Terima Dituduh Dukun Santet, Disumpah Secara Adat


Sape, Garda Asakota.-
Masyarakat Dusn Goa Desa Rasabou Kecamatan Sape, dihebohkan dengan adanya isu praktek dukun santet alias ilmu sihir.

Tabrakan Beruntun, Empat Sepeda Motor Rusak


Kota Bima, Garda Asakota.-
Kecelakaan beruntun terjadi di depan kantor Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota Kota Bima, Kamis (17/2). Akibat kejadian ini, empat unit sepeda motor mengalami rusak berat,

KT Rade Wura Dinilai Tim Pemkot Bima

Kota Bima, Garda Asakota.-
Bertujuan untuk memberikan dorongan dan motivasi terhadap kinerja sebuah lembaga kepemudaaan dalam hal ini Karang Taruna (KT) yang ada di masing-masing kelurahan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Dinas Sosial mengadakan saat ini tengah mengadakan lomba KT tingkat Kota Bima.

Bupati Ferry Serahkan Bantuan dan Serap Aspirasi Masyarakat Bolo


Bima, Garda Asakota.-
Kunjungan kerja Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, dan Wakil Bupati Bima Drs. H. Syafrudin HM.Nur, beserta rombongan di dusun Kara Desa Leu Kecamatan Bolo Selasa malam (15/2)

Musrenbang tingkat Kelurahan Jatiwangi Digelar



Kota Bima, Garda Asakota.-
Jajaran pemerintahan di Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota Kota Bima, Rabu (16/2), menyelenggarakan kegiatan Musawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) di aula kelurahan setempat. Tutur hadir dalam acara itu,

Dikes Kobi Adakan Program Kelurahan Siaga

Kota Bima, Garda Asakota.-
Dalam rangka memaksimalkan fungsi Kelurahan Siaga, Dinas Kese¬hatan (Dikes) Kota Bima selaku inisiator memberikan dukungan pembentukan UKBM (Usaha Kesehatan Bersumber¬daya Masyarakat).
Diharapkan nanti¬nya melalui UKBM ini, kemandirian masyarakat dapat ditingkatkan dalam upaya me¬nanggulangi masalah-masalah keseha¬tan yang ada pada diri mereka sendiri dan kegawat-darurat secara mandiri.

Warga Saleko Gotong Royong Bangun Perpustakaan Musholla


Kota Bima, Garda Asakota.-
Ratusan warga lingkungan Saleko Kelurahan Sarae Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima, Selasa (15/2), bahu-membahu bergotong-royong mem¬bangun perpustakaan Musholla.

Camat Parado Ngaku Dipaksa Tanda-tangan

Woha, Garda Asakota.-
Sementara itu, Camat Parado Ibrahim, SH, mengaku penanda-tanga¬nan surat penolakan kehadiran eks¬plorasi tambang yang disodorkan oleh massa demonstran Senin lalu (7/2), terpaksa dilakukan pihaknya karena dibawah tekanan.
“Jika saya tidak me¬nanda-tangani¬nya, maka saya mengha¬watirkan akan terjadi

Kantor Camat Dibakar Pelayanan Lumpuh Total


Sape, Garda Asakota.-
Pasca aksi demontrasi hingga berbuntut pada pembakaran kantor Camat Lambu maupun sejumlah fasilitas kendaraan dinas pada hari Kamis lalu (10/2), menyebabkan

Dispertapa Woha Gelar SL-PTT

Bima, Garda Asakota.-
Jajaran UPT Dinas Pertanian Kecamatan Woha Kabupaten Bima menggelar Sekolah Lapang Pengelolaan Terpadu (SL-PTT), Senin (14/2) di Desa Penapali Kecamatan Woha.
SL-PTT tersebut bertujuan agar para petani bisa memahami tata-cara tanaman yang baik dalam meningkatkan penghasilan atau pendapatan. Acara ini dihadiri oleh Kadispertapa Kabu¬paten Bima,

Tembok SDN Bugis Roboh Dihantam Banjir



Sape, Garda Asakota.-

Bencana banjir yang melanda desa Bugis Kecamatan Sape Kabupaten Bima setinggi satu meter pada Jumat 5 Februari lalu, mengakibatkan tembok depan SDN Bugis Sape roboh sepan¬jang 20 meter.

Lagi, Polsek Sape Tangkap Pelaku Bom Ikan


Sape, Garda Asakota.-
Aparat Polsek Sape bekerja-sama dengan Pos Polairud Sape, berhasil me¬nangkap enam orang pelaku pemboman ikan dengan sejumlah barang bukti, di sekitar selat Gilibanta perairan laut Sape Kabupaten Bima, Minggu lalu (7/2).

Taman Bundar di Perempatan Sape, Rubuh


Sape, Garda Asakota.-
Bangunan taman yang berlokasi di pertigaan jalan Raya Sape atau tepatnya berada di depan Masjid

Valentine’s Day Semarak Merusak Moral

Oleh. Mukhlis Abdullah*

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Tidak beriman seseorang yang tidak mencintai sesamanya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. “ Dalam ajaran Islam saling mencintai dan kasih sayang merupakan perintah dan bagian dari iman, menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan akhlak, bukan pergaulan bebas atau kebebasan dalam pergaulan yang menyimpang, melanggar nilai-nilai moral dan akhlak.

Senin, 14 Februari 2011

Dihantam Banjir, Tembok Pagar SDN-58 Gindi, Rubuh



Kota Bima, Garda Asakota.-
Banjir yang melanda hampir seluruh wilayah Kota Bima, meninggalkan banyak pekerjaan bagi pemerintah akibat kerugian materil dan moril dialami warga masyarakat.

Bupati Diminta Bangun Komunikasi dengan Warga Lambu

Bima, Garda Asakota.-
Bupati selaku kepala pemerintahan adalah penanggungjawab moral terha¬dap insiden yang terjadi di Kecamatan Lambu Kabupaten Bima 10 Februari lalu. Untuk itu, guna menetralisir situasi mencekam di Lambu saat ini, Ketua Lembaga Edukasi dan Advokasi (LEAD) Bima-NTB, Agus Mawardy, secara tegas meminta kepada Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, agar dapat membangun komunikasi secara persuasive dengan masyarakat Lambu dalam menyelesaikan masalahan yang terjadi.

Sambut HUT ke-9 Kobi, Warga Jatiwangi Begotong Royong



Kota Bima, Garda Asakota.-
Dalam rangka menyambut HUT Kota Bima yang ke-9 dan lomba Adi¬pura, Jumat (11/2) warga masyarakat yang berada di lingkungan Kelurahan Jatiwangi bersama anggota TNI Kompi A 742, mahasiswa KKN STKIP dan Dinas Kebersihan Kota Bima, bergo¬tong royong bersama

Tidak Ada Anggota Dewan Bolos Saat Studi Banding

Kota Bima, Garda Asakota.-
Tidak ada yang bolos dan menga¬baikan tugasnya saat kunjungan studi banding berlangsung di Kota Banjar¬masin baru-baru ini. Salah seorang ang¬gota DPRD Kota Bima, Nasaruddin, S. Sos, mengakui bahwa semua yang menjadi agenda dan tujuan studi banding sudah dilaksanakan dengan tuntas sesuai jadwalnya.

Rekanan Sanggah Hasil Tender Proyek Jadup SP5

Bima, Garda Asakota.-
Proses tender pengadaan pangan non-beras (jaminan hidup) senilai Rp500.347 juta untuk SP5 di Disna¬ker¬trans Kabupaten Bima yang dimenangkan oleh CV. Medali Mas Jaya, menuai sanggahan dari dua rekanan yang ikut dalam proses tender tersebut yakni CV. Sari Pasifik dan CV. Arham. Diduga, penetapan itu sarat penyimpangan dari ketentuan Perpres 54/2010 dan ketentuan dalam dokumen lelang serta risalah Aandwizjing.

Kesadaran Kesehatan Wanita Diakui Masih Kurang

Bima, Garda Asakota.-
Tingkat kesadaran kesehatan wanita di desa diakui oleh Kadikes Ka¬bu¬paten Bima masih kurang. Masalah ini, katanya, telah menjadi program prioritas pihaknya untuk melakukan upaya peningkatan kesadaran.
“Contoh¬nya, masih banyak ibu-ibu yang malas gosok gigi, padahal kese¬hatan gigi itu penting.

Panen Perdana Lele Dihelat di Rabangodu Selatan

Kota Bima, Garda Asakota.-
Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin, didampingi Ketua Pengerak PKK dan sejumlah pejabat lingkup Pem¬kot Bima menggelar kegiatan panen perdana Ikan Lele hasil budidaya kelompok wirausaha pemula perikana¬nan yang ada di kelurahan Rabangodu Selatan, Sabtu (12/2).

Warga Risa-Kumbe Perbaiki Jalan Rusak

Bima, Garda Asakota.-
Sembari menunggu turunnya proyek dari pemerintah, ratusan warga Desa Risa-Desa Kumbe Kecamatan Woha, Sabtu pagi (12/2) mengadakan kegiatan gotong-royong perbaikan jalan yang rusak antara Risa dan Kumbe. Jalan yang sebelumnya hanya urukan pasir dan baru (sertu) itu mengalami keru¬sakan cukup parah akibat cuaca hujan yang semakin berkepanjangan.

Pasca Banjir, Walikota Tinjau Sejumlah Lokasi


HM. Qurais H. Abidin

Kota Bima, Garda Asakota.-
Walikota Bima, M. Qurais H. Abidin, Sabtu (12/2), bersama Sekda, Kepala BPBD, dan sejumlah Kepala Dinas lingkup Kota Bima meninjau sejumlah lokasi yang terkena dampak banjir yang melanda Kota Bima tanggal 9 Februari lalu.

Warga Dambakan Kantor Samsat di Kabupaten Bima

Bima, Garda Asakota.-
Sejumlah pengendara khususnya pemilik sepeda motor yang berdomisili di Kabupaten Bima, mengaku malas untuk melakukan kewajibannya, mem¬bayar pajak di kantor Samsat Kota Bima lantaran letak kantor yang cukup jauh dari tempat tinggal mereka.

Kantor PKM Wera Digasak Maling, Satu Unit Komputer Raib

Wera, Garda Asakota.-
Kantor Puskesmas Wera Kabupa¬ten Bima digasak maling sekira pukul 02:00 dini hari, Sabtu (12/2). Akibat kejadian ini, satu unit komputer yang ditempatkan di ruangan Kepala PKM Wera raib, sementara barang lainnya berupa barang elektronik tidak dibawa kabur. Diduga pelaku pencurian melaku¬kan aksinya dengan mencongkel pintu masuk di ruangan Kepala PKM Wera.

Qurais: Sebagai Umat Allah, Kita Mesti Bersatu

Kota Bima, Garda Asakota.-
Untuk mewujudkan masyarakat, daerah dan bangsa yang bermartabat, sejahtera dan yang maju, Walikota Bima, M. Qurais H. Abidin, mengajak seluruh komponen masyarakat Kota Bima untuk bersatu dan bekerja keras, dibarengi berdoa dan berdzikir kepada Allah SWT.

Mafioso-Mafioso Cinta

Rafika,S.Pd.
Ketika cinta menguasai seluruh psikis maka akan merubahlah seluruh prilaku terhadap objek yang ingin digapai begitu katanya, William Shakespeare. Mengapa bisa demikian tinggi dan otoriternya derajat cinta itu ? Memang kedengarannya Picisan, melankolis, meremaja, dagel , tetapi mau tidak mau kita harus mengakui eksistensinya.

Sabtu, 12 Februari 2011

Kantor dan Mobil Camat Lambu Dibakar Massa



Buntut Aksi Penolakan Tambang Emas

Lambu, Garda Asakota.-
Ribuan warga masyarakat Kecamatan Lambu Kabupaten Bima, Kamis (10/2), kembali turun aksi demonstrasi untuk mempertegas penolakan hadirnya Perusahaan Sumber Mineral

Zainul Sesalkan Aksi Pembakaran di Lambu

Bupati Perlu Beri Pemahaman yang Baik

Bima, Garda Asakota.-
Mantan Bupati Bima, Drs. H. Zainul Arifin, menyesalkan munculnya aksi pembakaran kantor Camat Lambu dan fasilitas kendaraan dinas lainnya baik roda empat maupun kendaraan roda dua dalam aksi unjuk-rasa yang digelar ribuan elemen masyarakat Lambu, Kamis (10/2). “Sungguh sangat disesalkan terjadinya aksi anarkis seperti itu,” ucap Zainul kepada wartawan via Ponselnya.

Rekrutmen Honda, Langgar PP 48 Tahun 2005

Bolo, Garda Asakota.-
Baharuddin Ishaka, anggota DPRD Kabupaten Bima dari Fraksi Bintang Keadilan Indonesia Raya (FBKIR) secara tegas mengatakan bahwa pengangkatan tenaga Honoror Daerah (Honda) yang sudah mencapai angka ribuan di lingkup Pemkab Bima, bertentangan dengan PP 48 tahun 2005.

Rumah Warga Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp35 juta

Kota Bima, Garda Asakota.-
Kebakaran sebuah rumah terjadi di Rt.15/Rw.06 lingkungan Tambana Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota Kota Bima sekitar pukul 14:00 Wita, Kamis (10/2).
Akibat kebakaran tersebut, rumah beserta bengkel milik warga bernama Yusuf Abdulah itu hampir 90 persen ludes dilahap si jago merah. Akibat kejadian itu, korban

PLN Cabang Bima Jelaskan Pungutan Admin Bank Rp1. 600

Kota Bima, Garda Asakota.-
PT. PLN (Persero) Wilayah NTB Cabang Bima mulai tahun 2011 telah mencanangkan sistem pembayaran rekening melalui pihak ketiga yakni Bank Bukopin, BNI dan PT. Pos Indonesia. Menanggapi keluhan pelanggan yang mempertanyakan adanya pungutan administrasi Bank sebesar Rp1.600 setiap pembayaran tagihan listrik, pihak PLN Cabang Bima melalui Asisten

Biaya Prona Dipungut Rp250 ribu, Melanggar

Kota Bima, Garda Asakota.-
Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bima tahun 2011 mendapatkan alokasi Program Nasional (Pronal) pembuatan sertifikat tanah sebanyak 1. 950 bidang yang akan dialokasikan kepada sembilan kelurahan yang ada dilingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bima yakni kelurahan Matakando 400 bidang, Jatibaru (250), Manggemaci (200), Penatoi (200).

Laptop Milik Inspektorat, Dikembalikan

Kota Bima, Garda Asakota.-
Barang inventaris milik Inspektorat Kota Bima berupa sebuah lap-top yang diperbaiki beberapa waktu lalu di sebuah toko Komputer di seputaran Kelurahan Penaraga Kota Bima, akhirnya dikembalikan setelah sempat dibawa kabur oleh oknum Krn.

Baharudin Duta Gerindra Sumbang Pipa Air Bersih

Mengintip Masa Reses Anggota DPRD Dapil I Kabupaten Bima

Bolo, Garda Asakota.-
Menyikapi keluhan warga masyarakat desa Mbawa Dusun Mangge yang mengalami kekurangan air bersih, Baha ruddin Ishaka, anggota DPRD Kabupaten Bima utusan Partai Gerindra Dapil-1, langsung menyerahkan bantuan 200 batang pipa sebagai salah satu bahan untuk mengalirkan air bersih dari sumbernya yang berjarak sekitar 2 km.

Siswa SDN-1 Sila Ukir Prestasi di Lomba Pasiad Matematika



Bolo, Garda Asakota.-
Bersaing dengan ‘1.750 siswa se-Provinsi NTB dalam lomba Pasiad Matematika tingkat SD/MI wilayah III se-Indonesia di Kecamatan Woha Kabupaten Bima 11 Desember 2010 lalu, dua orang siswa dari SDN-1 Sila, Umu Hanif Haeriah dan Isrin Yus Fauziah, dinyatakan lolos melangkah ke babak selanjutnya yang akan diseleksi pada tanggal 19 Februari mendatang, di SMP 6 Kota Bima.

Jelang HUT ke-99 AJB Bumi Putera Gelar Donor Darah



Kota Bima, Garda Asakota.-
Sebanyak 35 karyawan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumi Putera 1912 menggelar kegiatan donor darah bekerjasama dengan pihak RSUD Bima sekitar pukul 10:00 wita, Kamis (10/2).

Maksimalkan Pelayanan, Petugas KPPT Turun Lapangan



Kota Bima, Garda Asakota.-
Demi meningkatkan mutu dan pelayanan terhadap publik, jajaran Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Bima menyatakan kesiapannya untuk bekerja secara maksimal dalam menunjang pelayanan dan kelancaran kepentingan publik dalam hal mengurus maupun mengelola surat ijin usaha.

Abdulah Karampi: Pilih Kampus yang Jelas Statusnya

Bima, Garda Asakota.-
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima, Abdulah Karampi, S. Ag, mewanti-wanti kepada para siswa yang lulus Sekolah Tingkat Atas (SMA) nantinya, agar dapat memilih Perguruan Tinggi (PT) yang sudah jelas statusnya. Pernyataan ini dikemukakannya menyikapi keberadaan PT di Kabupaten dan Kota Bima, yang terindikasi belum jelas legalitas formalnya.

Kasek SDN-9 Sila Akui Pesan Buku Surat Yasin

Bolo, Garda Asakota.-
Kepala SDN-9 Sila Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Dra. Hj. Siti Chadidjah H. Anwar, mengakui adanya pemesanan untuk pembelian buku Yasinan sebanyak 250 buku kepada salah satu Penerbit dengan harga Rp15.000/eks. Menurutnya, pengadaan buku Yasinan ini sangat berguna untuk mendukung kegiatan Imtaq yang dilakukan tiap hari Jumat sebelum pelajaran dimulai.

SMPN-1 Woha Wakili Lomba Matematika PASIAD Nasional



Bima, Garda Asakota.-
Duta dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri-1 Woha Kabupaten Bima, mendapat kesempatan mengutus tiga orang siswanya untuk mengikuti lomba Matematika PASIAD tingkat Nasional pada 19 Februari 2011.

Tanggul DAM Jatiwangi Rusak Dihantam Banjir



Dinas PU Diminta Turun Tangan

Kota Bima, Garda Asakota.-
Tanggul DAM Jatiwangi Kecamatan Asakota Kota Bima mengalami kerusakan cukup parah ketika dihantam banjir yang melanda, Rabu (9/2). Ambruknya tanggul yang berdempetan dengan pemukiman warga ini justru akan semakin

STKIP Taman Siswa Lepas 260 Mahasiswa KKN

Woha, Garda Asakota.-
Setelah menjalani masa pembekalan selama tiga hari (5-7/2) seluruh mahasiswa STKIP Taman Siswa dari lima jurusan yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) akhirnya secara resmi dilepas oleh Ketua Yayasan, Drs. H. Sudirman Ismail, Rabu (9/2).
Sebelum melepas mahasiswanya, H. Sudirman, berpesan agar dalam menjalani kegiatan KKN nantinya para mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata di tengah-tengah masyarakat

Sebanyak 300 KK Korban Bencana Banjir Terima Bantuan



Bima, Garda Asakota.-
Sebanyak 300 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Sape dan Lambu yang mengalami musibah bencana banjir beberapa waktu lalu menerima bantuan tanggap darurat dari Pemkab Bima, Penyerahannya dilakukan Kamis (10/2) di Gedung Paruga NaE Sape.

Rabu, 09 Februari 2011

Lima Hari Menghilang Mayat Ruslan Ditemukan

Ribuan Warga Hadiri Pemakaman



Bima, Garda Asakota.-
Ruslan, SH, satu dari lima korban terseret banjir arus DAM Wombo Ncera Kecamatan Belo Kabupaten Bima, sekira pukul 23. 00 Wita Senin malam (7/2), akhirnya ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa di sekitar areal DAM setempat.

PN Raba Bima Gagal Eksekusi Tanah Warga

Bima, Garda Asakota.-
Keputusan Hakim Pengadilan Negeri (PN) kelas I B Raba Bima untuk mengeksekusi sebidang tanah di Desa Penapali Kecamatan Woha Kabupaten Bima, gagal dilakukan, Senin (7/2). Pasalnya, obyek tanah yang hendak dieksekusi bukan milik tergugat, Ahmad Ilyas.

Ikbal: Rehab Proyek PKM Wera, Sesuai RAB

Wera, Garda Asakota.-
Pelaksanaan pekerjaan proyek rehab gedung Pusat Kesehatan Masya¬rakat (PKM) Kecamatan Wera yang diduga dikerjakan asal-asalan, justru diakui oleh kontraktor pelaksana sudah sesuai dengan RAB, bahkan fisiknya sudah melebihi volume.
“Kami kerjakan sesuai volume dalam RAB maupun kontrak kerja,” ujar pelaksana proyek dari CV. Garuda, Ikbal, kepada warta¬wan, Selasa (8/2), menanggapi sinya¬lemen pekerjaan rehab PKM Wera yang tidak sesuai bestek.

Banjir, Rusak Sejumlah Fasilitas Umum di Wera


Wera, Garda Asakota.-

Bencana alam berupa banjir yang melanda Kecamatan Wera Kabupaten Bima selain mengakibatkan sejumlah areal persawahan rusak total, juga me¬rusak sejumlah fasilitas umum lainnya seperti DAM dan sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Bala-Nunggi, yang mengalami longsor pada bagian talut fondasi.
Camat Wera, Sulfan Akbar, S. Sos, yang dimintai tanggapannya

Walikota: Waspadai Cuaca Ekstrim


Kota Bima, Garda Asakota.-

Walikota Bima, M. Qurais H. Abidin, mengingatkan warganya untuk selalu waspada pada kondisi cuaca yang tidak menentu dan cenderung ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini.
Menurutnya, ancaman banjir dan longsor, akan sangat rawan terjadi, terlebih lagi pada kawasan pemukiman penduduk yang berdekatan dengan bukit sebagaimana

Banjir, Kagetkan Warga Desa Bugis



Sape, Garda Asakota.-
Hujan deras yang mengguyur Desa Bugis Kecamatan Sape Kabupaten Bima hingga menjelang pukul 18.00 wita Jumat (5/20) menyebabkan terjadinya banjir besar. Akibatnya, puluhan rumah dan ratusan tambak warga, terendam, terutama di dua dusun desa Bugis yaitu dusun Langgar Selatan dan dusun Kampung Baru bagian Selatan. Banjir yang datang tiba-tiba itu, diduga berasal dari luapan air DAM Diwu Moro Desa Sumi Kecamatan Lambu.

MIS Soro, Jalin Kerjasama dengan Warga


Abdul khalik

Sape, Garda Asakota.-
Sejak hadirnya Kepala Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Desa Soro Kecamatan Lambu, Abdul Khalik, S. Pdi, sudah banyak terobosan kegiatan yang dilakukannya demi upaya pening¬katan mutu pendidikan di sekolahnya itu.

Motor Curian Milik Polisi, Ditemukan di DAM Pela Parado



Kota Bima, Garda Asakota.-
Sepeda motor milik Kabagmin Polres Bima, AKP. Kasman, yang beberapa waktu lalu dicuri di halaman rumahnya BTN Tolotongga Kecamatan Asakota Kota Bima, berhasil ditemu¬kan secara tidak sengaja oleh beberapa orang warga di DAM Pela Parado Kecamatan

Korban Gempa Masih Persoalkan Penarikan Bantuan

Kota Bima, Garda Asakota.-
Kasus penarikan sejumlah bahan bantuan material yang terlanjur dibe¬rikan kepada Mahmudin, warga Rt.15/Rw.06 lingkungan Tolobali Kelurahan Sarae Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima, masih dipersoalkan. Mahmudin merupakan salah satu warga yang tecatat sebagai korban gempa bumi berdasarkan SK dari Pemkot Bima tahun 2009 silam.

Kantor Ekspor Ikan Nyaris Digasak Maling

Kota Bima, Garda Asakota.-
Kantor pengekspor ikan yang ber¬lokasi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) lingkungan Sumbawa Kecamatan Rasa¬nae Barat Kota Bima, nyaris digasak maling sekira pukul 22. 00 Wita, Senin (7/2). Asisten Pimpinan kantor asal Korea Selatan tersebut, Yoga, mencerita¬kan bahwa kejadian tersebut berawal ketika dirinya bersama pimpinan, Mr. Choi, jalan-jalan menikmati suasana Kota Bima. Sebelum meninggalkan kantor, dirinya sempat mengunci pintu maupun setiap ruangan kantor untuk menjaga keamanan.

Ratusan Warga Baralau Minta Kades Undur Diri

Tuntut Transparansi Dana KF

Bima, Garda Asakota.-
Karang Taruna (KT) Ncuhi Desa Baralau Kecamatan Monta Kabupaten Bima beserta ratusan warga lainnya menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Desa setempat, Senin (8/2). Mereka menuntut agar Kades segera turun dari jabatannya, karena diduga tidak jelas menggunakan dana Keak¬saraan Fungsional (KF) Bantuan Propinsi NTB tahun anggaran, 2009-2010-2011 sebesar Rp30 juta.

STKIP Taman Siswa Gelar Pembekalan KKN

Woha, Garda Asakota.-
Sekitar 247 mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima, mengikuti acara pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama tiga hari, Sabtu hingga Senin (5-7/2). Kegiatan pembekalan yang dipusatkan di aula kampus ini, mahasiswa digenjot dengan berbagai materi diantaranya wawasan akademik, wawasan sosial kemasyarakatan dan wawasan metodelogis.

Warga Ncera Buka Jalan Ekonomi

Woha, Garda Asakota.-
Untuk mengantisipasi kesulitan angkutan hasil panen di so Tolo Raba Desa Ncera Kecamatan Belo Kabu¬paten Bima, sejumlah warga Ncera mebuka jalan ekonomi sepanjang 3km.
Kepala Desa (kades) Ncera, A Rahman, kepada Garda Asakota, mengatakan, pembukaan jalan ekonomi tersebut sudah menjadi janji politiknya dulu sebelum jadi Kades.

Kota Bima Dilanda Banjir



Kota Bima, Garda Asakota.-
Dampak dari cuaca ekstrim dan tinggi-nya curah hujan yang meng¬guyur wilayah Kota Bima beberapa hari terakhir. Puncaknya, ketika curah hujan yang terus melanda sekira pukul 02:00 Wita hingga pukul 05:11, dini hari Rabu (9/2), menyebabkan banjir yang cukup besar di sungai Jatibaru-Jatiwangi Kecamatan Asakota Kota.

Walikota: HMI Punya Sumbangsih Besar




Kota Bima, Garda Asakota.-

Momentum Dies Natalis ke-64 HMI kiranya dapat mempererat sinergis antara pemerintah dan keluarga besar HMI, karena disadari bahwa sum¬bangsih yang telah diberikan oleh HMI dalam membangun Daerah, Bangsa dan Negara,

Kaki Tangan Koruptor

Oleh Rafika, S.Pd
Korup itu artinya buruk, rusak, atau suka menyelewengkan kepercayaan yang diberikan untuk kepentingan pribadi. Koruptif berarti bersifat korupsi. Koruptor adalah orang yang terlibat dalam korupsi. Sedangkan korupsi adalah penyelewengan uang Negara untuk keuntungan pribadi dan orang lain.

Selasa, 08 Februari 2011

Pelanggan PLN Keluhkan Pungutan Admin Bank Rp1. 600



Bima, Garda Asakota.-
Para pelanggan PT. PLN Wilayah NTB Cabang Bima mempertanyakan pungutan adiministrasi bank (admin bank) yang tertera di rekening tagihan listrik sebesar Rp1.600 sejak Januari 2011. Sebagaimana diungkapkan oleh Penasehat ITK (Institut Transparansi Kebijakan) NTB Korda Bima, Al-Imran,

Banjir DAM Ncera Tewaskan Enam Orang


Bima, Garda Asakota.-

Naas dialami keluarga besar pasangan Ruslan, SH-Nining warga Kelurahan Rabangodu Selatan Kota Bima, sekira pukul 13. 30 Wita, Kamis lalu (3/2), menjadi korban terseret banjir yang datang secara tiba-tiba di DAM Wombo Ncera Kecamatan Belo Kabu¬paten Bima. Berdasarkan informasi yang dihimpun Garda Asakota, mengisi hari libur Imlek 3 Februari 2011,

Tender Proyek Pengadaan Pangan SP5, Disorot

Bima, Garda Asakota.-
Proses tender pengadaan pangan non-beras senilai Rp500.347 juta untuk SP5 di Disnakertrans Kabupaten Bima disinyalir sarat penyimpangan admini¬strasi dan ada indikasi kuat untuk memanangkan salah satu perusahaan tertentu. Salah satu indikasinya adalah proses evaluasi yang memakan waktu sebulan, padahal pembukaan pena¬waran proyek tersebut dilakukan sejak akhir Desember lalu.

Proyek Tahun 2008, Atap Gedung SMAN-2 Wera, Nyaris Rubuh

Wera, Garda Asakota.-
Pembangunan empat lokal gedung SMAN-2 Wera tahun 2008 lalu, saat ini hanya tiga local saja yang bisa di¬manfaatkan untuk kegiatan KBM siswa. Sedangkan satu lokal ruangan¬nya tidak bisa dimanfaatkan lagi sejak bulan Desember lalu karena bagian atap gedung sekolah tersebut hampir rubuh.
Kepala SMAN-2 Wera, Dra. Siti Raodah, yang dimintai tanggapannya mengakui peristiwa nyaris rubuhnya atap satu lokal ruangan KBM di Bagian Utara sekolahnya itu akibat hujan lebat yang mengguyur akhir Desember lalu.

Diduga Rehab Proyek PKM Wera Tidak Sesuai Bestek


Wera, Garda Asakota.-

Proyek rehab gedung Pusat Kese¬hatan Masyarakat (PKM) Kecamatan Wera diduga dikerjakan asal-asalan oleh kontraktor dari CV. Garuda, Ikbal. Proyek dengan anggaran lebih kurang Rp190 juta ini sebenarnya sudah di¬serah-terimakan sejak bulan Desember 2010 lalu, dalam pelaksanaannya proyek tersebut masih ada yang belum diker¬jakan seperti plafon keliling

Idealnya, Ngali Harus Dimekarkan Jadi Empat Desa


Bima, Garda Asakota.-

Aspirasi pemekaran Desa Ngali sebagaimana dilontarkan oleh warga Desa Ngali Kecamatan Belo khususnya warga di Dusun Lewi sebagaimana dilansir Garda Asakota sebelumnya, men¬dapat dukungan penuh dari bebe¬rapa elemen masyarakat setempat.
Bila sebelumnya, Muslimin, S. Pd, hanya mengaspirasikan pemekaran Du¬sun Lewi saja, namun warga Desa Ngali lainnya, Hamdan, justru menuntut agar pemekaran Desa Ngali idealnya da¬pat memekarkan menjadi empat Desa.

Kepala MA Darul Hikmah Tente Akui Proyek Lebihi Bestek




Woha, Garda Asakota.-

Proyek pembangunan Ruangan Kegiatan Belajar (RKB) Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tente-Woha yang dibangun sejak bulan Nopember lalu, akhirnya rampung. Saat ini, proyek yang dikerjakan dengan dana Rp180 juta itu, sudah bisa dipakai untuk kegiatan belajar mengajar.
Kepala MA Darul Hikmah, H. Sah¬lani, S. Ag, kepada Garda Asakota mengaku pekerjaan proyek tersebut dikerjakan sesuai Rancangan Anggaran Bangunan (RAB). “Bangunan yang seharusnya untuk bagian atas, kami pakai kayu nomor satu, yakni kayu jenis Jati sementara dalam RAB itu digu¬nakan jenis kayu biasa, seperti kayu banjar, mahuni dan monggo,” katanya.

Antisipasi Meluasnya DBD, Kades Harapkan Saluran Irigasi

Woha, Garda Asakota.-
Proyek pembangunan Ruangan Kegiatan Belajar (RKB) Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tente-Woha yang dibangun sejak bulan Nopember lalu, akhirnya rampung. Saat ini, proyek yang dikerjakan dengan dana Rp180 juta itu, sudah bisa dipakai untuk kegiatan belajar mengajar.
Kepala MA Darul Hikmah, H. Sah¬lani, S. Ag, kepada Garda Asakota mengaku pekerjaan proyek tersebut dikerjakan sesuai Rancangan Anggaran Bangunan (RAB). “Bangunan yang seharusnya untuk bagian atas, kami pakai kayu nomor satu, yakni kayu jenis Jati sementara dalam RAB itu digu¬nakan jenis kayu biasa, seperti kayu banjar, mahuni dan monggo,” katanya.

Raperda RTRW Siap Diajukan Ke DPRD

Bima, Garda Asakota.-
Penataan ruang Kabupaten Bima sendiri bertujuan untuk mewujudkan Kabupaten Bima sebagai kawasan pengembangan agrobisnis berbasis per¬tanian, peternakan, agroindustri berba¬sis perikanan, dan wisata bahari.
Sedikitnya ada sembilan (9) strategi penataan ruang wilayah yang dite¬tapkan dalam draft rancangan Perda RTRW Kabupaten Bima.

Anggota Dewan Dapil III Siap Perjuangkan Aspirasi Warga



Bima, Garda Asakota.-
Mendengarkan dan menyerap aspirasi masyarakat sudah menjadi tugas anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bima. Hal itu terungkap ketika sembilan (9) anggota DPRD dari Dapil III Kabupaten Bima menggelar pertemuan di aula kantor Kecamatan Belo, Rabu (2/2).

Sejumlah Sekolah di Woha Gelar Sosialisasi UN

Bima, Garda Asakota.-
Madrasah Aliyah Darul Hikmah Tente (MA-DHT) Kecamatan Woha Kabupaten Bima menggelar sosialisasi Ujian Nasional (UN) baik kepada para siswa maupun kepada para wali murid. Kegiatan ini diharapkan dapat men¬dongkrak nilai standar kelulusan.
“Mengingat Ujian Nasional sebentar lagi akan dihadapi siswa, kami mela¬kukan sosialisasi untuk memberikan pengarahan terhadap wali murid. Ini dimaksudkan agar

LPI Sape Jaring Pemain Berbakat

Sape, Garda Asakota.-
Liga Pendidik Indonesia (LPI) Kecamatan Sape Kabupaten Bima mengadakan pertandingan sepakbola antar pelajar tingkat SMA/MAN dan SMP/MTS sejak tanggal 24 Januari hingga 2 Februari 2011, yang dipusatkan di lapangan Putih Desa Sangia.
Final pertandingan berhadapan an¬tara club SMAN-3 dengan club SMAN-1 Sape. Pantauan langsung wartawan, pertandingan kedua kesebelasan ber¬jalan aman, lancar, dan tertib.

Disnak Kabupaten Bima Terus Tingkatkan Kinerja

Bima, Garda Asakota.-
Munculnya cuaca dan iklim yang saat ini sering berubah- ubah menye¬babkan para petani maupun peternak mengalami dilema untuk mengembang¬kan usahanya, Dinas Peternakan (Dis¬nak) Kabupaten Bima terus berupaya melakukan terobosan dan meningkatkan kinerja demi melayani masyarakat yang bergerak dalam usaha petani dan peter¬ nakan. Kadisnak Kabupaten Bima, Ir. H. Abdurahman HM, mengungkapkan bahwa, saat ini program yang dilakukan oleh pihaknya adalah

Rahmatullah: Rentenir Marak, Solusinya Berkoperasi

Bima, Garda Asakota.-
Paling gampang sebenarnya me¬minjam uang di koperasi. Hanya saja penuhi hak dan kewajiban sebagai ang¬gota koperasi. Apalagi sekarang kope¬rasi tidak sama seperti koperasi yang dulu. “Kini Undang-undang Koperasi No. 25/1992 menyebutkan koperasi tidak hanya an-sich sosial semata, teta¬pi koperasi bisa mencapai target-taregt profit, “profit ini tentu akan kembali di¬nikmati oleh para anggota¬nya,” demi¬kian dikatakan, Rahmatullah, SH,

Sebulan Uang Sertifikasi Guru Tahun 2010, Belum Terbayar

Bima, Garda Asakota.-
Beberapa orang guru yang enggan dikorankan namanya mempertanyakan sisa satu bulan uang sertifikasi tahun 2010 lalu yang belum dibayarkan oleh pemerintah. Menurutnya, di Kabupaten Bima jumlah penerima dana sertifikasi kurang lebih 1. 000 orang.
“Uang serti¬fikasi satu bulan penuh belum terbayar, kami tidak tahu apakah uang itu sudah dikirim oleh pusat atau tidak,” ungkap sumber guru kepada Garda Asakota, belum lama ini.

Kamis, 03 Februari 2011

Gila Hormat


Oleh Rafika,S.Pd


Seringkali
kita memberikan hormat kepada Bos kita, rekan kerja yang lebih tua, sejawat yang sederajat, atau orang yang menurut kita pantas dan layak untuk dihormati. Model pemberian hormat itu dengan menganggukan kepala, dengan sedikit menbungukkan badan, suara yang dipermanis disertai cengkokan, atau seulas senyum manis penuh makna dan sarat tanda tanya.
Kapan moment seremonial itu ada ? kapan saja dan di mana saja. Yang penting ada objek dan subjek ! Rasa hormat itu sudah di-Stel, direkam , tinggal diputar, maka beraksilah rentetan narasinya. Sederhana tetapi pasti, karena memang sudah pakarnya.

Rabu, 02 Februari 2011

Ketua dan Wakil Ketua Pansus Beda Pendapat

Sikapi Pembelian Tanah di Jl. Datuk Dibanta




Kota Bima, Garda Asakota.-

Dua belas (12) orang anggota DPRD Kota Bima yang tergabung da¬lam Panitia Khusus (Pansus) Kun¬jungan Kerja (Kunker) DPRD Kota Bima meng¬gelar pembahasan khusus me¬nyang¬kut sejumlah program pemerintah kota (Pemkot) Bima selama tahun 2010 disejumlah satuan kerja pemerintah daerah (SKPD). Inti pembahasannya adalah menyangkut proses evaluasi program-program pemerintah yang telah dilaksanakan pada tahun anggaran 2010 lalu. “Jadi penekanannya bukan Pansus

Saat Diservice, Laptop Milik Inspektorat Diduga Dibawa Kabur

Kota Bima, Garda Asakota.-
Oknum warga Kota Bima ditengarai telah membawa kabur sebuah laptop milik kantor Inspektorat Kota Bima. Seorang sumber yang tidak ingin disebut namanya kepada Garda Asakota meng¬ungkapkan bahwa, awalnya barang inventaris tersebut diperbaiki di sebuah toko Komputer yang berada di seputaran Penaraga Kota Bima dengan biaya perbaikan sebesar Rp2,5 juta.

Penolakan Perpanjangan Jabatan Sekda, Menguat

Ada Staf Ahli, Potensinya “Dibunuh”

Bima, Garda Asakota.-

Sekitar Maret mendatang tepatnya tanggal 22, Drs. H. Masykur HMS., yang juga merupakan seorang Sekre¬taris Daerah (Sekda) Kabupaten Bima akan memasuki usia pensiun sesuai dengan batas usia pensiun yakni umur 56 tahun berdasarkan PP 32 tahun 1979.
Akan tetapi, secara normative ber¬dasarkan ketentuan Peraturan Peme¬rintah (PP) Nomor 65 tahun 2008 yang merupakan revisi atas PP Nomor 32 tahun 1979 tentang Pemberhentian PNS menyatakan bahwa batas perpan¬jangan usia pensiun sampai

Ribuan Warga Lambu Demo Tolak PT. SMN

Lambu, Garda Asakota.-
Sekitar 1.500 massa aksi demontrasi yang datang dari berbagai desa se-Kecamatan Lambu, Senin (31/1), mendatangi kantor kecamatan Lambu untuk menyuarakan penolakan hadir¬nya Perusahaan Sumber Mineral Nusantara (PT. SMN) di Kecamatan Lambu Kabupaten Bima. Massa secara tegas menolak masuknya pertambangan SMN yang ada di dusun Baku Desa Sumi karena dianggap tidak memiliki keuntungan bagi warga Lambu.

Warga Bolo Demo Keberadaan Tower Telepon Selular



Bolo, Garda Asakota.-
Di damping oleh puluhan warga desa Kananga yang berdomisili di sekitar Tower/jaringan telepon seluler, Front Rakyat Menggugat yang dipimpin oleh Syarief BimBim, sebagai koodinator lapangan (Korlap), Selasa kemarin (1/2) menggelar aksi demo di depan kantor Camat Bolo.

Merasa Diancam, Wartawan Lapor Polisi


Bolo, Garda Asakota.-

“Selesai saya meliput aksi demo warga desa Kananga di depan kantor Kacamatan Bolo, saya ke kantor Keca¬matan Bolo untuk konfirmasi berita kedatangan Mahasiswa STKIP Bima dan saat itu saya dipanggil oleh Musli¬min,S.Sos. Sekcam Bolo dan beliau menanyakan kepada saya berita apa saja yang akan ditulis, apa termasuk berita demo?. “Bukan termasuk lagi pasti jawab saya,” jelas Titus Aryanto, wartawan salah satu media di Kabu¬paten Bima ketika mendatangi Biro Bolo
Garda Asakota, Selasa (1/2).

Terminal Paji Sape, Benahi Administrasi

Sape, Garda Asakota.-
Terminal paji sape yang berdiri kokoh dan megah sejak Agustus 2008 nampaknya mulai membenahi diri se¬cara administrasi. Kepala PLT UPTD Terminal Bus Paji Sape, Fathurrahman, S.Sos, kepada wartawan mengatakan bahwa sekarang ini pihaknya sedang membanahi diri secara administrasi karena terminal dianggap akan lebih sempurna jika administrasinya bagus.

Rekrutmen Tenaga Sukarela Dinilai Tidak Mendidik

Gubernur Tegaskan Tidak Ada Lagi Honda


Bolo, Garda Asakota.-
Membengkaknya tenaga sukarela yang direkrut oleh Pemkab Bima, dinilai oleh Ir. Ahmad H. Hasan, anggota DPRD Kabupaten Bima utusan Partai Pelopor, dinilai kurang mendidik masyarakat dan terkesan terlalu mengiming-imingi masyarakat untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dua Warga Belo Terjangkit Penyakit DBB

Woha, Garda Asakota.-
Demam berdarah mulai menyerang warga di Kecamatan Palibelo Kabupa¬ten Bima. Hal itulah yang dialami dua warga Dusun Padolo Desa Belo Kecamatan Palibelo, M. Tayeb Hasan (65) dan Triayati Putri (8).
Banyaknya genangan air di pemuki¬man warga telah menjadi wadah yang bagus bagi berkembangnya jentik nyamuk. Kondisi ini diperparah dengan banyaknya barang-barang bekas yang berserakan hingga diduga kedua warga tersebut terjangkiti Virus Aedes Aigypti.

Pengadaan Lele Juga Dibidik Pansus Kunker

Kota Bima, Garda Asakota.-
Selain membidik program pembelian tanah plus bangunan milik H. Ramli Yusuf, Panitia Khusus (Pansus) Kun¬jungan Kerja (Kunker) DPRD Kota Bima juga merespon adanya desas-de¬sus menyangkut dugaan penyimpangan di tubuh Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kota Bima dalam Program Pengadaan Lele Dumbo untuk Pember¬dayaan Kelompok yang bersumber dari dana hibah APBN Pusat Tahun Anggaran (TA) 2010 sebesar Rp490 juta, dengan melakukan pemanggilan Kadis Diskanlut Kota Bima dan Pejabat Pembuat Komitmennya.

Warga Ngali Tuntut Pemekaran Desa

Bima, Garda Asakota.-
Sejumlah warga Desa Ngali Keca¬matan Belo, khususnya warga di Dusun Lewi mengharapkan kepada Pemerin¬tah Daerah agar desa tersebut dimekar¬kan, karena syarat penduduk sudah memenuhi syarat. Muslimin, S. Pd (35) warga Dusun Lewi, kepada Garda Asakota, mengungkapkan bahwa Desa Ngali saat ini memiliki jumlah pemilih sebanyak 4. 500 KK,

Dikeluhkan, Tumpukan Sampah di Batasan Woha-Belo



Woha, Garda Asakota.-
Warga di Kecamatan Woha-Belo mengeluhkan tumpukan sampah yang menggunung di perbatasan dua wilayah tersebut. Pasalnya, bau yang menyengat dan sampah kering yang berhamburan di jalan raya membuat risih warga yang melintasi di jalur tersebut.
Fatimah (47) warga Desa Nisa Kecamatan Woha, kepada Garda Asakota mengeluhkan hal tersebut. “Sangat mengganggu kenyamanan, karena sampah yang dibuang sudah membusuk dan aromanya malah masuk ke dalam rumah,” akunya.

Duta PAN, Berkunjung dari Desa ke Desa

Madapangga, Garda Asakota.-
Sementara itu, kepada wartawan Garda Asakota, Muhammad Hasan, salah satu anggota DPRD Kabupaten Bima dari Partai Amanat Nasional (PAN) menjelaskan bahwa kegiatan resesnya mulai dari hari pertama me¬masuki masa reses hingga Selasa kema¬ rin (1/2) sudah delapan desa yang telah dikunjungi oleh dirinya.

Mengintip Masa Reses Anggota DPRD Dapil I Kabupaten Bima

Selain Jaring ‘Asmara’, Ir. Ahmad Fokus Beri Bantuan

Bolo, Garda Asakota.-

Mengisi kegiatan masa resesnya, duta Partai Pelopor di DPRD Kabupa¬ten Bima, Ir. Ahmad H. Hasan, selain menjaring aspirasi masyarakat (asmara) juga menfokuskan pada kegiatan pem¬berian bantuan kemasyarakatan berda¬sarkan permintaan yang selama ini di¬sampaikan kepadanya.