Sabtu, 16 April 2011

Diduga Calo, Oknum PNS Kota Bima Ditahan

Kota Bima, Garda Asakota.-
Polisi menahan BS (35-thn), staf Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima. Dia ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penipuan CPNSD tahun 2009 senilai Rp1,6 Milyar.
Kapolresta Bima, AKBP. Kumbul KS, SIK, kepada sejumlah wartawan menjelaskan bahwa, kasus dugaan penipuan dan penggelapan ini terkuak berdasarkan adanya laporan dari enam orang korban dengan modus pelaku menjanjikan SK CPNS pada tahun 2009 silam.

Pelaku Pengerusakan KOPMA STKIP Bima Resmi Ditahan

Kota Bima, Garda Asakota.-
Kasus dugaan pengerusakan Kope¬rasi Mahasiswa (KOPMA) STKIP yang dilakukan oleh oknum ma¬ha¬siswa usai melakukan aksi demo di depan kantor Bupati Bima Senin (11/4). Kini secara resmi sudah ditahan di Mapolres¬ta Bima. Kapolresta Bima, AKBP. Kum¬ bul KS, SIK, kepada se¬jum¬lah war¬ta¬wan menjelaskan bahwa kasus dugaan pengerusakan KOPMA STKIP

Korban Penganiyaan Pertanyakan Kasusnya Bolak-balik Jaksa

Woha, Garda Asakota.-
Penanganan kasus dugaan pengania¬yaan dengan nomor laporan LP/01/120¬11/P.NTB/RES BIMA/SEK-WOHA pada tanggal 3 Januari lalu, dikeluhkan oleh pihak korban, Arahmawati. Pasal¬nya, berkas kasus tersebut tercatat sudah tiga kali dikembalikan oleh pihak Kejaksaan Negeri Raba atau di P-19 lantaran belum memenuhi unsur dan harus dilengkapi kembali. “Padahal menurut pihak Polsek Woha (penyidik, red) berkas kasus yang saya alami sudah lengkap, tapi menurut jaksa yang menangani kasus tersebut belum leng¬kap. Akibatnya berkas kasus tersebut mandek dan sampai sekarang belum dikirim kembali ke Kejaksaan,” keluh¬nya kepada wartawan, Kamis (14/4).

Pemkab Bima Serahkan Bantuan Material Bangunan di Ambalawi

Ambalawi, Garda Asakota.-
Kunjungan kerja Bupati dan Wakil Bupati Bima di Kecamatan Ambalawi Kamis (14/4) selain dimanfaaatkan un¬tuk memberikan pembinaan kepada para PNS tenaga pendidik dan kependi¬dikan lingkup Kecamatan Ambalawi. Pemerintah Kabupaten Bima mela¬lui Wakil Bupati Drs. H. Syafrudin H.M.Nur,

Jelang UN, Siswa MAN-1 Bima Adakan Do’a dan Perenungan

Kota Bima, Garda Asakota.-
Seluruh siswa kelas XII MAN-1 Kota Bima yang berjumlah 278 orang, Kamis kemarin (15/4), mengikuti ke¬giatan perenungan dan do’a di halaman sekolah setempat. Para siswa dari tiga jurusan itu (IPA, IPS, dan Bahasa) adalah yang akan mengikuti Ujian Nasional tanggal 18-21 April menda¬tang. “Kami adakan kegiatan semacam ini guna mempersiapkan diri baik mental dan spirit agar lebih mantap dan siap menghadapi Ujian Nasional,” ujar Kepala MAN-1 Kota Bima, Drs. Abdul Haris, M. Pd, kepada wartawan.

Dikpora Woha Mantapkan Persiapan UAS dan UAN

Bima, Garda Asakota.-
Unit Pelaksana Tehnik (UPT) Dikpora Kecamatan Woha , menggelar rapat pemantapan menghadapi Ujian Akhir Nasional (UAN) di aula kantor UPT Dikpora setempat, Rabu (14/4). Rapat ini dihadiri seluruh kepala sekolah tingkat SD se-kecamatan Woha.
“Salah satu tujuan digelarnya rapat ini adalah dalam rangka pemantapan kesiapan menghadapi Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN) yang akan digelar dalam waktu dekat.

Desa Kuta Andalkan Keberhasilan Pendidikan

Bima, Garda Asakota.-
Menghadapi kegiatan Lomba Desa tahun 2011, Desa Kuta Kecamatan Lambitu Kabupaten Bima tidak terlalu muluk-muluk mengharapkan juara. “Cukup masuk 10 besar saja kami sudah senang,” Demikian dikatakan, Drs. Jumhur Fadil, Kades Kuta Keca¬matan Lambitu, di sela-sela penilaian Lomba Desa, Rabu (13/4).

Suntikan Dana ke Bank BPR Pesisir Akbar Capai Rp10 Milyar

Kota Bima, Garda Asakota.-
Dalam rangka mengembangkan dan memajukan eksistensi Bank Bank Pesisir Akbar (BPR) Kabupaten Bima menjadi salah satu bank yang maju pesat, maka harus dilakukan langkah-langkah penting maupun terobosan lainnya.
Direktur Utama (Dirut) Bank BPR Pesisir Kabupaten Bima, H. Zas’ Ari H. Zainudin, SE, kepada Garda Asakota mengaku, upaya pihaknya ke arah itu antara lain dengan mencari sumber dana di luar Bima seperti membuka kerjasa¬ma dengan lembaga keuangan lainnya.

Korban Meninggal Tersengat Listrik Dapat Santunan

Garda Asakota, Kota Bima,-
Abd. Hamid M. Sidik (45-thn), warga Rt. 09/Rw.04 lingkungan Ranggo Kelurahan Nae Kecamatan Rasanae Barat yang menjadi korban tersengat listrik di lantai 4 kantor Bank BPR Pesisir Akbar Cabang Bima pada selasa malam (12/4), mendapat bantuan berupa santunan dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kabupaten Bima.

Sosialisasi KUR, Penjabaran Visi Gubernur NTB

Bima, Garda Asakota.-
Prorgam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi sektor mikro dan kecil tidak terlepas dari visi dan misi Gubernur NTB dalam mewujudkan masyarakat yang beriman dan berdaya saing. Program ini mengedepankan investasi dengan prinsip pembangunan berkelanjutan yang tertuang dalam RPJD provinsi NTB melalui percepatan pembangunan tahun ke-2 dengan menumbuhkan 100 ribu wirausaha seluruh NTB dan 2.000 koperasi yang berkualitas di seluruh Kabupaten dan Kota di NTB.

Diindikasi, Banyak Guru Tercover Lagi dalam Sertifikasi

Bima, Garda Asakota.-
Sekitar 1.800 lebih guru yang ter¬cover dalam sertifikasi guru se-Kabu¬paten Bima tahun 2010-2011 dikeluhkan keberadaannya oleh sejumlah guru yang belum tercover menjadi guru sertifikasi. Pasalnya dari 1.800 guru yang sudah tercover tersebut diduga banyak terdapat nama-nama yang sudah mendapatkan sertifikasi sebelumnya (nama yang sudah terjaring sertifikasi, keluar kembali).

Baru 10 Desa yang Sampaikan Dokumen LKPJ

Bima, Garda Asakota.-
Sebagai pejabat politik harusnya kepala desa menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) kepada masyarakat melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam forum rapat resmi. Kenyataan¬nya, dari 168 baru 10 desa yang menyam¬ paikan dokumen LKPJ ke Bupati Bima, secara berjenjang melalui camat.
Demikian dikatakan Kepala BPMDes Kabupaten Bima, Putarman, SE, saat penilaian lomba desa di Desa Maria Kecamatan Wawo, Kamis (14/4), di Aula Desa setempat.

Kamis, 14 April 2011

Giliran Tim Fersy Diperiksa DK KPU NTB



Mataram, Garda Asakota.-
Sidang Dewan Kehormatan (DK) Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi NTB yang meme¬riksa dugaan pelanggaran administrasi Pemilu atau dugaan pelanggaran kode etik yang disinyalir dilakukan oleh Ketua dan anggota KPU Kabupaten Bima saat menyelenggarakan Pemilukada Kabupaten Bima Tahun 2010 lalu kembali digelar pada Selasa (12/04) dengan menghadirkan Tim Sukses Partai Koalisi dari Pasangan Fersy Rakyat (H. Ferry Zulkarnain, ST., dan Drs. H. Syafruddin HMN).

Kapolresta Diminta Jemput Bupati Bima


Bima, Garda Asakota.-
Desakan pencabutan ijin pertam¬bangan yang ada di Kabupaten Bima terus disuarakan oleh sejumlah elemen pergerakan mahasiswa maupun elemen masyarakat di Kabupaten Bima.
Bila sebelumnya aksi penolakan pertam¬bangan digelorakan oleh ratusan maha¬siswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKIP Bima, dalam aksi Rabu kemarin (13/5), giliran 500-san massa maha¬siswa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Anti Tambang (GRANAT) menggelar aksi serupa.

Proyek Pengembangan Kemiri di Wawo Diduga Langgar Juknis

Bima, Garda Asakota.-
Ketua Lembaga Edukasi dan Adavokasi (LEAD) Bima NTB, Agus Mawardy, menduga adanya pelangga¬ran juknis dalam proyek pengembangan/reboisasi tanaman kemiri pola tumpang sari di atas lahan seluas 80 ha di Desa Lesu dan Desa Raba Kecamatan Wawo Kabupaten Bima.
Proyek milik Dinas Kehutanan (Dishut) itu, kata dia, bersumber DAU sebesar Rp34,501 juta dan DAK Rp345.¬017 juta, sehingga totalnya sebe¬sar Rp379.519 juta.

Ambalawi Optimis Juarai Lomba Desa

Bima, Garda Asakota.-
Camat Ambalawi, Supratman, SH, merasa optimis Desa Tolowata yang mewakili kecamatan dalam ajang lomba desa tingkat Kabupaten Bima bisa menjadi juara lomba desa tahun ini. Untuk itu, kepada tim penilai lomba desa pihaknya secara terus terang meminta agar kecamatan Ambalawi menjadi juara. “Berikan kesempatan kami jadi juara,” katanya menyakinkan.

Lido Libatkan Pemuda dalam Lomba Desa

Bima, Garda Asakota.-
Ada pemandangan yang berbeda ketika tim lomba desa bertandang di Desa Lido. Dari para penari yang menyambut tim, penerima tamu, sampai panitia di tingkat desa adalah semuanya pemuda. Demikian kata Putarman, SE, kepala BPMDes Kabupaten Bima, Selasa (12/4). Seperti dikemukakan Kabag Humaspro Pemkab Bima, Drs. Aris Gunawan, Kepala BPMDes menga¬ku suasana berbeda bukan ber¬arti Desa Lido menang, tapi dirinya me¬li¬hat ada semangat, ada kebersamaan, dan ada kemauan masyarakat untuk menang, “Kepala BPMDes mengaku senang pemudanya ikut terlibat.

Warga Ranggo Tewas Tersengat Listrik

Kota Bima, Garda Asakota.-
Tragis dialami Abd. Hamid M. Sidik (45-thn), warga Rt. 09/Rw.04 ling¬kungan Ranggo Kelurahan Nae Keca¬matan Rasanae Barat tewas tersengat listrik ketika ingin memasang tiang untuk pemasangan iklan di lantai 4 kan¬tor Bank BPR Pesisir Akbar Cabang Bima. Ia tersengat listrik bersama kedua rekannya, namun naasnya, nyawa Abd. Hamid tidak tertolong lagi sebelum mendapatkan perawatan intensif dari petugas di Puskesmas Dara.

Dinsos Serahkan Bantuan Korban Tanah Longsor di Pane

Kota Bima, Garda Asakota.-
Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Bima, Senin (11/4), menyerahkan bantuan tanggap darurat bencana alam kepada korban tanah longsor, Dahminar, warga Rt.06/ Rw.02 lingkungan Pane Kelurahan Pane Kecamatan Rasanae Barat pada tanggal 8 April lalu. “Bantuan dari Dinas Sosial ini untuk membantu meringankan beban korban,” ungkap Kabid Reh¬bansos Dinsosnaker Kota Bima, Hj. Misbah, kepada wartawan. Menurut¬nya, bantuan tanggap da¬rurat berupa kebutuhan

LPM Minta Penanganan Muallaf Tercover APBD

Bima, Garda Asakota.-
Pengurus Lembaga Pembinaan Muallaf (LPM) Bima, Selasa (12/4), mengusulkan lembaga DPRD Kabupa¬ten Bima agar kedepannya persoalan pembinaan muallaf dapat dianggarkan dalam APBD. Saat beraudiensi dengan sejumlah anggota Komisi IV DPRD Kabu¬paten Bima, Ketua LPM, H.Yau-mudin, menyampaikan beberapa per¬masalahan terkait dengan keberadaan lembaganya sekaligus bagaimana tekhnik pembinaan terhadap muallaf yang berada di wilayah kabupaten maupun kota Bima.

Pasien Diare Dominasi Kasus di PKM Bolo

Bolo, Garda Asakota.-
Musim hujan yang panjang selama tahun 2010-2011 selain memberikan berkah, juga membawa dampak kepada kesehatan masyarakat.
Di kecamatan Bolo kabupaten Bima misalnya, terjadi peningkatan pasien yang ditangani maupun yang menjalani rawat nginap di PKM setempat, terutama warga masyarakat yang menderita diare dan types.
Kepala UPT. PKM Bolo, dr. H. Jatmiko, yang dikonfirmasi wartawan mengakui dari data yang dimiliki pihak¬nya serta penanganan yang dilakukan di PKM sejak tanggal 25 Maret

Selasa, 12 April 2011

Anggota KPU Beda Pendapat Soal SK 02


Mataram, Garda Asakota.-
Dewan Kehormatan (DK) Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi NTB yang terdiri dari Prof. Dr. Galang Asmara, SH., M. Hum., Drs. Darmansyah, M. Si., dan Lalu Aksa Anshori, Senin kemarin (11/4), me¬meriksa ketua dan anggota KPUD Ka¬bu¬paten Bima atas dugaan pelanggaran administrasi Pemilu yang disinyalir dilakukan oleh Ketua dan anggota KPU Kabupaten Bima saat menyelengga¬rakan Pemilukada Kabupaten Bima tahun 2010 lalu.

HUT ke-9 Kota Bima, ‘Gedung Putih’ Diresmikan

Upacara HUT Kota Bima ke-9 sekaligus peresmian kantor baru Walikota Bima

Kota Bima, Garda Asakota.-
Tepat tanggal 10 April 2011, Kota Bima genap berusia 9 tahun sejak dimekarkan dari Kabupaten induk tahun 2002 silam. Pada moment HUT tahun ini, Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin, meresmikan penggunaan kantor baru Walikota Bima yang terlihat megah, mirip konstruksi gedung putih (white house) Amerika Serikat.

Hotmiks Jalan Melayu-Kolo Sedot Anggaran Rp19 Milyar

Hotmiks jalan Melayu-Kolo Keca¬matan Asakota Kota Bima sepanjang 14 km mulai dikerjakan. Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin, Sabtu (9/4), se¬ca¬ra resmi meletakkan batu pertama hotmiks jalan yang akan menelan anggaran sebesar Rp19 Milyar tersebut.

Kota Bima, Garda Asakota.-
Hotmiks jalan Melayu-Kolo Keca¬matan Asakota Kota Bima sepanjang 14 km mulai dikerjakan. Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin, Sabtu (9/4), se¬ca¬ra resmi meletakkan batu pertama hotmiks jalan yang akan menelan anggaran sebesar Rp19 Milyar tersebut.

Semarakan HUT ke-9 Kobi, Digelar Pameran Foto

Bima, Garda Asakota.-
Kekayaan alam dan budaya Mbojo yang membentang mulai dari puncak gunung hingga dasar lautnya merupa¬kan modal dasar dan potensi yang menjanjikan harapan di masa depan. Dana Mbojo tercinta juga berada dalam “Segi Tiga Emas Pariwisata Indonesia” yang merupakan lintas wisata antara pulau Bali, Komodo dan Toraja.

BEM STKIP Bima Demo Tolak Pertambangan

Ratusan mahasiswa yang terga¬bung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKIP Bima, Senin kemarin (11/4), menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Bupati Bima.

Kota Bima, Garda Asakota.-
Ratusan mahasiswa yang terga¬bung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKIP Bima, Senin kemarin (11/4), menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Bupati Bima. Mereka mendesak pencabutan ijin pertam¬bangan yang ada di Kabupaten Bima karena dinilai hanya akan menyeng-sarakan masyarakat.

Sosialisasi Kurang, Picu Aksi Penolakan Pertambangan

Bima, Garda Asakota.-
Maraknya aksi demonstrasi penola¬kan pertambangan yang terjadi bebe¬rapa bulan terakhir di lingkup Pemkab Bima baik yang ada di Kecamatan Lambu maupun Kecamatan Parado, mendapat sorotan dari Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Bima, Zaidin M. Saleh.
Dinilainya, munculnya aksi demons¬trasi penolakan hadirnya pertambangan merupakan bagian dari ketidak-paha¬man masyarakat karena tidak disosiali¬sa¬sikan sebelumnya atas rencana per-tambangan oleh pemerintah.

Dibacok, Warga Tanjung Tewas Bersimbah Darah

Kota Bima, Garda Asakota.-
Minggu pagi (10/4), keramaian Pasar Raya Bima terusik dengan kejadian yang begitu menggemparkan. Seorang pemuda tanggung, nekat melakukan aksi pembacokkan terhadap nenek berusia sekitar 50 tahun di pasar raya bima dan korban akhirnya tewas secara menggenaskan di RSUD Bima.
Korban pembacokan adalah Hj. Alina(50 tahun), warga Rt.14/Rw.01 lingkungan Tanjung Kelurahan Tanjung Kecamatan Rasanae Barat, sementara pelaku pembacokan adalah Amiruddin (25 tahun) warga lingkungan Kedo Rt.22/Rw.20 Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota.

Kasus Pembunuh Hj. Alina Diduga Bermotif Dendam

Kota Bima, Garda Asakota.-
Kaur reskrim Polresta Bima, Iptu Abdul Salam, Senin (11/4) kepada se¬jumlah wartawan mengungkapkan bahwa, kondisi pelaku pembunuhan di Pasar Raya Bima yang menewaskan penjual pisang Hj. Alina (50-thn) warga Rt.14/Rw.01 lingkungan tanjung Kelu¬rahan Tanjung Kecamatan Rasanae Barat, saat ini sudah berangsur mem¬baik menyusul perawatan di RSUD Bima.

Kondisi Los Pasar Tente Dikeluhkan Pedagang

Woha, Garda Asakota.-
Kondisi bangunan bagian atas los pasar Tente Kecamatan Woha Kabupa¬ten Bima dikeluhkan sejumlah pedagang maupun para pembeli. Atap kayu bangu¬nan los tersebut banyak yang patah hingga dikhawatirkan akan rubuh. Selain atap bangunan banyak yang patah, kondisi los pasar tersebut juga mengalami kemiringan. “Kalau tidak segera diatasi dikhawatirkan bangunan tersebut akan ambruk dan menimpa para pedagang,” ujar M. Saleh, salah satu pedagang di pasar Tente, kepada wartawan, Senin (11/4).

Dikpora Wera Sosialisasi Dana BOS dan UAS/UAN

H. Asrarudin Jamal, SH

Wera, Garda Asakota.-
KPL Unit Pelaksana Tehnik (UPT) Dinas Dikpora Kecamatan Wera yang baru dilantik belum lama ini telah melak¬sanakan kegiatan sosialisasi dana BOS yang dirangkaikan dengan sosialisasi pelaksanaan UAS/UAN, di alula UPTD Dikpora Kecamatan Wera, Sabtu (9/4). Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh kepala Sekolah SDN/MI se-Kecama¬tan Wera serta pengawas TK/SDN.
Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Wera, H. Asrarudin Jamal, SH, dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal terpenting berkaitan tentang penggunaan dana BOS secara benar dan terarah pemanfaatannya bagi siswa. “Penggunaan dana BOS harus dapat dipertanggung-jawabkan,” tegasnya.

Desa Tawali, Awali Penilaian Lomba Desa dan Lomba Posyandu

Wera, Garda Asakota.-
Tim penilai kegiatan lomba desa dan lomba Posyandu tingkat Kabupaten Bima tahun 2011 telah melakukan peni¬laian perdana di Desa Tawali Keca¬ ma¬tan Wera. Kehadiran tim penilai tersebut disambut oleh Camat Wera, Sul¬fan Akbar, S. Sos, seluruh KUPT, Ka¬sek, aparat desa, toga, toma serta masyara¬kat setempat dengan penyam¬butan cukup meriah, Senin kemarin (11/4).

Iklan Ucapan Selamat HUT Kota Bima

Iklan Ucapan Selamat HUT Kota Bima

Iklan Ucapan Selamat HUT Kota Bima

Iklan Ucapan Selamat HUT Kota Bima

Jumat, 01 April 2011

Tak Terima Miliki Ilmu Santet, Ngadu ke Polsek Sape


Sape, Garda Asakota.-
Seorang pemuda berinisial Atn (28) warga Dusun Kalende Desa Naru Kecamatan Sape, mengadukan dirinya kepada aparat penegak hukum Polsek Sape atas tuduhan tetangganya yang menuding dirinya bersama istrinya memiilki ilmu hitam atau ilmu santet.
Menurut keterangan saksi, Ice, kasus ini mencuat ketika ada seorang warga setempat, Nurma (17), yang sakit-sakitan hingga berbulan-bulan lamanya. Pagi harinya sekitar pukul 11. 30.wita,

Dicurigai Dukun Santet, Rumah Warga Belo Hancur


Woha, Garda Asakota.-
Belum lama ini, pengerusakan rumah yang diduga dukun santet masih dibica¬rakan di kalangan masyarakat Bima, sebut saja lingkungan Rasalewi Kelura¬han Jatibaru Kecamatan Asakota Kota Bima. Dua rumah hancur berkeping-keping oleh beberapa kelompok yang tidak terima dengan adanya Dukun Santet. Bahkan kali ini terjadi di Dusun Belo Desa Belo Kacamatan Palibelo Kabupaten Bima, Rabu (30/3) sekitar pukul 20.30 rumah milik Ishaka dan Bakhtiar Rt 10/3 Ds Belo Desa Belo Kecamatan Palibelo datang tiba-tiba tiga orang menggunakan senjata tajam langsung merusak rumah korban.

Bentrok Keli VS Risa, Akan Diselesaikan secara Kekeluargaan

Bima, Garda Asakota.-
Bagaimanakah perkembangan kasus informasi penyerangan antara Desa Keli VS Risa?. Menurut infor¬masi wartawan, kedua kubu yang nyaris bentrok itu, akhirnya menemui titik terang, Saat ini kedua desa yang terli¬hat berjaga-jaga di masing-masing perbatasan beberapa hari yang lalu, sudah terlihat sepi, bahkan hingga Kamis (31/3), para warga sudah terlihat melakukan aktifitas seperti biasanya.

Banjir Besar Rusak Lahan Pertanian di Wera


Wera, Garda Asakota.-
Banjir besar kembali melanda wilayah Kecamatan Wera Kabupaten Bima, Kamis (31/3), menyusul hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut selama kurang lebih tiga jam sebelum¬nya. Menurut catatan warga, banjir kali ini yang terbesar sejak terjadi banjir yang sama tahun 1990 silam.
Meskipun tidak merendam pemuki¬man warga, namun bencana banjir

Pansus DPRD Kota Bima Tetapkan Lima Perda, Satu Perda Dipending

Kota Bima, Garda Asakota.-
Rapat paripurna pansus DPRD Kota Bima yang berlangsung Rabu (30/3) berhasil menetapkan lima buah Perda dari enam Raperda yang dibahas sebelumnya, sementara satu Raperda lainnya dipending.
Sekwan DPRD Kota Bima, Drs. H. Abdul Hafid M. Saleh, menjelaskan bahwa lima perda yang telah disetujui adalah, raperda tentang perubahan perda nomor 6 tahun 2006 tentang ban¬tuan keuangan kepada partai politik, raperda tentang pencabutan perda no¬mor 15 tahun 2004 tentang

Pakai Sabu-Sabu Warga Woha Dibekuk Tim Buser

Bima, Garda Asakota.-
Perbuatan yang melanggar hukum selalu meresahkan warga, bahkan warga yang tidak menerima perbuatan bejat akan didoakan kejelekannya, selain itu Polisi juga akan memburunya sampai dapat. Seperti yang terjadi pada Khairil 34 thn asal Desa Nisa Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Sabtu (25/3) sekitar pukul 18.30 Khairil dibekuk tim Buru Sergap (Buser) Polres Bima didepan Bandar Udara Muhammad Salahudin Desa Belo Kecamatan Palibelo saat membawa Narkoba jenis sabu-sabu dengan

Polsek Woha Bekuk Pengecer Kupon Putih

Bima, Garda Asakota.-
Jajaran Polsek Woha Rabu, 30/3 membeku pelaku penjual Kupon Putih (Togel) di Desa Kalampa Kecamatan Woha Kabupaten Bima sekitar pukul 15.30. Pelaku berinisial Irma 39 tahun asal Rt 01/1 Desa Kalampa itu dibekuk dikediamannya saat menunggu sese¬orang menjemputnya untuk menyetor hasil Kupon Putih yang dijualnya.
Oleh aparat Polsek Woha yang mengintai pelaku langsung ditangkap

Pengurus KPRI Harapan Kita Sampaikan LPJ 2010

Bolo, Garda Asakota.-
Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Harapan Kita yang merupa¬kan koperasi guru-guru SD se-Keca¬matan Bolo dan Madapangga, menga¬da¬kan Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk mendengarkan Laporan Pertang¬gungjawaban Pengurus untuk tahun buku 2010, di halaman SDN Inpres Rato, (30/3).
Ketua KPRI Harapan Kita, Drs. H. Nurdin Ali, dalam laporan pertanggung¬jawaban tahunan pengurus menyampai¬kan berbagai komponen kegiatan yang telah dilakukan selama

Dikpora Gelar Rapat Pemantapan UN di SMPN-1 Bolo

Bolo, Garda Asakota.-
Rapat pemantapan menghadapi Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA/SMK, SMP/MTS dan SD se-Kabupa¬ten Bima, di aula SMPN-1 Bolo, Dik¬pora Kabupaten Bima (31/3), dihadiri langsung oleh Kadis Dikpora, Drs. A. Zubaer HAR, M.Si. Menurutnya, kegiatan pemantapan itu bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pendataan peserta UN yang dilakukan oleh sekolah-sekolah yang bersangkutan.
“Hal ini perlu dilakukan evaluasi mengingat sistem yang dipakai sekarang menggunakan sistem on line, juga termasuk perbaikan data peserta harus dilakukan lewat on line.

Ditegur Pimpinan, Staf KPMD Robek Absensi

Kota Bima, Garda Asakota.-
Saat ini yang menjadi perhatian khusus Pemerintah Kabupaten (Pem¬kab) Bima adalah meningkatkan kedi¬siplinan pegawai sesuai dengan aturan yang tertuang dalam PP 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS. Namun, upaya un¬tuk meningkatkan disiplin PNS, bukan¬lah pekerjaan yang mudah dikerjakan.
Di kantor Penanaman Modal Daerah (KPMD) Kabupaten Bima misalnya,

Akumulatif 46 hari, PNS Malas Bisa Dipecat


Bima, Garda Asakota.-
Bupati Bima, H. Ferrry Zulkanain, menegaskan bahwa, dalam organisasi pemerintahan, PNS memiliki aturan yang mengikatnya. Abdi negara memi¬liki aturan yang mengaturnya dan terikat disiplin PNS. Apel pagi, katanya meru¬pa¬kan kewajiban bagi PNS dan dihitung jam kerja. “PNS akan diberikan tinda¬kan pendisiplinan berupa teguran keras bila yang bersangkutan tidak masuk kerja. Sebagai pembina kepegawaian saya akan melayangkan surat teguran berupa pernyataan tidak puas,

Dugaan Dukun Santet di Belo dan Pengaruhnya terhadap Ketertiban Umum

Oleh: AKP I MD Wiranata, SIK

Berdasarkan kajian antropologi, santet termasuk sorcery (tukang tenun) atau withcraft (tukang sihir) dan keduanya termasuk black magic (ilmu hitam) yang sangat ditentang masyarakat. Penafsiran Firt (1960:171) black magic adalah suatu tindakan yang sengaja merusakkan kesejahteraan orang, dengan motif pembalasan dendam dan sakit hati, yang mengakibatkan hancurnya milik orang lain, penderitaan, sakit atau kematian. Berdasarkan kasus di Belo, SU yang istrinya E sakit lemas selama dua bulan,

Iklan Selamat Atas Pelantikan 1

Iklan Selamat Atas Pelantikan 2

Iklan Selamat Atas Pelantikan 3

Rabu, 30 Maret 2011

Ilyas Dicoret dari Keanggotaan DK KPU NTB


Mataram, Garda Asakota.-
Ketua KPU NTB, Fauzan Khaliq, mengungkapkan bahwa, pada hari Senin (28/3), KPU NTB telah mengadakan rapat pleno untuk menggantikan nama Ilyas Sarbini, SH dari keanggota Dewan Kehormatan (DK) KPU NTB. Ilyas selanjutnya digantikan oleh anggota KPU NTB lainnya, Akshar Anshuri. Saat menerima audiensi dari sejumlah anggota Aliansi Rakyat Pro Demokratik (ARPD), di ruang rapat KPU NTB, Selasa (29/3). ditegaskan¬nya bahwa, pergantian ini bukan karena pesanan,

Tugas DK Memverifikasi Isi Rekomendasi Bawaslu

Mataram, Garda Asakota.-
Aliansi Rakyat Pro Demokratik (ARPD) dibawah Koordinator, Drs. Ruslan Efendy, menggelar audiensi dengan pihak KPUD NTB kemarin siang di ruang rapat KPU NTB, Selasa (29/3). Melalui Ahmad Ritauddin, SH, ARPD menegaskan bahwa sesuai dengan teks hukum yang tertuang dalam Pasal 30 ayat 1 UU Nomor 22 tahun 2007 menegaskan bahwa Dewan Kehormatan (DK) terbentuk atas rekomendasi Bawaslu untuk dilakukan pemberhentian anggota KPU Kabupaten/Kota dan didahului dengan langkah vefikasi oleh DK.

Bupati Abaikan Saran Tiga Pimpinan Dewan

Jabatan Masykur Tetap Diperpanjang

Bima, Garda Asakota.-
Berhembus kabar yang cukup kencang terkait dengan perpanjangan masa jabatan Drs. H. Masykur, HMS, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bima. Pria yang seharusnya memasuki usia pensiun tanggal 22 Maret 2011 ini, kemungkinan besar jaba¬ tannya akan diperpanjang selama satu tahun kedepan. Jika benar kepastian perpanjangan masa jabatan Masykur ini, menunjuk¬kan bahwa, Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, dianggap telah mengabaikan warning tiga Pimpinan DPRD Kabu¬paten Bima, Drs. H. Muchdar Arsyad, Ady Mahyuddin, SE, dan Drs. HM. Najib HM. Ali, yang sebelumnya telah mewanti-wanti agar jabatan

Sudah Ada Tersangka Kasus Pengerusakan Rumah di Rasalewi

Kota Bima, Garda Asakota.-
Kasus pengerusakan dua rumah warga oleh sekelompok orang di Rt.14/Rw.05 lingkungan Rasalewi Kelurahan Jatibaru Kecamatan Asakota, Sabtu malam (26/3), saat ini masih ditelusuri oleh pihak Kepolisian Resort Kota Bima. Menurut Kapolresta Bima melalui Kaur Reskrim, Ipda. Abdul Salam, pasca insiden pengerusakan dua rumah warga tersebut pihaknya langsung memanggil tujuh orang saksi. Dan dari hasil pemeriksaan tersebut, dua orang mengarah ke calon tersangka yaitu Irs dan Shr. “Keduanya masih warga di lingkungan Rasalewi,” ungkapnya Senin (28/3).

Kapolres Diminta Serius Tangani Kasus Dugaan Pengancaman

Kumbul KS., S.I.K

Kota Bima,Garda Asakota.-
M. Asykar warga Rt.5/Rw.03 lingkungan Rabantala Kelurahan Mata¬kando Kota Bima, mempertanyakan lambannya penanganan kasus dugaan pengancaman yang dilaporkannya ke Polresta Bima awal Maret lalu.
Kepada wartawan, korban menutur¬kan bahwa pada Kamis malam awal Maret lalu (3/3), ketika dirinya baru pulang sehabis bermain badminton sekitar pukul 23:00 Wita, dia ditelepon oleh salah satu keluarganya, tsrf yang berdomisili di lingkungan Lewijambu Kelurahan Melayu Kota Bima.

Sambut HUT ke-9 Kota Bima, Warga Sarae Adakan Berbagai Lomba


Kota Bima,Garda Asakota.-
Memeriahkan HUT ke-9 Kota Bima yang tinggal menghitung hari, kompo¬nen warga yang berada di lima ling¬kungan Kelurahan Sarae Kecamatan Rasanae Barat yakni Saleko, Sarae, Gilipanda, Lewisape, dan lingkungan Tolobali, selama tiga hari (27-29 Maret), menggelar berbagai macam lomba yang diikuti warga masyarakat dari berbagai tingkatan. Specialnya, panitia pelaksana khusus tahun ini adalah Tim Penggerak PKK dan Majelis Taklim Kelurahan Sarae dibantu para Ketua Rt/Rw. “Inilah salah satu bentuk partisipasi kami untuk memeriahkan HUT ke-9 Kota Bima tanggal 10 April, dimana komponen masyarakat di sini, mengadakan berbagai lomba yang melibatkan anak-anak, remaja serta orang tua,”ungkap Lurah Sarae, Idham, SH, kepada Garda Asakota, Selasa (29/3).

Bupati Ancam PNS yang Mogok Kerja

H. Fery Zulkarnain, ST

Bima, Garda Asakota.-
Bupati Bima, H. Fery Zulkarnain, mengancam untuk memeriksa PNS yang menggelar aksi demo atau mogok kerja. Sesuai peraturan pemerintah, kata dia, dilarang sepenuhnya PNS meng¬gelar hal seperti itu. “Bagi abdi Negara atau pegawai pemerintah diharamkan, karena itu akan merugikan masyarakat. Sanksi kalau melanggar itu diantaranya diturunkan pangkatnya satu tahun, di-berhentikan dengan hormat dan diber¬hentikan tidak hormat,” katanya saat pelantikan pejabab structural dan fung¬sional lingkup Pemkab Bima, di Paruga Nae Kecamatan Woha, Senin (28/3).

Warga Risa Vs Warga Keli, Nyaris Bentrok

Bima, Garda Asakota.-
Hampir terjadi bentrok antar kam¬pung antara warga Desa Keli dengan warga Desa Risa Kecamatan Woha Ka¬bu¬paten Bima di perbatasan desa setempat, Selasa kemarin (29/3).
Menurut informasi wartawan, aksi tersebut dipicu oleh raibnya sekitar tujuh unit sepeda motor milik warga Desa Risa yang diduga disabet bagian batok¬nya saat turnamen pertandingan sepak bola mini di Desa Keli, Senin sebelum¬nya (28/3). Pada pertandingan Senin itu, mempertontonkan permainan antara Tim Risa melawan Tim dari Desa Nisa. Suasana permainan terlihat memanas,

Kenaikan Gaji PNS Pemkab Bima, Dibayar tanggal 1 April

Bima, Garda Asakota.-
Ini kabar gembira untuk kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Terhitung 1 April 2011 mendatang sudah bisa menikmati kenaikan gaji baru plus rapelan yang ditetapkan Pemerintah berdasarkan Peraturan Pemerintah No.11 Tahun 2011. Demikian dikatakan Hariman, SE, M.Si, Kuasa BUD Setda Kabupaten Bima, sebagaimana dilansir Kabag Humaspro Pemkab Bima, Selasa (28/03).
Hariman menyebutkan, pembaya¬ran kenaikan gaji PNS baru bisa dila¬kukan April ini karena harus menunggu Keputusan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk penetapan kenaikan gaji PNS 2011 dan menunggu surat edaran menteri keuangan.

Koperasi ‘Dewi Sartika’ Gelar Rapat Anggota Tahunan

Bima, Garda Asakota.-
Keberadaan koperasi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan anggotanya melalui ke¬giatan-kegiatan yang didasarkan pada prinsip kolektivitas. Pada hari Selasa kemarin, (29/3), Koperasi Wanita “Dewi Sartika” mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2011, di Gedung Paruga NaE.
Ketua Kopwan “Dewi Sartika”, Hj. Hadijah Rifai, mengungkapkan bah¬wa, modal sendiri KOPWAN sebesar Rp.6.019.059.773 atau mengalami ke¬nai¬kan sebesar 74 persen dari modal sendiri tahun 2009. untuk modal luar sebesar Rp.628.927.471 mengalami kenaikan sebesar 26.236.085 atau 4.17 persen. Selain itu pada tahun 2010 Kopwan Dewi Sartika memperoleh dana hibah dari Kementerian Koperasi dan UKM sebesar Rp50 juta.

PNPM PISEW Diperpanjang hingga 2012

Bima, Garda Asakota.-
Setelah melalui proses kajian men¬dalam oleh Pemerintah Pusat, rencana¬nya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PNPM- PISEW) akan diperpanjang hingga 2012. M. Saiful Bahri, ST, M.Si, saat rapat koordinasi PNPM-PISEW di aula Bappeda Kabupaten Bima, Senin (28/3), meyakini bahwa PNPM - PISEW akan diperpanjang hingga tahun 2012. Manfaat program ini sangat dirasakan oleh masyarakat. Program ini, kata dia, telah memberikan kemuda¬han dalam menikmati hasil pemban¬gunanterutama daerah-daerah terpencil selama ini merasa terabaikan karena aksesibilitas yang kurang memadai.

Penilik Pemuda dan Olahraga Sape, Buka Kegiatan “Senam Ria”

Ishaka Thalib, S.Pd, MM

Sape, Garda Asakota.-
Penilik Pemuda dan Olahraga Kabu¬ paten Bima, Selasa pagi (29/3), mem¬buka kegiatan Senam Ria bersama yang diikuti oleh seluruh kepala sekolah dan dewan guru serta siswa-siswi perwaki¬lan seluruh sekolah yang berada di wilayah Sape Utara, di lapangan Timun Dusun Nanga Pambu Desa Buncu Kecamatan Sape Kabupaten Bima.
“Senam Ria ini bertujuan untuk memberikan kesegaran jasmani bagi seluruh kasek, dewan guru maupun para siswa-siswi yang berada di wilayah Sape Utara, terutama bagi guru olah-raganya,” ungkap Penilik Pemuda dan Olahraga

SDN Inpers Naru I, Duta Sape di Ajang Olimpiade MIPA

Sape, Garda Asakota.-
Setelah berhasil meraih jura 1 lomba Olimpiade MIPA tingkat Kecamatan Sape yang diikuti oleh 84 peserta, SDN Inpres Naru-I Sape menjadi duta Kecamatan Sape yang nantinya akan berjuang untuk mengharumkan keca¬ma¬tan Sape dalam lomba Olimpiade tingkat Kabupaten di Kecamatan Woha Kabupaten Bima nantinya.
Kasek SDN Inpres Naru-I Sape, Hj. Marfu’ah, S. Pd, mengaku sangat bersyukur dan bangga atas prestasi yang diraih oleh siswanya. Dan tentu¬nya keberhasilan itu tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan seluruh dewan guru SDN Inpres Naru I Sape, terutama guru-guru pembimbing Olimpiade, Siti Nurseha, SE dan Erdin, A.Ma.Pd.

Image Guru Monster

Oleh Rafika, S. Pd

Cobalah kita tanya kepada guru-guru pada masa pasca kemerdekaan, atau kita menyimak film-film kolosal yang berlatar atau beralur guru-guru tempo doeleo. Jawabannya tentu sangat berbeda dengan siswa dan guru zaman sekarang. Mengapa demikian ?
Guru adalah “Corong” bagi masyarakat terhadap perkembangan kualitas dan kuantitas pendidikan, dan guru harus memberikan jawaban yang pasti dan akurat kepada masyarakat terhadap prestasi pendidikan yang dicapai. Karena akan ada masanya setiap kebohongan itu akan “terpublik” Sentilnya Umar H. M. Saleh, S.Pd (Kasek SMA Negeri I Bolo ketika rapat Dinas 16 Maret 2011)

Senin, 28 Maret 2011

KPU Tegaskan, Anggota DK Sudah di SK-kan



Mataram, Garda Asakota.-
Ketua KPU NTB melalui Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Ilyas Sarbini, SH, menegaskan bahwa pada hari Kamis lalu (24/3), Fakultas Hukum Unram telah mengeluarkan secara resmi nama guru besar Fakultas Hukum Unram untuk menjadi anggota DK (Dewan Kehormatan) KPU NTB yakni, Prof. DR. Galang Asmara, SH, M. Hum. Menyusul keluarnya nama DK dari unsur tokoh masyarakat itu, maka lengkap sudah keanggotaan DK dari tiga nama yang sebelumnya disebut-sebut sebagai anggota DK.
Mereka itu adalah dua dari internal KPU NTB yakni Darman¬syah, M. Si (Ketua Divisi SDM) dan Ilyas Sarbini, SH (Ketua Divisi Hukum dan Penga¬wasan).

Isu Dukun Santet, Dua Rumah Dihancurkan

Ket. foto:
Inilah dua rumah milik warga Rasalewi Kelurahan Jatibaru Kecamatan Asakota yang dirusak sekelompok warga Sabtu malam (26/3), karena isu dukun santet. Tampak rumah brh (atas) dan rumah jwd (bawah) yang hancur porak-poranda.

Kota Bima, Garda Asakota.-
Sabtu malam (26/3) sekitar pukul 19:30 Wita, warga yang bertempat tinggal di Rt.14/Rw.05 lingkungan Rasalewi Kelurahan Jatibaru Kecama¬tan Asakota tiba-tiba digemparkan oleh aksi pengerusakan dua rumah warga oleh sekelompok orang.
Belum dike¬tahui pasti motif dibalik aksi pengeru¬sakan ini, namun menurut isu yang beredar, dicurigai, dua warga pemilik rumah tersebut, brh dan jwd sebagai dukun santet.

Kalah PTUN, Bupati Tempuh Upaya Hukum

Bima, Garda Asakota.-
Menanggapi pemberitaan Garda Asakota terkait dengan putusan kalahnya Bupati Bima dalam perkara PTUN Sarang Burung Walet (SBW) pada Sidang Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Mataram sesuai putusan PTUN nomor: 53/G/2010/PTUN-MTR tanggal 21 Maret 2011 yang menyatakan penolakan eksepsi Bupati Bima selaku tergugat I dan Ketua Panitia Tender Pengelolaan dan Pengusahaan SBW tahun 2010, Kabag Humas Pemkab Bima, Drs. Aris Gunawan, menegaskan keinginan pihak Bupati Bima yang akan menempuh upaya banding ke PTUN Surabaya.

Inspektorat: Joint Audit Termasuk Proyek DAK 2009


Kota Bima, Garda Asakota.-
Pemerintah Kota (Pemkot) Bima berkeinginan kuat untuk menyuguhkan laporan keuangan yang akuntabel dan transparan. Menindak-lanjuti keinginan tersebut, pada tanggal 3 Januari lalu Pemkot Bima menggandeng kerjasama audit (joint-audit) pengelolaan ke¬uangan dengan pihak BPKP Denpasar, sesuai dengan komitmen bersama yang tertuang dalam surat BPKP Nomor: 700/01/I/2011, tanggal 3 Januari 2011 lalu. “Joint audit ini berisi tujuh point diantarannya terkait dengan audit pelaksanaan proyek DAK Dikpora tahun 2009,” ungkap Inspektur Ins¬pektorat Kota Bima, H. Ach. Fachtoni, SH, kepada wartawan, Sabtu (26/3).
Joint-audit ini merupakan audit khusus di luar audit reguler yang dilak¬sanakan oleh BPKP. Menurut Toni, ada Tim khusus yang dibentuk oleh BPKP yang telah bekerja selama

Kejaksaan Masih Dalami Kasus Proyek Sumur Bor


Kota Bima, Garda Asakota.-
Kasus dugaan korupsi/penyim¬pangan pelaksanaan proyek sumur bor Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dispertapa) Kabupaten Bima yang dikerjakan di kecamatan Lambu, masih dalam tahap pemeriksaan saksi-saksi. “Yang diperiksa masih seputar tim pengadaan dari Dinas Pertanian Kabu¬paten Bima,” ungkap Kajari Bima me¬lalui Kasi Pidsus, I.M. Ecca Mariartha, SH, kepada wartawan, Jumat (25/3).
Baru-baru ini, kata dia, pihaknya sudah memanggil tiga orang saksi untuk dimintai keterangan dalam penyidikan kasus tersebut. Namun karena tim peme¬riksa terkendala ada tugas di Mataram, maka direncanakan pemerik¬saan akan dilanjutkan minggu ini.

Tanggapi Tuntutan Warga, Kabag Perencanaan PDAM Turun ke Lapangan

Bima, Garda Asakota.-
Setelah empat hari pasca aksi de¬monstrasi yang dilakukan oleh sejumlah warga gabungan pemuda dan mahasis¬wa Woha, Rabu lalu (23/3), pihak PDAM Cabang Woha intens melaku¬kan perbaikan di beberapa titik yang diduga sebagai penghambat distribusi air secara merata ke para konsumen.
Kepala Bagian (Kabag) Perenca¬naan PDAM Kabupaten Bima, Yusuf Suwaryoko, menjelaskan bahwa, terjadinya kemacetan air PDAM di beberpa titik di Kecamatan Woha dan sekitarnya adalah akibat bocornya pipa utama pendistribusian yang disebabkan oleh kandungan (Sedimen) atau material yang telah membeku sehingga pipa-pipa lama tersumbat.

Hindari Tabrakan, Trek Wahyu Putra Terlempar dari Badan Jalan


Bima, Garda Asakota.-
Komang, supir truck Wahyu Putra Nopol DK 9307 UB, menengalami kecelakaan di jalur Talabiu-Bima Desa Padolo Kecamatan Palibelo, Minggu (27/3) sekitar pukul 03. 00 Wita dini hari. Dia bersama trucknya terlempar kea real perswahan sekitar 10 meter dari badan jalan.
Akibatanya, trek yang mengangkut telur sebanyak 400 ikat tersebut terjungkir, hingga ribuan butir telur pecah. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa pada kecelakaan, meskipun dugaan kerugian mencapai angka ratusan juta.
Komang kepada Garda Asakota secara terus terang mengakui saat mengemudi dirinya sedang ngantuk, tapi karena jarak yang dekat untuk sampai pada tujuan dia merasa tanggung untuk beristrahat. “Jadi kalau istrahat tang¬gung,

Aksi Pencurian Disertai Kekerasan Terjadi di Cenggu

Belo, Garda Asakota.-
Di saat semua warga tertidur lelap, aksi pencurian disertai dengan tindak kekerasan kembali terjadi di Desa Cenggu Kecamatan Belo, sekitar pukul 02:30 dini hari Minggu (27/3). Korban Sahrudin Yasin (47 tahun) warga Rt.5/Rw.03, mengalami luka bacok pada lengan kanan dan luka gores pada tangan kanan dan kiri.
Kepada Garda Asakota, korban menceritakan bahwa, pada Kamis dini hari itu dirinya tiba-tiba terjaga dari tidur¬nya lantaran mendengar anak saya(rini, 31 thn) beteriak sambil menrintih. Untuk memastikan hal itu, diapun keluar kamar, namun naas dialaminya, tiba-tiba dia langsung dibacok oleh salah satu pen¬curi pada bagian lengan kanan.
“Ketika ia membacok pada kedua kalinya, saya cepat bereaksi dengan memegang tangan pelaku dan sempat bergelut selama hampir dua menit.

Puluhan Warga Woha Tuntut Pemerataan Pembagian Air PDAM

Bima, Garda Asakota.-
Peningkatan kualitas pelayanan mestinya harus terus ditingkatkan terutama berkaitan dengan kualitas air dan distribusi ke rumah-rumah warga. Rabu lalu (23/3), puluhan mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Front Mahasiswa dan Pemuda Woha menggelar aksi demonstrasi dan aksi protes terhadap pelayanan Peru¬sahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cabang Woha.
Aksi aliansi yang didalamnya tergabung beberapa organisasi pemuda dan mahasiswa Woha (FMPS, FP3, HIMAWO, LMND dan GEPMABI), menuntut pihak PDAM Cabang Woha agar memberikan pelayanan terbaik terhadap seluruh konsumen.

Tuntut Perbaikan Jalan, Massa Tanam Pohon Pisang di Badan Jalan


Woha, Garda Asakota.-
Puluhan massa demonstran yang tergabung dalam Persatuan Masyara¬kat Jalan Lintas Sumbawa (PLMJS) yang terdiri dari kumpulan masyarakat Desa Penapali dan sekitarnya meng¬gelar aksi menuntut perbaikan jalan Talabiu-Bolo, Sabtu pagi (27/3).
Menariknya, selain menggelar orasi bebas yang disuarakan oleh Kordinator Lapangan (korlap) demonstran, massa juga sempat menanam pohon pisang sebagai bentuk kekecewaan terhadap sikap pemerintah yang tidak peduli terhadap kondisi jalan yang saat ini rusak parah, dan memblokir jalur pertigaan Godo selama kurang lebih 20 menit hingga mengakibatkan kemace¬tan panjang di jalur tersebut.
Korlap aksi, A. Fandi, mengaku hampir setiap hari kecelakaan yang

Wabup: Bangun Bima dengan Bekerja

Bima, Garda Asakota.-
Diklat Prajabatan CPNSD Golongan III Angkatan I Tingkat Kabupaten Bima Pola Kemitraan Dengan Badan Kepe¬gawaian Daerah Propinsi NTB Tahun Anggaran 2011 ditutup Wakil Bupati Bima, Drs. H. Syafrudin HM., Nur., Sa¬btu malam (26/3), di aula LLK Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabu¬paten Bima.
Acara tersebut dihadiri pula Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bima, perwakilan BKD Provinsi NTB, Sekretaris Daerah Kabupaten Bima, Asisten I dan III Setda, SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Widyaswara Badan Diklat Propinsi Nusa Tenggara Barat, dan Widyaiswara Kabupaten Bima.

TKI Asal Bima Tewas Saat Bekerja di Brunei Darusalam


Kota Bima, Garda Asakota.-
Maraknya pemberitaan di media massa/elektronik terkait nasib tragis yang dialami tenaga kerja Indonesia (TKI) di berbagai Negara, kembali dialami oleh salah satu TKI asal Dodu I Rt.7/ Rw.03 Kelurahan Dodu Keca¬matan Rasanae Timur, Jamaluddin (41-thn). Dipastikan pria yang berangkat bekerja pada bulan Maret 2009 silam di Negara Brunei Darusalam tersebut meninggal dunia dalam kecelakaan akibat diapit oleh dua truck saat ia bekerja, Rabu (23/3).
Kakak korban, Hasnah, kepada wartawan menceritakan, sejak keper¬gian pada Maret 2009 lalu, almarhum tidak pernah pulang ke Bima. Dia hanya menelpon dua

Sudirman dan Terobosannya di SDN Inpres Jia-Sape

Sudirman, S. Pd, M.Si

Sape, Garda Asakota.-
Sekolah Dasar Negeri (SDN) Inpres Jia merupakan satu-satunya sekolah tingkat dasar yang menjadi tumpuan hara¬pan masyarakat Jia untuk mendo¬rong anak-anak mereka menuntut ilmu agar kelak dapat bermanfaat bagi agama, negara, dan bangsa.
Salah satu guru SDN Inpres Jia yang enggan disebutkan namanya kepada wartawan mengaku kondisi sekolah yang terletak persis pinggir jalan lintas Jia-Sape ini semulanya terkesan kumuh, maka dengan hadirnya sosok Kasek baru, mulai nampak ada perubahan baik dari segi administrasi, ketrampilan maupun penataan lingkungan sekolah. “Terus terangnya, hadirnya kepala se¬kolah yang baru ini, membawa peruba¬han positif di sekolah kami,” ucapnya.

Jumat, 25 Maret 2011

Dugaan Pembobolan Dana Astra Dievaluasi Kejati NTB

Adik Bupati Bima Diduga Terima Aliran Dana


Mataram, Garda Asakota.-
Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB saat sekarang tengah melakukan evaluasi secara mendalam terkait dengan du¬gaan pembobolan atau penggelapan dana sebesar Rp2,7 Milyar lebih di PT. Astra Cabang Bima NTB yang meli¬bat¬kan sejumlah mantan karyawan PT. Astra Bima NTB. Langkah evaluasi itu dilakukan setelah pihak penyidik Kepolisian Daerah (Polda) NTB telah selesai didalam melakukan pember¬kasan berita acara pemeriksaan.

Ratusan Perawat di RSUD Bima Mogok Kerja

Ket foto: Wakil Bupati dan Sekda Kab. Bima berdialog dengan massa mogok kerja di halaman RSUD Kab.Bima

Bima, Garda Asakota.-
Ratusan perawat dan bidan yang bertugas di RSUD Bima, sekitar pukul 07.00 Wita hingga pukul 11. 15 Wita Kamis kemarin (24/3), menggelar aksi mogok kerja menuntut pembayaran uang jasa medis selama tiga bulan terakhir yang tidak kunjung dibayarkan. Selain itu, mereka juga menuntut Pemkab Bima segera mengalokasikan uang insentif sebagaimana diterima oleh para dokter yang bertugas di RSUD
setempat. Direktur RSUD Bima justru dituding tidak

Kejati Segera Ekspose Dugaan Korupsi Sebesar Rp5,1 Milyar

Mataram, Garda Asakota.-
Setelah bertahun-tahun penanganan hukumnya mangkrak di tangan lembaga hukum. Dugaan skandal korupsi yang bernilai puluhan milyar yang ditengarai terjadi di lingkup Pemerintahan Kota (Pemkot) Bima kini mulai dilirik kembali oleh pihak Kejaksaan Negeri Raba Bima. Sebut saja misalnya kasus dugaan korupsi sebesar Rp5,1 Milyar yang terjadi pada tahun anggaran (TA) 2007 akan segera diekspose di Kejaksaan Tinggi Mataram NTB.

Aksi Mogok Kerja di RSUD Lumpuhkan Pelayanan Pasien

Ket foto: Aksi Mogok Pegawai dan Karyawan RSUD Bima

Bima, Garda Asakota.-
Dampak dari aksi mogok kerja ratusan perawat dan bidan di RSUD Bima, Kamis (24/3), melumpuhkan pelayanan terhadap pasien yang tengah diopname di rumah sakit tersebut. Kondisi inilah yang dialami ibu paruh baya asal Desa Matua Kabupaten Dompu, Siti Hajar.
Kepada sejumlah wartawan, ia mengaku awalnya sempat dirawat di RSU Dompu untuk memeriksa ke¬adaan kandungannya. Namun saat itu,

Diduga Menipu, Mantan Calon Bupati Bima Dilapor ke Polda NTB

Mataram, Garda Asakota.-
Dugaan penipuan yang dilakukan oleh mantan calon Bupati Bima, Drs. H. Suhaedin sebesar Rp300 juta telah dilaporkan ke Polda NTB. Laporan ter¬sebut disampaikan langsung oleh Ketua Partai Demokrat Kabupaten Bima se¬kaligus anggota DPRD Pro¬vinsi NTB, Drs. H.Sulaiman Hamzah, beberapa waktu lalu kepada penyidik Polda NTB, dan hingga kini sedang ditangani serius oleh penyidik Polda NTB.

Humas: Jabatan Sekda Dapat Diperpanjang

Bima, Garda Asakota.-
Menanggapi polemik yang berkembang di masyarakat terkait dengan masa jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Bima, Drs. H. Masykur, HMS, yang berakhir tanggal 23 Maret 2011, Kabag Humaspro, Drs. Aris Gunawan menegaskan bahwa, sesuai aturan, meskipun masa kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bima yang saat ini dijabat H. Masykur berakhir 22 Maret 2011, namun jabatan Sekda tersebut tidak serta merta berakhir sesuai tanggal lahir tersebut.

Panitia Ralat Juara Olimpiade MIPA tingkat Bolo

Bolo, Garda Asakota.-
Ketua panitia lomba olimpiade ting¬kat Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Drs. H. Nurdin Ali, meluruskan infor¬masi para pemenang dalam lomba ter¬sebut. Jika sebelumnya diberitakan peraih juara lomba olimpiade MIPA tingkat Kecamatan Bolo adalah Sri Haryati dari SDN-03 Sila yang meraih juara satu untuk mata pelajaran IPA, juara dua Ummu Asyfa dari SDN-05 Sila, dan juara tiga adalah

Lomba Olimpiade MIPA tingkat Sape Digelar di SDN Inpres Jia

 Ketua Panitia Olimpiade MIPA tingkat Kecamatan Sape, Drs. Abdul Hamid H. Usman

Garda Asakota, Garda Asakota.-
Lomba olimpiade tingkat Kecamatan Sape Kabupaten Bima mata pelajaran IPA/SAINS dan mata pelajaran Mate¬ma¬tika tingkat SD/MI dihelat di SDN Inpres Jia, Rabu (22/3). Lomba olim¬piade MIPA ini diikuti sebanyak 84 pe¬serta.dimana masing-masing sekolah mengutus dua perwakilan per bidang studi.

Ditinggal Suami, Isteri Selingkuh, Hamil dan Aborsi

Kasat Reskrim Polres Bima, AKP. I Made Wiranata

Bima, Garda Asakota.-
Ditinggal suami pergi ke Malaysia untuk bekerja menjadi TKI, bukannya menjadi suatu kesyukuran bagi sang isteri. Hal inilah yang dialami NRH (32-tahun) warga Rt.12/Rw.05 asal Parado Wane Kecamatan Parado Kabupaten Bima. Belum begitu lama ditinggal pergi sang suami, rupanya dia tidak tahan kesepian dan diduga bermain ‘api’ asmara dengan laki-laki lain.

BPMPK Utus Tiga Lurah Ikuti Pelatihan di Mataram

Kepala BPMPK Kota Bima, Drs. H. Zakaria, HS

Kota Bima, Garda Asakota.-
Tiga Lurah di lingkup Kota Bima, dijadwalkan akan mengikuti kegiatan pelatihan manajemen aparatur peme¬rintahan selama tiga hari di Kota Mataram Propinsi NTB, tanggal 29-31 Maret mendatang. “Peatihan ini ber¬tujuan untuk meningkatkan pemberda¬yaan dan kapasitas pemberdayaan pemerintah Desa dan Kelurahan di NTB,” ungkap BPMPK Kota Bima, Drs. H. Zakaria, HS, kepada Garda Asakota, Rabu (23/3).
Menurutnya, rencana pelatihan ini atas

Pemkab Bima Dukung Kehadiran Pusat Hukum dan HAM

Bima, Garda Asakota.-
Berkenaan dengan rencana pelun¬cu¬ran Law and Human Rights Center (Pusat Pelayanan Terpadu Hukum dan Hak Asasi Manusia) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Barat bulan April 2011 mendatang, tim berjumlah 15 orang yang dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM NTB, Indro Purwoko, mengadakan Silatu¬rahmi dan tukar pikiran

Diduga Dipukul Oknum Polisi, Korban Lapor ke Polres Bima

Bima, Garda Asakota.-
Oknum anggota polisi diduga telah melakukan tindakan pemukulan terhadap Ketua Serikat Pekerja Trans¬portasi Indonesia (SPTI) Sektor Penge¬mudi, A Malik (38), di jalur watasan Muku Desa Pandai Kecamatan Woha Kabupaten Bima, tepatnya depan pembangunan kampus STAIS Bima, Rabu pagi (23/3).
Akibatnya, korban yang mengalami luka memar di bagian rahang kiri, lang¬sung mengadukannya ke Polres Bima, setelah sebelumnya dirawat di Puskes¬mas Woha. Saksi mata, Amir, yang juga

Tuntutan SPTI Dikabulkan, Supir Akhiri Aksi Mogok

Ket foto: Kadishubkominfo Kota dan Kabupaten Bima usai melakukan dialog dengan Pengurus Organda

Bima, Garda Asakota.-
Dipimpin oleh Abdul Malik H. Abdullah, Ketua Serikat Pekerja Trans¬portasi Indonesia (SPTI) Sektor Penge¬mudi Cabang Kabupaten Bima, para sopir angkutan umum yang sebelumnya telah melakukan aksi demo selama tiga hari (21-23/3) dengan menghentikan ope¬rasional angkutan yang mengaki¬batkan terlantarnya penumpang

Ratusan Karyawan PT. NNT Diduga Keracunan Makanan

PR Newmont : Keracunan Itu Sudah Biasa…!

Mataram, Garda Asakota.-
PT. Newmont Nusa Tenggara (PT. NNT), salah satu perusahaan berskala Internasional yang mengerjakan tambang emas di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kembali diterjang masalah serius akibat dari dugaan keteledoran perusahaan mitra Newmont di bidang bogasari yang disinyalir tidak mengha¬dirkan catering yang higeinis.

MTs Muh. Salahuddin Woha Bakal Dinegerikan

Bima, Garda Asakota.-
Sudah hampir empat tahun berdiri¬nya sekolah Yayasan MTs Muhammad Salahuddin Kecamatan Woha Kabupa¬ten Bima dinilai mampu memberikan warna pendidikan bernuansa keaga¬maan terhadap siswanya.
Menurut informasi yang diperoleh wartawan, yayasan tersebut beserta aset-asetnya akan diserahkan kepada pemerintah untuk dinegerikan. ”Insya ’Allah dalam waktu dekat akan kami serahkan

Lomba Rancang Busana

Rabu, 23 Maret 2011

Bupati Bima Kalah dalam Gugatan PTUN Kasus SBW

Nyatakan CV. Khalifah Bugis Sebagai Pemenang


Ket Foto: Kapolres Kota Bima, AKBP. Kumbul KS, SIK, yang dimintai komentarnya mengenai teror Bom di rumah milik Mahnur Saifurrahman, SH, di Rt.03Rw.01 Kota Bima.,Selasa (22/3)


Bima, Garda Asakota.-
Sidang putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Mataram Pro¬pinsi NTB yang menyidangkan perkara tender Sarang Burung Walet (SBW) antara Hj. Nurlailah Direktur CV. Khalifah Bugis melawan Bupati Bima dan panitia tender penguasaan dan pengelolaan goa SBW tahun 2010, Senin kemarin (22/3), berhasil dime¬nangkan CV. Khalifah Bugis secara mutlak. Dalam amar putusannya nomor: 53/G/2010/PTUN Mataram, majelis hakim yang diketuai oleh DR. Daniel, SH, MH itu, mengabulkan seluruh isi gugatan penggugat

Rumah Kakak Ipar Anggota KPU NTB Diteror BOM


Kota Bima, Garda Asakota.-
Aksi terror bom yang marak terjadi di Ibukota Jakarta dan sejumlah daerah lainnya, kini telah merambah di Kota Bima. Selasa kemarin (22/3), sebuah bungkusan yang diduga “BOM” ditemukan di rumah salah satu warga lingkungan Manggemaci Kelurahan Manggemaci Kota Bima.
Tentu-saja menyusul temuan bom di depan pintu rumah milik Mahnur Saifurrahman, SH, di Rt.03/Rw.01 ini,

Terseret Banjir, Warga Tengge Ambalawi Tewas

Ambalawi, Garda Asakota.-
Seorang petani, warga Dusun Tengge Desa Tolowata Kecamatan Ambalawi, Damru (30 tahun), diinfor¬masikan tewas setelah terbawa arus banjir sekitar pukul 15:30 Wita, Selasa (22/3), di Desa Tolowata Kecamatan Ambalawi.
Menurut data Garda Asakota, siang kemarin wilayah Ambalawi dan sekitar¬nya sempat diguyur hujan deras. Namun demikian, ungkap Ketua Imawi (Ikatan Mahasiswa Ambalawi),

LEAD Adukan Persoalkan CPNSD Tahun 2009 ke Dewan

Kota Bima, Garda Asakota.-
Proses rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNSD) tahun 2009 lalu di lingkup Pemerintah Kota Bima yang dipersoalkan oleh Lembaga Edukasi dan Advokasi (LEAD) Bima-NTB, Senin (21/3), sudah diadukan secara resmi ke lembaga DPRD Kota Bima. Dalam surat pengaduan nomor: 015/hdprd/kh/III/2011 yang ditujukan ke Pimpinan DPRD, Ketua LEAD, Agus Mawardy, membeberkan dugaan kejanggalan rekruitmen CPNS tahun 2009 oleh panitia pelaksana.

Pansus DPRD Kota Bima Intens Bahas Enam Raperda

Kabag  Humas DPRD Kota Bima, Wahyuddin, S. Sos

Kota Bima, Garda Asakota.-
Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Bima saat ini sedang melakukan pembahasan secara intensif enam dari 14 Raperda yang diajukan oleh pihak Eksekutif. Keenam Raperda itu, ung¬kap Kabag Humas DPRD Kota Bima, Wahyuddin, S. Sos, yakni raperda tentang perubahan perda nomor 6 tahun 2006 tentang bantuan keuangan kepada partai politik, perda nomor 15 tahun 2004 tentang penerimaan sumbangan pihak ketiga kepada daerah Kota Bima, perda nomor 19 tahun 2004 tentang pembentukan kantor Penghubung, raperda tentang penyertaan modal, raperda tentang penyelenggaraan perhubungan dan telekomunikasi, dan raperda tentang retribusi pemakaian kekayaan daerah.

Program Pemberdayaan Petani Digelar


Kota Bima, Gada Asakota.-
Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh Pertanian (BKP4) Kabupaten Bima, Selasa kemarin (22/3) membuka secara resmi acara kegiatan apresiasi metodologi penyuluhan partisipatif dan fasilitasi FMA bagi Tim Penyuluhan Lapangan (TPL) dalam progam pemberdayaan petani melalui teknologi dan informasi pertanian Kabupaten Bima.

Kasus Dugaan Kekerasan di Tato Masih Belum di P21

Kota Bima, Garda Asakota.-
Kasus dugaan tindak kekerasan yang mengakibatkan Mukminah warga lingkungan Tato Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota menderita luka hingga akhirnya meninggal dunia, hingga saat ini belum di P21 atau dinya¬takan lengkap oleh pihak Kejaksaan Negeri Raba Bima. Kajari Raba Bima melalui Kasi Datun, Pintono Haryono, SH, kepada Garda Asakota, menjelas¬kan bahwa,

Mahasiswa Aksi Galang Dana untuk Bocah Hydrocephalus


Kota Bima, Garda Asakota.-
Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam wadah Ikatan Mahasiswa Ambalawi (IMAWI) dan Gerakan Rak¬yat untuk Demokratis dan Trans¬paransi (GARUDA TIMUR) menggalang aksi pengumpulan dana untuk membantu meringankan beban Amirul Dzuhrus Safar, bayi laki-laki berusia 3thn asal Kecamatan Wawo Kabupaten Bima yang mengidap hydrocephalus (pembe¬saran pada kepala karena cairan).

Aksi Pencurian Sapi Digagalkan Warga Lewijambu

Kota Bima, Garda Asakota.-
Keheningan malam yang menyeli¬muti lingkungan Lewijambu Kelurahan Melayu Kecamatan Asakota Kota Bima, Selasa dini hari (22/3), terusik dengan aksi pencurian ternak yang dilakukan oleh dua orang pemuda.
Dua pelaku pencurian ternak tersebut tertangkap tangan ketika ingin membawa ternak sapi milik, Sukrin H. Abas (47-tahun) asal Sampungu Keca¬matan Soromandi Kabupaten Bima yang mengikat

Mutu Sekolah Tergantung Sinergi Kasek dan Guru

Drs. H. Syafrudin H.M.Nur, M.Pd

Bima, Garda Asakota.-
Menghadapi Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional (UN) tingkat SD/MI sebagai salah satu indikator mutu pendidikan yang akan digelar 10 hingga 12 Mei 2011 mendatang, jajaran Dikpora kembali mendapat pengarahan langsung dari Wakil Bupati Bima,Senin (21/3), di paruga NaE Kecamatan Woha. Kadis Dikpora Kabupaten Bima yang diwakili Kasi Kurikulum PAUD dan Dasar Hj. Jubaidah S.Pd, M. S,

Sakit, Dua Siswa di SMP 2 Woha Tak Ikut UAS

Kota Bima, Garda Asakota.-
Hari pertama dan kedua pelaksa¬naan Ujian Akhir Sekolah (UAS) tingkat SMP-2 Woha Kabupaten Bima, Selasa (22/3), berjalan lancar dan sukses, meskipun dua orang peserta UAS tidak mengikutinya dengan alasan sakit berat.
Kepala SMP-2 Woha, Sumardin, S. Pd, kepada wartawan,

QUO Vadis Pembentukan PPS

Jubir

Jakarta, Garda Asakota.-
Ekspektasi terhadap pembentukan daerah otonom baru bernama Propinsi Pulau Sumbawa (PPS) agaknya sudah tak terbendung. Setidaknya, hal ini dapat diukur dengan persetujuan yang telah diberikan oleh DPRD Kabupaten/kota dan Bupati/Wakil yang akan menjadi cakupan wilayah Propinsi yang dimak¬sud dan persetujuan DPRD Propinsi induk

Lomba Rancang Busana