DALAM MENJALANKAN TUGAS JURNALISTIK, KRU MEDIA GARDA ASAKOTA SELALU DILENGKAPI DENGAN KARTU IDENTITAS WARTAWAN

Rabu, 30 Maret 2011

Ilyas Dicoret dari Keanggotaan DK KPU NTB


Mataram, Garda Asakota.-
Ketua KPU NTB, Fauzan Khaliq, mengungkapkan bahwa, pada hari Senin (28/3), KPU NTB telah mengadakan rapat pleno untuk menggantikan nama Ilyas Sarbini, SH dari keanggota Dewan Kehormatan (DK) KPU NTB. Ilyas selanjutnya digantikan oleh anggota KPU NTB lainnya, Akshar Anshuri. Saat menerima audiensi dari sejumlah anggota Aliansi Rakyat Pro Demokratik (ARPD), di ruang rapat KPU NTB, Selasa (29/3). ditegaskan¬nya bahwa, pergantian ini bukan karena pesanan,

Tugas DK Memverifikasi Isi Rekomendasi Bawaslu

Mataram, Garda Asakota.-
Aliansi Rakyat Pro Demokratik (ARPD) dibawah Koordinator, Drs. Ruslan Efendy, menggelar audiensi dengan pihak KPUD NTB kemarin siang di ruang rapat KPU NTB, Selasa (29/3). Melalui Ahmad Ritauddin, SH, ARPD menegaskan bahwa sesuai dengan teks hukum yang tertuang dalam Pasal 30 ayat 1 UU Nomor 22 tahun 2007 menegaskan bahwa Dewan Kehormatan (DK) terbentuk atas rekomendasi Bawaslu untuk dilakukan pemberhentian anggota KPU Kabupaten/Kota dan didahului dengan langkah vefikasi oleh DK.

Bupati Abaikan Saran Tiga Pimpinan Dewan

Jabatan Masykur Tetap Diperpanjang

Bima, Garda Asakota.-
Berhembus kabar yang cukup kencang terkait dengan perpanjangan masa jabatan Drs. H. Masykur, HMS, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bima. Pria yang seharusnya memasuki usia pensiun tanggal 22 Maret 2011 ini, kemungkinan besar jaba¬ tannya akan diperpanjang selama satu tahun kedepan. Jika benar kepastian perpanjangan masa jabatan Masykur ini, menunjuk¬kan bahwa, Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, dianggap telah mengabaikan warning tiga Pimpinan DPRD Kabu¬paten Bima, Drs. H. Muchdar Arsyad, Ady Mahyuddin, SE, dan Drs. HM. Najib HM. Ali, yang sebelumnya telah mewanti-wanti agar jabatan

Sudah Ada Tersangka Kasus Pengerusakan Rumah di Rasalewi

Kota Bima, Garda Asakota.-
Kasus pengerusakan dua rumah warga oleh sekelompok orang di Rt.14/Rw.05 lingkungan Rasalewi Kelurahan Jatibaru Kecamatan Asakota, Sabtu malam (26/3), saat ini masih ditelusuri oleh pihak Kepolisian Resort Kota Bima. Menurut Kapolresta Bima melalui Kaur Reskrim, Ipda. Abdul Salam, pasca insiden pengerusakan dua rumah warga tersebut pihaknya langsung memanggil tujuh orang saksi. Dan dari hasil pemeriksaan tersebut, dua orang mengarah ke calon tersangka yaitu Irs dan Shr. “Keduanya masih warga di lingkungan Rasalewi,” ungkapnya Senin (28/3).

Kapolres Diminta Serius Tangani Kasus Dugaan Pengancaman

Kumbul KS., S.I.K

Kota Bima,Garda Asakota.-
M. Asykar warga Rt.5/Rw.03 lingkungan Rabantala Kelurahan Mata¬kando Kota Bima, mempertanyakan lambannya penanganan kasus dugaan pengancaman yang dilaporkannya ke Polresta Bima awal Maret lalu.
Kepada wartawan, korban menutur¬kan bahwa pada Kamis malam awal Maret lalu (3/3), ketika dirinya baru pulang sehabis bermain badminton sekitar pukul 23:00 Wita, dia ditelepon oleh salah satu keluarganya, tsrf yang berdomisili di lingkungan Lewijambu Kelurahan Melayu Kota Bima.

Sambut HUT ke-9 Kota Bima, Warga Sarae Adakan Berbagai Lomba


Kota Bima,Garda Asakota.-
Memeriahkan HUT ke-9 Kota Bima yang tinggal menghitung hari, kompo¬nen warga yang berada di lima ling¬kungan Kelurahan Sarae Kecamatan Rasanae Barat yakni Saleko, Sarae, Gilipanda, Lewisape, dan lingkungan Tolobali, selama tiga hari (27-29 Maret), menggelar berbagai macam lomba yang diikuti warga masyarakat dari berbagai tingkatan. Specialnya, panitia pelaksana khusus tahun ini adalah Tim Penggerak PKK dan Majelis Taklim Kelurahan Sarae dibantu para Ketua Rt/Rw. “Inilah salah satu bentuk partisipasi kami untuk memeriahkan HUT ke-9 Kota Bima tanggal 10 April, dimana komponen masyarakat di sini, mengadakan berbagai lomba yang melibatkan anak-anak, remaja serta orang tua,”ungkap Lurah Sarae, Idham, SH, kepada Garda Asakota, Selasa (29/3).

Bupati Ancam PNS yang Mogok Kerja

H. Fery Zulkarnain, ST

Bima, Garda Asakota.-
Bupati Bima, H. Fery Zulkarnain, mengancam untuk memeriksa PNS yang menggelar aksi demo atau mogok kerja. Sesuai peraturan pemerintah, kata dia, dilarang sepenuhnya PNS meng¬gelar hal seperti itu. “Bagi abdi Negara atau pegawai pemerintah diharamkan, karena itu akan merugikan masyarakat. Sanksi kalau melanggar itu diantaranya diturunkan pangkatnya satu tahun, di-berhentikan dengan hormat dan diber¬hentikan tidak hormat,” katanya saat pelantikan pejabab structural dan fung¬sional lingkup Pemkab Bima, di Paruga Nae Kecamatan Woha, Senin (28/3).

Warga Risa Vs Warga Keli, Nyaris Bentrok

Bima, Garda Asakota.-
Hampir terjadi bentrok antar kam¬pung antara warga Desa Keli dengan warga Desa Risa Kecamatan Woha Ka¬bu¬paten Bima di perbatasan desa setempat, Selasa kemarin (29/3).
Menurut informasi wartawan, aksi tersebut dipicu oleh raibnya sekitar tujuh unit sepeda motor milik warga Desa Risa yang diduga disabet bagian batok¬nya saat turnamen pertandingan sepak bola mini di Desa Keli, Senin sebelum¬nya (28/3). Pada pertandingan Senin itu, mempertontonkan permainan antara Tim Risa melawan Tim dari Desa Nisa. Suasana permainan terlihat memanas,

Kenaikan Gaji PNS Pemkab Bima, Dibayar tanggal 1 April

Bima, Garda Asakota.-
Ini kabar gembira untuk kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Terhitung 1 April 2011 mendatang sudah bisa menikmati kenaikan gaji baru plus rapelan yang ditetapkan Pemerintah berdasarkan Peraturan Pemerintah No.11 Tahun 2011. Demikian dikatakan Hariman, SE, M.Si, Kuasa BUD Setda Kabupaten Bima, sebagaimana dilansir Kabag Humaspro Pemkab Bima, Selasa (28/03).
Hariman menyebutkan, pembaya¬ran kenaikan gaji PNS baru bisa dila¬kukan April ini karena harus menunggu Keputusan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk penetapan kenaikan gaji PNS 2011 dan menunggu surat edaran menteri keuangan.

Koperasi ‘Dewi Sartika’ Gelar Rapat Anggota Tahunan

Bima, Garda Asakota.-
Keberadaan koperasi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan anggotanya melalui ke¬giatan-kegiatan yang didasarkan pada prinsip kolektivitas. Pada hari Selasa kemarin, (29/3), Koperasi Wanita “Dewi Sartika” mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2011, di Gedung Paruga NaE.
Ketua Kopwan “Dewi Sartika”, Hj. Hadijah Rifai, mengungkapkan bah¬wa, modal sendiri KOPWAN sebesar Rp.6.019.059.773 atau mengalami ke¬nai¬kan sebesar 74 persen dari modal sendiri tahun 2009. untuk modal luar sebesar Rp.628.927.471 mengalami kenaikan sebesar 26.236.085 atau 4.17 persen. Selain itu pada tahun 2010 Kopwan Dewi Sartika memperoleh dana hibah dari Kementerian Koperasi dan UKM sebesar Rp50 juta.

PNPM PISEW Diperpanjang hingga 2012

Bima, Garda Asakota.-
Setelah melalui proses kajian men¬dalam oleh Pemerintah Pusat, rencana¬nya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PNPM- PISEW) akan diperpanjang hingga 2012. M. Saiful Bahri, ST, M.Si, saat rapat koordinasi PNPM-PISEW di aula Bappeda Kabupaten Bima, Senin (28/3), meyakini bahwa PNPM - PISEW akan diperpanjang hingga tahun 2012. Manfaat program ini sangat dirasakan oleh masyarakat. Program ini, kata dia, telah memberikan kemuda¬han dalam menikmati hasil pemban¬gunanterutama daerah-daerah terpencil selama ini merasa terabaikan karena aksesibilitas yang kurang memadai.

Penilik Pemuda dan Olahraga Sape, Buka Kegiatan “Senam Ria”

Ishaka Thalib, S.Pd, MM

Sape, Garda Asakota.-
Penilik Pemuda dan Olahraga Kabu¬ paten Bima, Selasa pagi (29/3), mem¬buka kegiatan Senam Ria bersama yang diikuti oleh seluruh kepala sekolah dan dewan guru serta siswa-siswi perwaki¬lan seluruh sekolah yang berada di wilayah Sape Utara, di lapangan Timun Dusun Nanga Pambu Desa Buncu Kecamatan Sape Kabupaten Bima.
“Senam Ria ini bertujuan untuk memberikan kesegaran jasmani bagi seluruh kasek, dewan guru maupun para siswa-siswi yang berada di wilayah Sape Utara, terutama bagi guru olah-raganya,” ungkap Penilik Pemuda dan Olahraga

SDN Inpers Naru I, Duta Sape di Ajang Olimpiade MIPA

Sape, Garda Asakota.-
Setelah berhasil meraih jura 1 lomba Olimpiade MIPA tingkat Kecamatan Sape yang diikuti oleh 84 peserta, SDN Inpres Naru-I Sape menjadi duta Kecamatan Sape yang nantinya akan berjuang untuk mengharumkan keca¬ma¬tan Sape dalam lomba Olimpiade tingkat Kabupaten di Kecamatan Woha Kabupaten Bima nantinya.
Kasek SDN Inpres Naru-I Sape, Hj. Marfu’ah, S. Pd, mengaku sangat bersyukur dan bangga atas prestasi yang diraih oleh siswanya. Dan tentu¬nya keberhasilan itu tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan seluruh dewan guru SDN Inpres Naru I Sape, terutama guru-guru pembimbing Olimpiade, Siti Nurseha, SE dan Erdin, A.Ma.Pd.

Image Guru Monster

Oleh Rafika, S. Pd

Cobalah kita tanya kepada guru-guru pada masa pasca kemerdekaan, atau kita menyimak film-film kolosal yang berlatar atau beralur guru-guru tempo doeleo. Jawabannya tentu sangat berbeda dengan siswa dan guru zaman sekarang. Mengapa demikian ?
Guru adalah “Corong” bagi masyarakat terhadap perkembangan kualitas dan kuantitas pendidikan, dan guru harus memberikan jawaban yang pasti dan akurat kepada masyarakat terhadap prestasi pendidikan yang dicapai. Karena akan ada masanya setiap kebohongan itu akan “terpublik” Sentilnya Umar H. M. Saleh, S.Pd (Kasek SMA Negeri I Bolo ketika rapat Dinas 16 Maret 2011)

Senin, 28 Maret 2011

KPU Tegaskan, Anggota DK Sudah di SK-kan



Mataram, Garda Asakota.-
Ketua KPU NTB melalui Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan, Ilyas Sarbini, SH, menegaskan bahwa pada hari Kamis lalu (24/3), Fakultas Hukum Unram telah mengeluarkan secara resmi nama guru besar Fakultas Hukum Unram untuk menjadi anggota DK (Dewan Kehormatan) KPU NTB yakni, Prof. DR. Galang Asmara, SH, M. Hum. Menyusul keluarnya nama DK dari unsur tokoh masyarakat itu, maka lengkap sudah keanggotaan DK dari tiga nama yang sebelumnya disebut-sebut sebagai anggota DK.
Mereka itu adalah dua dari internal KPU NTB yakni Darman¬syah, M. Si (Ketua Divisi SDM) dan Ilyas Sarbini, SH (Ketua Divisi Hukum dan Penga¬wasan).

Isu Dukun Santet, Dua Rumah Dihancurkan

Ket. foto:
Inilah dua rumah milik warga Rasalewi Kelurahan Jatibaru Kecamatan Asakota yang dirusak sekelompok warga Sabtu malam (26/3), karena isu dukun santet. Tampak rumah brh (atas) dan rumah jwd (bawah) yang hancur porak-poranda.

Kota Bima, Garda Asakota.-
Sabtu malam (26/3) sekitar pukul 19:30 Wita, warga yang bertempat tinggal di Rt.14/Rw.05 lingkungan Rasalewi Kelurahan Jatibaru Kecama¬tan Asakota tiba-tiba digemparkan oleh aksi pengerusakan dua rumah warga oleh sekelompok orang.
Belum dike¬tahui pasti motif dibalik aksi pengeru¬sakan ini, namun menurut isu yang beredar, dicurigai, dua warga pemilik rumah tersebut, brh dan jwd sebagai dukun santet.

Kalah PTUN, Bupati Tempuh Upaya Hukum

Bima, Garda Asakota.-
Menanggapi pemberitaan Garda Asakota terkait dengan putusan kalahnya Bupati Bima dalam perkara PTUN Sarang Burung Walet (SBW) pada Sidang Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Mataram sesuai putusan PTUN nomor: 53/G/2010/PTUN-MTR tanggal 21 Maret 2011 yang menyatakan penolakan eksepsi Bupati Bima selaku tergugat I dan Ketua Panitia Tender Pengelolaan dan Pengusahaan SBW tahun 2010, Kabag Humas Pemkab Bima, Drs. Aris Gunawan, menegaskan keinginan pihak Bupati Bima yang akan menempuh upaya banding ke PTUN Surabaya.

Inspektorat: Joint Audit Termasuk Proyek DAK 2009


Kota Bima, Garda Asakota.-
Pemerintah Kota (Pemkot) Bima berkeinginan kuat untuk menyuguhkan laporan keuangan yang akuntabel dan transparan. Menindak-lanjuti keinginan tersebut, pada tanggal 3 Januari lalu Pemkot Bima menggandeng kerjasama audit (joint-audit) pengelolaan ke¬uangan dengan pihak BPKP Denpasar, sesuai dengan komitmen bersama yang tertuang dalam surat BPKP Nomor: 700/01/I/2011, tanggal 3 Januari 2011 lalu. “Joint audit ini berisi tujuh point diantarannya terkait dengan audit pelaksanaan proyek DAK Dikpora tahun 2009,” ungkap Inspektur Ins¬pektorat Kota Bima, H. Ach. Fachtoni, SH, kepada wartawan, Sabtu (26/3).
Joint-audit ini merupakan audit khusus di luar audit reguler yang dilak¬sanakan oleh BPKP. Menurut Toni, ada Tim khusus yang dibentuk oleh BPKP yang telah bekerja selama

Kejaksaan Masih Dalami Kasus Proyek Sumur Bor


Kota Bima, Garda Asakota.-
Kasus dugaan korupsi/penyim¬pangan pelaksanaan proyek sumur bor Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dispertapa) Kabupaten Bima yang dikerjakan di kecamatan Lambu, masih dalam tahap pemeriksaan saksi-saksi. “Yang diperiksa masih seputar tim pengadaan dari Dinas Pertanian Kabu¬paten Bima,” ungkap Kajari Bima me¬lalui Kasi Pidsus, I.M. Ecca Mariartha, SH, kepada wartawan, Jumat (25/3).
Baru-baru ini, kata dia, pihaknya sudah memanggil tiga orang saksi untuk dimintai keterangan dalam penyidikan kasus tersebut. Namun karena tim peme¬riksa terkendala ada tugas di Mataram, maka direncanakan pemerik¬saan akan dilanjutkan minggu ini.

Tanggapi Tuntutan Warga, Kabag Perencanaan PDAM Turun ke Lapangan

Bima, Garda Asakota.-
Setelah empat hari pasca aksi de¬monstrasi yang dilakukan oleh sejumlah warga gabungan pemuda dan mahasis¬wa Woha, Rabu lalu (23/3), pihak PDAM Cabang Woha intens melaku¬kan perbaikan di beberapa titik yang diduga sebagai penghambat distribusi air secara merata ke para konsumen.
Kepala Bagian (Kabag) Perenca¬naan PDAM Kabupaten Bima, Yusuf Suwaryoko, menjelaskan bahwa, terjadinya kemacetan air PDAM di beberpa titik di Kecamatan Woha dan sekitarnya adalah akibat bocornya pipa utama pendistribusian yang disebabkan oleh kandungan (Sedimen) atau material yang telah membeku sehingga pipa-pipa lama tersumbat.

Hindari Tabrakan, Trek Wahyu Putra Terlempar dari Badan Jalan


Bima, Garda Asakota.-
Komang, supir truck Wahyu Putra Nopol DK 9307 UB, menengalami kecelakaan di jalur Talabiu-Bima Desa Padolo Kecamatan Palibelo, Minggu (27/3) sekitar pukul 03. 00 Wita dini hari. Dia bersama trucknya terlempar kea real perswahan sekitar 10 meter dari badan jalan.
Akibatanya, trek yang mengangkut telur sebanyak 400 ikat tersebut terjungkir, hingga ribuan butir telur pecah. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa pada kecelakaan, meskipun dugaan kerugian mencapai angka ratusan juta.
Komang kepada Garda Asakota secara terus terang mengakui saat mengemudi dirinya sedang ngantuk, tapi karena jarak yang dekat untuk sampai pada tujuan dia merasa tanggung untuk beristrahat. “Jadi kalau istrahat tang¬gung,

Aksi Pencurian Disertai Kekerasan Terjadi di Cenggu

Belo, Garda Asakota.-
Di saat semua warga tertidur lelap, aksi pencurian disertai dengan tindak kekerasan kembali terjadi di Desa Cenggu Kecamatan Belo, sekitar pukul 02:30 dini hari Minggu (27/3). Korban Sahrudin Yasin (47 tahun) warga Rt.5/Rw.03, mengalami luka bacok pada lengan kanan dan luka gores pada tangan kanan dan kiri.
Kepada Garda Asakota, korban menceritakan bahwa, pada Kamis dini hari itu dirinya tiba-tiba terjaga dari tidur¬nya lantaran mendengar anak saya(rini, 31 thn) beteriak sambil menrintih. Untuk memastikan hal itu, diapun keluar kamar, namun naas dialaminya, tiba-tiba dia langsung dibacok oleh salah satu pen¬curi pada bagian lengan kanan.
“Ketika ia membacok pada kedua kalinya, saya cepat bereaksi dengan memegang tangan pelaku dan sempat bergelut selama hampir dua menit.

Puluhan Warga Woha Tuntut Pemerataan Pembagian Air PDAM

Bima, Garda Asakota.-
Peningkatan kualitas pelayanan mestinya harus terus ditingkatkan terutama berkaitan dengan kualitas air dan distribusi ke rumah-rumah warga. Rabu lalu (23/3), puluhan mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam Aliansi Front Mahasiswa dan Pemuda Woha menggelar aksi demonstrasi dan aksi protes terhadap pelayanan Peru¬sahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cabang Woha.
Aksi aliansi yang didalamnya tergabung beberapa organisasi pemuda dan mahasiswa Woha (FMPS, FP3, HIMAWO, LMND dan GEPMABI), menuntut pihak PDAM Cabang Woha agar memberikan pelayanan terbaik terhadap seluruh konsumen.

Tuntut Perbaikan Jalan, Massa Tanam Pohon Pisang di Badan Jalan


Woha, Garda Asakota.-
Puluhan massa demonstran yang tergabung dalam Persatuan Masyara¬kat Jalan Lintas Sumbawa (PLMJS) yang terdiri dari kumpulan masyarakat Desa Penapali dan sekitarnya meng¬gelar aksi menuntut perbaikan jalan Talabiu-Bolo, Sabtu pagi (27/3).
Menariknya, selain menggelar orasi bebas yang disuarakan oleh Kordinator Lapangan (korlap) demonstran, massa juga sempat menanam pohon pisang sebagai bentuk kekecewaan terhadap sikap pemerintah yang tidak peduli terhadap kondisi jalan yang saat ini rusak parah, dan memblokir jalur pertigaan Godo selama kurang lebih 20 menit hingga mengakibatkan kemace¬tan panjang di jalur tersebut.
Korlap aksi, A. Fandi, mengaku hampir setiap hari kecelakaan yang

Wabup: Bangun Bima dengan Bekerja

Bima, Garda Asakota.-
Diklat Prajabatan CPNSD Golongan III Angkatan I Tingkat Kabupaten Bima Pola Kemitraan Dengan Badan Kepe¬gawaian Daerah Propinsi NTB Tahun Anggaran 2011 ditutup Wakil Bupati Bima, Drs. H. Syafrudin HM., Nur., Sa¬btu malam (26/3), di aula LLK Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabu¬paten Bima.
Acara tersebut dihadiri pula Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bima, perwakilan BKD Provinsi NTB, Sekretaris Daerah Kabupaten Bima, Asisten I dan III Setda, SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, Widyaswara Badan Diklat Propinsi Nusa Tenggara Barat, dan Widyaiswara Kabupaten Bima.

TKI Asal Bima Tewas Saat Bekerja di Brunei Darusalam


Kota Bima, Garda Asakota.-
Maraknya pemberitaan di media massa/elektronik terkait nasib tragis yang dialami tenaga kerja Indonesia (TKI) di berbagai Negara, kembali dialami oleh salah satu TKI asal Dodu I Rt.7/ Rw.03 Kelurahan Dodu Keca¬matan Rasanae Timur, Jamaluddin (41-thn). Dipastikan pria yang berangkat bekerja pada bulan Maret 2009 silam di Negara Brunei Darusalam tersebut meninggal dunia dalam kecelakaan akibat diapit oleh dua truck saat ia bekerja, Rabu (23/3).
Kakak korban, Hasnah, kepada wartawan menceritakan, sejak keper¬gian pada Maret 2009 lalu, almarhum tidak pernah pulang ke Bima. Dia hanya menelpon dua

Sudirman dan Terobosannya di SDN Inpres Jia-Sape

Sudirman, S. Pd, M.Si

Sape, Garda Asakota.-
Sekolah Dasar Negeri (SDN) Inpres Jia merupakan satu-satunya sekolah tingkat dasar yang menjadi tumpuan hara¬pan masyarakat Jia untuk mendo¬rong anak-anak mereka menuntut ilmu agar kelak dapat bermanfaat bagi agama, negara, dan bangsa.
Salah satu guru SDN Inpres Jia yang enggan disebutkan namanya kepada wartawan mengaku kondisi sekolah yang terletak persis pinggir jalan lintas Jia-Sape ini semulanya terkesan kumuh, maka dengan hadirnya sosok Kasek baru, mulai nampak ada perubahan baik dari segi administrasi, ketrampilan maupun penataan lingkungan sekolah. “Terus terangnya, hadirnya kepala se¬kolah yang baru ini, membawa peruba¬han positif di sekolah kami,” ucapnya.

Jumat, 25 Maret 2011

Dugaan Pembobolan Dana Astra Dievaluasi Kejati NTB

Adik Bupati Bima Diduga Terima Aliran Dana


Mataram, Garda Asakota.-
Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB saat sekarang tengah melakukan evaluasi secara mendalam terkait dengan du¬gaan pembobolan atau penggelapan dana sebesar Rp2,7 Milyar lebih di PT. Astra Cabang Bima NTB yang meli¬bat¬kan sejumlah mantan karyawan PT. Astra Bima NTB. Langkah evaluasi itu dilakukan setelah pihak penyidik Kepolisian Daerah (Polda) NTB telah selesai didalam melakukan pember¬kasan berita acara pemeriksaan.

Ratusan Perawat di RSUD Bima Mogok Kerja

Ket foto: Wakil Bupati dan Sekda Kab. Bima berdialog dengan massa mogok kerja di halaman RSUD Kab.Bima

Bima, Garda Asakota.-
Ratusan perawat dan bidan yang bertugas di RSUD Bima, sekitar pukul 07.00 Wita hingga pukul 11. 15 Wita Kamis kemarin (24/3), menggelar aksi mogok kerja menuntut pembayaran uang jasa medis selama tiga bulan terakhir yang tidak kunjung dibayarkan. Selain itu, mereka juga menuntut Pemkab Bima segera mengalokasikan uang insentif sebagaimana diterima oleh para dokter yang bertugas di RSUD
setempat. Direktur RSUD Bima justru dituding tidak

Kejati Segera Ekspose Dugaan Korupsi Sebesar Rp5,1 Milyar

Mataram, Garda Asakota.-
Setelah bertahun-tahun penanganan hukumnya mangkrak di tangan lembaga hukum. Dugaan skandal korupsi yang bernilai puluhan milyar yang ditengarai terjadi di lingkup Pemerintahan Kota (Pemkot) Bima kini mulai dilirik kembali oleh pihak Kejaksaan Negeri Raba Bima. Sebut saja misalnya kasus dugaan korupsi sebesar Rp5,1 Milyar yang terjadi pada tahun anggaran (TA) 2007 akan segera diekspose di Kejaksaan Tinggi Mataram NTB.

Aksi Mogok Kerja di RSUD Lumpuhkan Pelayanan Pasien

Ket foto: Aksi Mogok Pegawai dan Karyawan RSUD Bima

Bima, Garda Asakota.-
Dampak dari aksi mogok kerja ratusan perawat dan bidan di RSUD Bima, Kamis (24/3), melumpuhkan pelayanan terhadap pasien yang tengah diopname di rumah sakit tersebut. Kondisi inilah yang dialami ibu paruh baya asal Desa Matua Kabupaten Dompu, Siti Hajar.
Kepada sejumlah wartawan, ia mengaku awalnya sempat dirawat di RSU Dompu untuk memeriksa ke¬adaan kandungannya. Namun saat itu,

Diduga Menipu, Mantan Calon Bupati Bima Dilapor ke Polda NTB

Mataram, Garda Asakota.-
Dugaan penipuan yang dilakukan oleh mantan calon Bupati Bima, Drs. H. Suhaedin sebesar Rp300 juta telah dilaporkan ke Polda NTB. Laporan ter¬sebut disampaikan langsung oleh Ketua Partai Demokrat Kabupaten Bima se¬kaligus anggota DPRD Pro¬vinsi NTB, Drs. H.Sulaiman Hamzah, beberapa waktu lalu kepada penyidik Polda NTB, dan hingga kini sedang ditangani serius oleh penyidik Polda NTB.

Humas: Jabatan Sekda Dapat Diperpanjang

Bima, Garda Asakota.-
Menanggapi polemik yang berkembang di masyarakat terkait dengan masa jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Bima, Drs. H. Masykur, HMS, yang berakhir tanggal 23 Maret 2011, Kabag Humaspro, Drs. Aris Gunawan menegaskan bahwa, sesuai aturan, meskipun masa kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bima yang saat ini dijabat H. Masykur berakhir 22 Maret 2011, namun jabatan Sekda tersebut tidak serta merta berakhir sesuai tanggal lahir tersebut.

Panitia Ralat Juara Olimpiade MIPA tingkat Bolo

Bolo, Garda Asakota.-
Ketua panitia lomba olimpiade ting¬kat Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Drs. H. Nurdin Ali, meluruskan infor¬masi para pemenang dalam lomba ter¬sebut. Jika sebelumnya diberitakan peraih juara lomba olimpiade MIPA tingkat Kecamatan Bolo adalah Sri Haryati dari SDN-03 Sila yang meraih juara satu untuk mata pelajaran IPA, juara dua Ummu Asyfa dari SDN-05 Sila, dan juara tiga adalah

Lomba Olimpiade MIPA tingkat Sape Digelar di SDN Inpres Jia

 Ketua Panitia Olimpiade MIPA tingkat Kecamatan Sape, Drs. Abdul Hamid H. Usman

Garda Asakota, Garda Asakota.-
Lomba olimpiade tingkat Kecamatan Sape Kabupaten Bima mata pelajaran IPA/SAINS dan mata pelajaran Mate¬ma¬tika tingkat SD/MI dihelat di SDN Inpres Jia, Rabu (22/3). Lomba olim¬piade MIPA ini diikuti sebanyak 84 pe¬serta.dimana masing-masing sekolah mengutus dua perwakilan per bidang studi.

Ditinggal Suami, Isteri Selingkuh, Hamil dan Aborsi

Kasat Reskrim Polres Bima, AKP. I Made Wiranata

Bima, Garda Asakota.-
Ditinggal suami pergi ke Malaysia untuk bekerja menjadi TKI, bukannya menjadi suatu kesyukuran bagi sang isteri. Hal inilah yang dialami NRH (32-tahun) warga Rt.12/Rw.05 asal Parado Wane Kecamatan Parado Kabupaten Bima. Belum begitu lama ditinggal pergi sang suami, rupanya dia tidak tahan kesepian dan diduga bermain ‘api’ asmara dengan laki-laki lain.

BPMPK Utus Tiga Lurah Ikuti Pelatihan di Mataram

Kepala BPMPK Kota Bima, Drs. H. Zakaria, HS

Kota Bima, Garda Asakota.-
Tiga Lurah di lingkup Kota Bima, dijadwalkan akan mengikuti kegiatan pelatihan manajemen aparatur peme¬rintahan selama tiga hari di Kota Mataram Propinsi NTB, tanggal 29-31 Maret mendatang. “Peatihan ini ber¬tujuan untuk meningkatkan pemberda¬yaan dan kapasitas pemberdayaan pemerintah Desa dan Kelurahan di NTB,” ungkap BPMPK Kota Bima, Drs. H. Zakaria, HS, kepada Garda Asakota, Rabu (23/3).
Menurutnya, rencana pelatihan ini atas

Pemkab Bima Dukung Kehadiran Pusat Hukum dan HAM

Bima, Garda Asakota.-
Berkenaan dengan rencana pelun¬cu¬ran Law and Human Rights Center (Pusat Pelayanan Terpadu Hukum dan Hak Asasi Manusia) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Barat bulan April 2011 mendatang, tim berjumlah 15 orang yang dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM NTB, Indro Purwoko, mengadakan Silatu¬rahmi dan tukar pikiran

Diduga Dipukul Oknum Polisi, Korban Lapor ke Polres Bima

Bima, Garda Asakota.-
Oknum anggota polisi diduga telah melakukan tindakan pemukulan terhadap Ketua Serikat Pekerja Trans¬portasi Indonesia (SPTI) Sektor Penge¬mudi, A Malik (38), di jalur watasan Muku Desa Pandai Kecamatan Woha Kabupaten Bima, tepatnya depan pembangunan kampus STAIS Bima, Rabu pagi (23/3).
Akibatnya, korban yang mengalami luka memar di bagian rahang kiri, lang¬sung mengadukannya ke Polres Bima, setelah sebelumnya dirawat di Puskes¬mas Woha. Saksi mata, Amir, yang juga

Tuntutan SPTI Dikabulkan, Supir Akhiri Aksi Mogok

Ket foto: Kadishubkominfo Kota dan Kabupaten Bima usai melakukan dialog dengan Pengurus Organda

Bima, Garda Asakota.-
Dipimpin oleh Abdul Malik H. Abdullah, Ketua Serikat Pekerja Trans¬portasi Indonesia (SPTI) Sektor Penge¬mudi Cabang Kabupaten Bima, para sopir angkutan umum yang sebelumnya telah melakukan aksi demo selama tiga hari (21-23/3) dengan menghentikan ope¬rasional angkutan yang mengaki¬batkan terlantarnya penumpang

Ratusan Karyawan PT. NNT Diduga Keracunan Makanan

PR Newmont : Keracunan Itu Sudah Biasa…!

Mataram, Garda Asakota.-
PT. Newmont Nusa Tenggara (PT. NNT), salah satu perusahaan berskala Internasional yang mengerjakan tambang emas di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) kembali diterjang masalah serius akibat dari dugaan keteledoran perusahaan mitra Newmont di bidang bogasari yang disinyalir tidak mengha¬dirkan catering yang higeinis.

MTs Muh. Salahuddin Woha Bakal Dinegerikan

Bima, Garda Asakota.-
Sudah hampir empat tahun berdiri¬nya sekolah Yayasan MTs Muhammad Salahuddin Kecamatan Woha Kabupa¬ten Bima dinilai mampu memberikan warna pendidikan bernuansa keaga¬maan terhadap siswanya.
Menurut informasi yang diperoleh wartawan, yayasan tersebut beserta aset-asetnya akan diserahkan kepada pemerintah untuk dinegerikan. ”Insya ’Allah dalam waktu dekat akan kami serahkan

Lomba Rancang Busana

Rabu, 23 Maret 2011

Bupati Bima Kalah dalam Gugatan PTUN Kasus SBW

Nyatakan CV. Khalifah Bugis Sebagai Pemenang


Ket Foto: Kapolres Kota Bima, AKBP. Kumbul KS, SIK, yang dimintai komentarnya mengenai teror Bom di rumah milik Mahnur Saifurrahman, SH, di Rt.03Rw.01 Kota Bima.,Selasa (22/3)


Bima, Garda Asakota.-
Sidang putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Mataram Pro¬pinsi NTB yang menyidangkan perkara tender Sarang Burung Walet (SBW) antara Hj. Nurlailah Direktur CV. Khalifah Bugis melawan Bupati Bima dan panitia tender penguasaan dan pengelolaan goa SBW tahun 2010, Senin kemarin (22/3), berhasil dime¬nangkan CV. Khalifah Bugis secara mutlak. Dalam amar putusannya nomor: 53/G/2010/PTUN Mataram, majelis hakim yang diketuai oleh DR. Daniel, SH, MH itu, mengabulkan seluruh isi gugatan penggugat

Rumah Kakak Ipar Anggota KPU NTB Diteror BOM


Kota Bima, Garda Asakota.-
Aksi terror bom yang marak terjadi di Ibukota Jakarta dan sejumlah daerah lainnya, kini telah merambah di Kota Bima. Selasa kemarin (22/3), sebuah bungkusan yang diduga “BOM” ditemukan di rumah salah satu warga lingkungan Manggemaci Kelurahan Manggemaci Kota Bima.
Tentu-saja menyusul temuan bom di depan pintu rumah milik Mahnur Saifurrahman, SH, di Rt.03/Rw.01 ini,

Terseret Banjir, Warga Tengge Ambalawi Tewas

Ambalawi, Garda Asakota.-
Seorang petani, warga Dusun Tengge Desa Tolowata Kecamatan Ambalawi, Damru (30 tahun), diinfor¬masikan tewas setelah terbawa arus banjir sekitar pukul 15:30 Wita, Selasa (22/3), di Desa Tolowata Kecamatan Ambalawi.
Menurut data Garda Asakota, siang kemarin wilayah Ambalawi dan sekitar¬nya sempat diguyur hujan deras. Namun demikian, ungkap Ketua Imawi (Ikatan Mahasiswa Ambalawi),

LEAD Adukan Persoalkan CPNSD Tahun 2009 ke Dewan

Kota Bima, Garda Asakota.-
Proses rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNSD) tahun 2009 lalu di lingkup Pemerintah Kota Bima yang dipersoalkan oleh Lembaga Edukasi dan Advokasi (LEAD) Bima-NTB, Senin (21/3), sudah diadukan secara resmi ke lembaga DPRD Kota Bima. Dalam surat pengaduan nomor: 015/hdprd/kh/III/2011 yang ditujukan ke Pimpinan DPRD, Ketua LEAD, Agus Mawardy, membeberkan dugaan kejanggalan rekruitmen CPNS tahun 2009 oleh panitia pelaksana.

Pansus DPRD Kota Bima Intens Bahas Enam Raperda

Kabag  Humas DPRD Kota Bima, Wahyuddin, S. Sos

Kota Bima, Garda Asakota.-
Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Bima saat ini sedang melakukan pembahasan secara intensif enam dari 14 Raperda yang diajukan oleh pihak Eksekutif. Keenam Raperda itu, ung¬kap Kabag Humas DPRD Kota Bima, Wahyuddin, S. Sos, yakni raperda tentang perubahan perda nomor 6 tahun 2006 tentang bantuan keuangan kepada partai politik, perda nomor 15 tahun 2004 tentang penerimaan sumbangan pihak ketiga kepada daerah Kota Bima, perda nomor 19 tahun 2004 tentang pembentukan kantor Penghubung, raperda tentang penyertaan modal, raperda tentang penyelenggaraan perhubungan dan telekomunikasi, dan raperda tentang retribusi pemakaian kekayaan daerah.

Program Pemberdayaan Petani Digelar


Kota Bima, Gada Asakota.-
Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh Pertanian (BKP4) Kabupaten Bima, Selasa kemarin (22/3) membuka secara resmi acara kegiatan apresiasi metodologi penyuluhan partisipatif dan fasilitasi FMA bagi Tim Penyuluhan Lapangan (TPL) dalam progam pemberdayaan petani melalui teknologi dan informasi pertanian Kabupaten Bima.

Kasus Dugaan Kekerasan di Tato Masih Belum di P21

Kota Bima, Garda Asakota.-
Kasus dugaan tindak kekerasan yang mengakibatkan Mukminah warga lingkungan Tato Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota menderita luka hingga akhirnya meninggal dunia, hingga saat ini belum di P21 atau dinya¬takan lengkap oleh pihak Kejaksaan Negeri Raba Bima. Kajari Raba Bima melalui Kasi Datun, Pintono Haryono, SH, kepada Garda Asakota, menjelas¬kan bahwa,

Mahasiswa Aksi Galang Dana untuk Bocah Hydrocephalus


Kota Bima, Garda Asakota.-
Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam wadah Ikatan Mahasiswa Ambalawi (IMAWI) dan Gerakan Rak¬yat untuk Demokratis dan Trans¬paransi (GARUDA TIMUR) menggalang aksi pengumpulan dana untuk membantu meringankan beban Amirul Dzuhrus Safar, bayi laki-laki berusia 3thn asal Kecamatan Wawo Kabupaten Bima yang mengidap hydrocephalus (pembe¬saran pada kepala karena cairan).

Aksi Pencurian Sapi Digagalkan Warga Lewijambu

Kota Bima, Garda Asakota.-
Keheningan malam yang menyeli¬muti lingkungan Lewijambu Kelurahan Melayu Kecamatan Asakota Kota Bima, Selasa dini hari (22/3), terusik dengan aksi pencurian ternak yang dilakukan oleh dua orang pemuda.
Dua pelaku pencurian ternak tersebut tertangkap tangan ketika ingin membawa ternak sapi milik, Sukrin H. Abas (47-tahun) asal Sampungu Keca¬matan Soromandi Kabupaten Bima yang mengikat

Mutu Sekolah Tergantung Sinergi Kasek dan Guru

Drs. H. Syafrudin H.M.Nur, M.Pd

Bima, Garda Asakota.-
Menghadapi Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasional (UN) tingkat SD/MI sebagai salah satu indikator mutu pendidikan yang akan digelar 10 hingga 12 Mei 2011 mendatang, jajaran Dikpora kembali mendapat pengarahan langsung dari Wakil Bupati Bima,Senin (21/3), di paruga NaE Kecamatan Woha. Kadis Dikpora Kabupaten Bima yang diwakili Kasi Kurikulum PAUD dan Dasar Hj. Jubaidah S.Pd, M. S,

Sakit, Dua Siswa di SMP 2 Woha Tak Ikut UAS

Kota Bima, Garda Asakota.-
Hari pertama dan kedua pelaksa¬naan Ujian Akhir Sekolah (UAS) tingkat SMP-2 Woha Kabupaten Bima, Selasa (22/3), berjalan lancar dan sukses, meskipun dua orang peserta UAS tidak mengikutinya dengan alasan sakit berat.
Kepala SMP-2 Woha, Sumardin, S. Pd, kepada wartawan,

QUO Vadis Pembentukan PPS

Jubir

Jakarta, Garda Asakota.-
Ekspektasi terhadap pembentukan daerah otonom baru bernama Propinsi Pulau Sumbawa (PPS) agaknya sudah tak terbendung. Setidaknya, hal ini dapat diukur dengan persetujuan yang telah diberikan oleh DPRD Kabupaten/kota dan Bupati/Wakil yang akan menjadi cakupan wilayah Propinsi yang dimak¬sud dan persetujuan DPRD Propinsi induk

Lomba Rancang Busana

Senin, 21 Maret 2011

KPU NTB Sepakati Pembentukan DK

Mataram, Garda Asakota.-
Seluruh anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) NTB menye¬pakati pembentukan Dewan Kehorma¬tan (DK) untuk memeriksa dugaan pelanggaran administrasi Pemilu yang disinyalir dilakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Bima atas nama Ichwan P. Syamsuddin dan anggota KPU Kabu¬paten lainnya atas nama Zuriati, Ahmad Yasin, SH., MH., Saiful Irfan dan Siti Nursusilawati dalam

Disinyalir Tender Lima Paket Proyek di Pemkab Bima, Tertutup

Bima, Garda Asakota.-
Lima paket proyek senilai lebih kurang Rp600 juta lebih diduga dilak¬sanakan secara tertutup oleh Ketua Unit Layanan Pengadaan (ULP)Kabupaten Bima. Lima paket tersebut yakni Rehab Sedang SDN Inp. Tala Rp193,104,¬000.00 Gred 2/3/4 AP.21005, Rehab Ringan SDN Inp. 2 Tolowata Rp142,¬612,000.00 Gred 2/3/4 AP.21005, Rehab Berat Polindes Rite Rp125,414,¬000.00 Gred 2/3/4 AP.21005,

Walikota Buka Konferensi PWI Perwakilan Bima

Sofran Gantikan Khairuddin

Kota Bima, Garda Asakota.-
Bertempat di Lesehan Putri ling¬kungan Pane Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima, Sabtu malam (19/3), Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin, membuka secara resmi kegiatan konferensi ke-2 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Bima.
Selain dihadiri Walikota Bima, kegiatan konferensi yang berlangsung penuh hikmad dan sederhana itu, juga turut dihadiri Wakil Bupati Bima, H. Syafrudin HM. Nor,

BPBD Pantau Dampak Konflik Warga Dodu I dan Dodu II



Kota Bima, Garda Asakota.-
Untuk melihat secara langsung dampak konflik warga di lingkungan Dodu I dan Dodu II Kelurahan Dodu Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima, Sabtu (19/3), Tim Badan Penanggu¬langan Bencana Daerah (BPBD) bersama Kasat Pol. PP, terjun ke lapangan guna mengidentifikasi kerugian yang dialami warga.
Sekretaris BPBD Kota Bima,

Kades Rada Kecewa Muncul LKD Tanpa Rekomendasi Desa

Bolo, Garda Asakota.-
Kepala Desa (Kades) Rada Keca¬matan Bolo Kabupaten Bima, Yunus H. Ismail, mengungkapkan kerisauan hati¬nya terkait munculnya permasalahan dalam pengajuan Lembaga Kemasyara¬katan Desa (LKD) dalam proyek kegiatan PNPM PISEW tahun 2011.
Kepada wartawan, Jumat (18/3), Kades mengaku, berdasarkan konfir¬ma¬sinya

M. Agil dan Sri Haryati Juara Satu Olimpiade MIPA tingkat Kecamatan Bolo

Bolo, Garda Asakota.-
Untuk menjaring siswa yang akan mewakili Kecamatan Bolo dalam lomba Olimpiade MIPA tingkat Kabupaten Bima pada bulan April 2011 mendatang, UPT Dikpora Kecamatan Bolo menga¬dakan kegiatan lomba Olimpiade mata pelajaran IPA dan Matematika bertem¬pat di SDN-5 Sila, Sabtu (19/3).
Ketua pelaksana kegiatan lomba Olimpiade MIPA, Drs. H. Nurdin Ali,

Dendam Lama, Warga Parangina Tewas Dibunuh


Kota Bima, Garda Asakota.-
Kasus pembunuhan kembali meng¬gemparkan masyarakat Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Korban pembu¬nuhan yang sudah diidentifikasi ber¬nama, Sukardin, warga Desa Parangi¬na, ditemukan tergeletak di sebuah ruas jalan di Sape Parangina sekitar pukul 18:00 Wita,

Bupati Bima Pantau Kesiapan UAS/UN di Sekolah

Bima, Garda Asakota.-
Sebagai wujud kepedulian dan tanggung-jawab terhadap dunia pendi¬dikan, Bupati Bima, H. Ferry Zulkar¬nain, melakukan pemantauan secara langsung persiapan pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Nasio¬nal (UN) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri-I Woha yang dilanjut¬kan ke beberapa sekolah yang ada di Kecamatan Woha dan Kecamatan Belo, Sabtu (19/3).

BKM Lawoto Kelurahan Sarae Adakan Lomba Menggambar



Kota Bima, Garda Asakota.-
Sebanyak 80 siswa TK dan SD yang berada di Kelurahan Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima, Jumat (18/3), mengikuti lomba menggambar yang diadakan oleh PLPBK dan BKM Lawoto. Kegiatan yang berlangsung di aula kantor Kelurahan Sarae itu, bertemakan tata lingkungan yang bersih dan sehat. Di temui di sela-sela kegiatan, ketua panitia lomba meng¬gambar, Arif Rahman,

Judi Sabung Ayam Marak di Woha, Pemerintah Berdiam Diri

Woha, Garda Asakota.-
Ajang perjudian tampaknya masih marak terjadi di tengah masyarakat kita. Di Desa Naru Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Minggu kemarin (20/3) misalnya, sekitar seratusan warga dari berbagai desa menggelar judi sabung Ayam di sebuah kebun yang terletak di pinggir kali Desa Naru,

Takut Anaknya Terkena Musibah, Seorang Ibu Sempat Pingsan

Bima, Garda Asakota.-
Hubungan emosional orang-tua terhadap anaknya tidak bisa diputuskan oleh siapapun, meskipun keberadaan anaknya jauh dari hadapannya seka¬lipun, kontak batin orang-tua terhadap anak sangatlah kuat. Hal inilah yang mungkin dirasakan oleh Hj. Salmah H. Ishaka (53 thn) asal Desa Kalampa Kecamatan Woha Kabupaten Bima.

Lomba Rancang Busana

Jumat, 18 Maret 2011

KPU NTB Segera Tindak lanjuti Rekomendasi Bawaslu



Bima, Garda Asakota.-
Surat rekomendasi Bawaslu RI Nomor: 119/Bawaslu/III/2011 yang me¬minta KPU Propinsi NTB mem¬bentuk Dewan Kehormatan (DK) untuk memberhentikan seluruh anggota KPU Kabupaten Bima sudah diterima oleh KPU NTB, Rabu (16/3).
Menyusul diterimanya surat terse¬but, pihak KPU NTB berjanji akan segera menindak-lanjutinya dan segera membentuk DK KPU NTB.

Arahan Bupati Bima Dinilai Dapat Meruncing Persoalan

Bima, Garda Asakota.-
Setiap arahan Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain dalam menyikapi berbagai persoalan yang tengah dihadapinya saat ini, justru dinilai oleh salah satu tokoh masyarakat Bima dapat memperuncing masalah. “Setiap arahan Bupati, saya menilai memperuncing masalah. Orang lain dituduh bohong, padahal dia sendiri luar biasa,” ungkap salah satu tokoh masyarakat Bima, Drs. H. Fitrah A. Malik, kepada wartawan Kamis (17/3).

Rekomendasi Bawaslu Dinilai Buka Borok KPU

Bima, Garda Asakota.-
Dengan fakta keluarnya rekomen¬dasi Bawaslu RI Nomor: 119/Bawaslu/III/2011 yang meminta KPU Propinsi NTB membentuk Dewan Kehormatan (DK) untuk memecat seluruh anggota KPU Kabupaten Bima dinilai telah membuka tabir hitam dan kelam ada¬nya indikasi ‘permainan’ KPUD Bima sebagai penyelenggara Pemilukada Bima sehingga aturan hukum disepele¬kan bahkan dilecehkan tanpa tanggung-jawab. Untuk itu, Penasehat Hukum (PH) pasangan Zainul-Usman (ZA¬MAN)

Bupati Tegaskan Ancaman Pidana Bagi yang Halangi Pertambangan



Sape, Garda Asakota.-
Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, dalam kunjungan sialturahminya dengan jajaran Dinas Dikpora Kecamatan Sape, Lambu, dan Wawo yang bertem¬pat di Paruga Na’e Sape, Kamis (17/3), menegaskan bahwa, sesuai dengan UU No. 4 tahun 2009 tentang Pertam¬bangan ada dua bentuk ijin pertam¬bangan yaitu ijin eksplorasi dan ijin ekploitasi. Terkait aktivitas pertam¬bangan di Lambu, Bupati Ferry kembali menegaskan bahwa perusahaan yang masuk baru mengantongi ijin ekplorasi.

Kapolresta Ajak Warga Lambu Ciptakan Suasana Kondusif



Lambu, Garda Asakota.-
Pasca aksi demo penolakan masuk¬nya pertambangan hingga terjadinya kerusuhan pembakaran kantor Camat Lambu kondisi Lambu belum sepenuh¬nya kondusif. Kamis kemarin (17/3), Kapolresta Bima Kota, AKBP. Kum¬bul, SIK, beserta anggotanya melaku¬kan kunjungan silaturahmi

LEAD Bima-NTB Persoalkan Tes CPNSD Kobi Tahun 2009

Kota Bima, Garda Asakota.-
Rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNSD) tahun 2009 lalu di Pemerintah Kota Bima ternyata masih menyimpan persoalan yang menganulir tiga orang pelamar yang telah dinya¬takan lulus. Dari sebanyak 445 formasi yang telah dinyatakan lulus diduga sempat muncul di permukaan sekitar 16 orang yang awalnya lulus, tapi kemudian bermasalah dengan 7 orang tidak sesuai formasi dan 9 orang kelas jauh.

Aji Man: Kerja Sama yang Solid, Harus Digalakkan

Kota Bima, Garda Asakota.-
Begitu banyak program pemerintah yang diupayakan dalam konteks men¬ciptakan dan meningkatkan kesejahte¬raan masyarakat dalam melaksanakan proses pembangunan dari, oleh dan untuk masyarakat. Program pembangu¬nan peternakan di Kota Bima diarahkan pada peningkatan kontribusi dalam per¬baikan ekonomi masyarakat inilah yang perlu kita galakkan bersama, antara masyarakat sebagai aktor pelaksana, dan pemerintah sebagai fasilitator.

Dikeluhkan Penarikan Uang Saat Pendaftaran Sertifikasi Guru

H. Ali : Tidak Ada Penarikan Sampai Rp.100 Ribu

Bima , Garda Asakota.-
Berhembus kabar kurang sedap di jajaran lingkup Dikpora Kabupaten Bima terkait dengan dugaan pungutan uang registrasi dan uang pendaftaran calon sertifikasi guru baik dari tingkat SD, SMP maupun SMA/SMK. Seba¬gaimana diungkapkan oleh JN kepada wartawan bahwa dugaan pena¬rikan uang tersebut tidak berdasarkan aturan yang ditetapkan dan tidak ada sosialisasi sebelumnya.

Supervisor PT. CYC Ditengarai Sepihak Putuskan Kontrak Kerja

Kota Bima, Garda Asakota.-
Diduga Supervisor PT. Citra Yasindo Setia, Daman Huri, melakukan pemutusan sepihak kontrak kerjasama proyek pembangunan tower yang berada di Parado Kuta Kecamatan Parado Kabupaten Bima. Hal ini diungkapkan oleh pihak kedua, H. Ramli Yusuf, selaku penerima proyek kerja dari PT.Citra Yasindo Setia tertanggal 31 januari 2011.

Wabup: Tak Mungkin Ada Dua Bupati dalam Satu Daerah



Sape, Garda Asakota.-
Sebanyak 100 lebih Kepala Sekolah (Kasek) dan pengawas TK/SD, SMP dan SMA Kecamatan Wawo, Sape, dan Lambu yang dilantik di Paruga Nae Talabiu Kecamatan Woha, Rabu (9/3) lalu, dibina sekaligus menerima petikan Surat Keputusan (SK) pengangkatan.

STIS Promosikan Wisudawan Terbaik dengan Program S2

Kota Bima, Garda Asakota.-
Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Kota Bima menyatakan kesiapannya dalam mengusahakan dan mengusulkan para wisudawan terbaik sekaligus alumni pertamanya, Gunawan S. Hi, ke jenjang S2 secara gratis. Ketua STIS Kota Bima, M. Mutawali, MA, kepada Garda Asakota menjelaskan bahwa, program kelanjutan S2 sekaligus merupakan komitmen lembaga STIS untuk menghadapi

SMAN-I dan SMAN-2 Wawo, Disibukkan dengan Persiapan UAS

Sape, Garda Asakota.-
Dua hari terakhir, jajaran SMAN 1 dan SMAN 2 Kecamatan Wawo sibuk menyiapkan Ujian Akhir Sekolah (UAS). Apalagi, ujian itu menggunakan lembaran jawaban komputer (LJK) seperti Ujian Nasional (UN), hanya saja perbedaannya seluruh mata pelajaran akan diujikan.
Kepala SMAN 1 Wawo, Muhtar Abidin, SPd, mengatakan,

Warga Lingkungan Dodu I dan Dodu II, Bentrok

Kota Bima, Garda Asakota.-
Warga yang berada di Dodu I dan Dodu II Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima, sekitar pukul 19.30 Kamis tadi malam (17/3), terlibat bentrok. Diduga pecahnya perkelahian antar warga ini dipicu tiga warga dodu I (H. Mukmin, anaknya Ramadhan dan Rusdin) yang datang dari arah Kota Bima, tiba-tiba dihadang, dilempar, dan diparangi oleh sekelompok warga

Reskrim Kantongi 13 Identitas Pelaku Aksi Anarkis di Parado

Bima, Garda Asakota.-
Siapa saja yang melakukan pelang¬garan atau melakukan aksi anarkis, maka pelaku tersebut akan berhadapan dengan hukum karena semuanya sudah diatur dalam undang-undang. Begitu¬pun bagi oknum warga masyarakat yang terlibat aksi demonstrasi anarkis di Kecamatan Parado beberapa waktu lalu, akan diproses secara hukum. Pihak Reskrim Polres Bima, mengaku telah mengantongi

Bocah Hydrocephalus di Wawo, Butuh Uluran Tangan

Ajukan Surat Bantuan ke Bupati Bima

Kota Bima, Garda Asakota.-
Amirul Dzuhrus Safar, bayi laki-laki berusia 3thn ini hanya bisa tergolek lemah di tempat tidur. Seharusnya di usia itu, putra satu-satunya dari pa¬sangan suami isteri Marwan dan Hadijah warga Rt.9/Rw.04 Kecamatan Wawo

Jelang HUT ke-9 Kobi, Camat Rasanae Barat Aktif Monitoring

Camat Rasanae Barat, Nurjannah, S. Sos

Kota Bima, Garda Asakota.-
Dalam rangka persiapan menyam¬but HUT ke-9 Kota Bima tanggal 10 April mendatang, Camat Rasanae Ba¬rat bersama jajarannya terus melakukan monitoring ke setiap Kelurahan untuk melihat perkembangan yang terjadi di masyarakat.

Lomba Rancang Busana

Zain Launching Album “Kota Bima Kota Pendidikan”

Zain M. Yasin

Setelah sekian tahun vakum, akhirnya Zain M. Yasin, salah satu dari musisi Bima-NTB, akan me-launching album keenam lagu-lagu Pop Bima dengan judul album ‘Kota Bima Kota Pen¬didikan’. Rencananya, album da¬lam

KEHANCURAN LINGKUNGAN DAN PELANGGARAN HAM

Oleh : Burhanudin
Masalah tak kalah serius yang ditimbulkan oleh kegiatan usaha pertambangan adalah pencemaran lingkungan dan pelanggaran hak asasi manusia (perampasan hak masyarakat adat, terror dan intimidasi, penangkapan, sewenang-wenang hingga kekerasan fisik senantiasi kita jumpai pada saat orang melakukan penolakan terhadap masuknya tambang… apakah kita masih menganut pola ORDE BARU…??

Rabu, 16 Maret 2011

KPU Bima Diduga Turut Serta Merubah SK Tim Fersy



Ket: Foto Para demonstran ketika membakar replikasi keranda mayat sebagai simbol matinya hati para pejabat dan simbol bahwa Pemkab Bima dibawah kepemimpinan Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, telah banyak menyengsarakan nasib rakyatnya.



Bima, Garda Asakota.-
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menduga keras bahwa Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bima yang diketuai oleh Ichwan P. Syamsuddin dan anggota KPU Bima Zuriati, Ahmad Yasin, Saiful Irfan dan Siti Nursusila,

Khairuddin: Rekomendasi Bawaslu, Langkah Maju

Bima, Garda Asakota.-
Mantan Ketua Panwaslu Kota Bima, Ir. Khairuddin HM. Ali, M. AP, menilai keluarnya rekomendasi Ba¬waslu RI Nomor: 119/Bawaslu/III/2011 yang meminta KPU NTB membentuk Dewan Kehormatan (DK) untuk me¬me¬riksa seluruh anggota KPU kabu¬paten Bima sebagai berita gembira bagi masyarakat Bima. Hanya dengan cara inilah, kata dia, dugaan atas pelangga¬ran asas penyelenggara pemilu yang telah dilakukan oleh KPU Kabupaten Bima, bisa dipertanggungjawabkan.

Kecewa Dimutasi, Mantan Kasek Ngadu ke Komisi II

Ibun Khaldun Nilai Kebijakan Mutasi, Dzolimi Pendidikan

Bima, Garda Asakota.-
Kecewa dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Bima terkait rotasi dan mutasi beberapa hari lalu, mantan Kepala Sekolah SDN Inpres Diha meyampaikan keluhanya atau pengaduan langsung di hadapan anggota Komisi II DPRD Propinsi NTB yang melakukan reses di kecamatan Monta dan dihadapan Kepala Sekolah (kasek) lainnya, yang saat itu menghadiri acara serah terima jabatan kasek Senin

Harus Ada Putra Daerah yang Kelola Kekayaan Sumbawa

Bima, Garda Asakota.-
Untuk mengelola kekayaan alam di Pulau Sumbawa, harus ada putra dae¬rah yang mampu mengelolanya. Pasal¬nya, bila kekayaan alam di Pulau Sum¬bawa tidak dikelola putra daerah, maka tidak akan memiliki hasil untuk warga pribumi. “Melainkan hanya akan meng¬untungkan orang luar,” demikian pene¬gasan anggota Komisi II Dewan Per¬wakilan Rakyat (DPR) Provinsi NTB,

BEM NTB Raya Demo Tuntut Pembebasan Warga


Kota Bima, Garda Asakota.-
Sedikitnya 300-san massa maha¬siswa yang tergabung dalam Korwil VIII BEM NTB Raya, Selasa kemarin (15/3), menggelar aksi demonstrasi, menuntut dibebaskannya sejumlah warga masyarakat Lambu dan Parado Kabupaten Bima terkait aksi kerusuhan Parado/Lambu beberapa waktu lalu.

Terdengar Letusan Senjata, Warga Lambu Resah

Bima, Garda Asakota.-
Komponen warga masyarakat di Kecamatan Lambu Kabupaten Bima, sekitar pukul 21. 00 Wita Minggu (13/3), dihebohkan dengan suara letusan sen¬jata dari pihak yang belum teriden-tifikasi. Menurut warga Lambu, Mulyadin, suara letusan senjata api itu ter¬dengar jelas sebanyak empat kali, hing¬ga menyebabkan warga yang men¬dengarnya panik dan tidak merasa nyaman.

Kaki Korban Penembakan di Parado, Diamputasi

Bima, Garda Asakota.-
Na’as, nasib yang dialami salah satu korban penembakan, Ahmad, SP.d (25-thn). Warga Parado yang menjadi guru guru sukarela di MTs Parado ini, terpaksa kaki kirinya diamputasi.
Sampai sekarang dirinya masih terbaring lemah Rumah Sakit Umum Mataram. “Tiga uratnya yang putus akibat tembakan tersebut pada bagian kaki kiri, harus diamputasi

Kapolda: Seorang Pemimpin Harus Dekat dengan Rakyat

Bima, Garda Asakota.-
Kapolda NTB, Brigjen Arif Wachyu¬nadi, didampingi oleh sejumlah jajaran Polda NTB, Selasa kemarin (15/3), kembali datang menyambangi Bima, daerah yang dianggapnya rawan dengan konflik. Disamping memantau kondisi dan situasi di daerah Kota dan Kabupaten Bima pasca konflik lalu, orang nomor satu di jajaran Kepolisian Daerah (Poda NTB) tersebut untuk meresmikan kantor

H. Amin: Mutasi, Bukan Karena Kepentingan Politik

Bima, Garda Asakota.-
Sebanyak 19 orang pejabat fungsio¬nal pada jajaran Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Dikpora kecamatan Woha, diharapkan sebagai Ujung tom¬bak yang mengamankan semua kebija-kan Daerah dan harus pro aktif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagi abdi masyarakat. KUPT Dinas Dikpora Kecamatan Woha Kabupaten Bima, H. Muhammad H Amin, SP.d, me¬ ni¬lai bahwa,

Wawali Buka Sosialisasi PUGAR tingkat Kota Bima

Kota Bima, Garda Asakota.-
Bertempat di aula Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima, Senin (14/3), telah dilaksanakan acara pem¬bukaan sosialisasi Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) ting¬kat Kota Bima. Pada kesempatan itu, hadir Wakil walikota Bima, H. Rahman H. Abidin sekaligus yang membuka acara, Kepala DKP Kota Bima, Ir. H. Sarafudin, MM, Kepala Diskoperindag, Muhaimin SE,

Dikes Kobi Optimalkan Program Penanggulangan Kemiskinan


dr. H. Bachtiar Hasan
Kota Bima, Garda Asakota.-
Salah satu komitmen Pemkot Bima untuk memberikan pelayanan maksimal dan penanggulangan kemiskinan, terutama di bidang kesehatan adalah menggenjot program pemberian kartu Jamkesmas kepada masyarakat yang kurang mampu.

Wera Mantapkan Persiapan Duta Olimpiade MIPA SD/MI

Wera, Garda Asakota.-
Ketua panitia lomba olimpiade MIPA SDN/MI tingkat Kecamatan Wera Kabupaten Bima, Furqan, S. Pd, mengungkapkan bahwa pihaknya akan memberikan pembinaan dan pemanta¬pan materi kepada enam orang peserta Matematika dan IPA yang akan mewakili kecamatan Wera di tingkat Kabupaten Bima.
Menurutnya, kegiatan lomba olim¬piade MIPA SDN/MI tingkat Kecama¬tan Wera

Wawali Tinjau Obyek Wisata Lokal, Rade Wura

Kota Bima, Garda Asakota.-
Didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Drs. H. Tajuddin Umar dan sejumlah pimpinan Satker lingkup Pemkot Bima, Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman, SE, Minggu lalu (13/3), meninjau sejumlah lokasi di wilayah Kota Bima. Kunjungannya, diawali di salah satu kawasan perkebunan rakyat lingkungan Tolotongga Kelurahan Jati¬wangi Kecamatan Asakota bersama obyek Rade Wura.

Paruga, Juara I Lomba Kelurahan tingkat Rasanae Barat


Nurjanah S. Sos
Kota Bima, Garda Asakota.-
Setelah melalui beberapa tahapan penilaian yang dilakukan oleh Tim Peni¬lai, akhirnya kelurahan Paruga terpilih sebagai pemenang lomba kelurahan tingkat Kecamatan Rasanae Barat.
Camat Rasanae Barat, Nurjanah S. Sos, kepada Garda Asakota, Selasa (15/3), menjelaskan beberapa indikator

Tiga Desa di Woha Raih Daerah Mandiri

Bima, Garda Asamkota.-
Tiga Desa di Kecamatan Woha Kembali dipercaya sebagai daerah Mandiri Pangan pada wilayah tersebut setelah sebelumnya Desa Donggobolo telah lebih awal dijadikan sebagai daerah yang sama. Adapun ketiga desa yang di¬maksud adalah Desa Risa, Desa Ka¬lampa dan Desa Samili, sesuai dengan penetapan yang dilakukan BKP4 Kabupaten Bima dan Propinsi NTB.
Kepala Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Woha Kabupaten Bima,

Lomba Rancang Busana

Sabtu, 12 Maret 2011

Bawaslu Minta Anggota KPU Bima Diberhentikan



Eksekusi, Kewenangan KPU dan DPRD Kab. Bima

foto: Bambang Eka Cahya Widodo
 
Bima, Garda Asakota.-
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jumat kemarin (11/3), secara resmi telah melayangkan surat rekomendasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB untuk membentuk Dewan Kehor¬matan (DK) bagi semua anggota KPU Kabupaten Bima karena diduga me¬langgar kode-etik asas

KPU Bubar Saja Bila Tak Laksanakan UU

Bima, Garda Asakota.-
Ketua Forum Cendekiawan NTB, Muhklis Abdullah, SH, tidak pernah berhenti mengkritisi kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima. Pria kelahiran Bima yang tinggal di Jakarta ini menilai telah terjadi kecu¬rangan sejak awal dalam proses Pilkada Kabupaten Bima karena tidak profesio¬nalnya personil KPUD dalam menerap¬kan UU. “KPU bubar saja bila tidak mau melaksanakan UU,

Mutasi Kasek Ditengari Sarat Politik

Sape, Garda Asakota.-
Mutasi sejumlah kepala sekolah lingkup Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora ) Kabupaten Bima yang dihelat oleh Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, di Paruga Na’E kecamatan Woha Kabupaten Bima, Rabu (9/3) diduga sarat unsur politik. Hal itu diung¬kap oleh seorang guru SDN

Kawasan Pertanian di Desa Ngali Dihantam Banjir


Bima, Garda Asakota.-
Sekitar pukul 15.00 Wita, Jumat (11/3), banjir bandang menerjang areal per¬ta¬nian di So Tolo Monta dan so Ben¬teng Desa Ngali Kecamatan Belo Kabu¬paten Bima.
Akibatnya sekitar 100 hektar tanaman

Nilai UN Kurang, Tidak Ada Kata Ujian Ulang

Bima, Garda Asakota.-
Untuk menghindar dari tradisi saling nyontek-menyontek antar siswa pada saat pelaksanaan Ujian Nasional (UN)/Ujian Sekolah (US), Tim UN/US men¬sosialisasikan deminasi ujian UN/US tahun pelajaran 2010-2011, di SMAN-1 Belo Kabupaten Bima, Jumat (11/3).

Dusun Bombai Desa Sangiang Terendam Banjir

Sape, Garda Asakota.-
Hampir semua pemukiman warga dusun Bombai desa Sangiang Kecama¬tan Sape Kabupaten Bima terendam banjir setinggi paha orang dewasa, Jumat (11/3). Banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut selama lebih kurang sekitar tiga jam.
Selain merendam pemukiman war¬ga, kondisi ini juga mengakibatkan lum¬puhnya

Warga Keluhkan Rusaknya Jalan Lintas Sape Utara

Sape, Garda Asakota.-
Rusaknya jalan umum lintas Sape-Wera mulai Dusun Nanga Pambu Desa Buncu hingga Desa Lamere, seringkali menja¬di bahan keluhan warga Dusun Soro Desa Lamere Kecamatan Sape Kabu¬paten Bima. Pasalnya, aki¬bat kerusakan jalan terse¬but sering menyebabkan terjadinya kecelakaan

Pasca Tragedi Parado, Puluhan Warga Masih Tinggal di Gunung

Bima, Garda Asakota.-
Sekitar 36 warga Kecamatan Para¬do Kabupaten Bima hingga saat ini masih memilih tinggal di areal pegu¬nungan sekitar menyusul tragedi ber¬darah dan pembakaran kantor Mapol¬sek Parado beberapa waktu lalu. Dika¬barkan, mereka takut kembali ke per¬kampungan lantaran

Raskin Telat, Warga Simpasai Demo Kades

Bima, Garda Asakota.-
Ratusan warga Desa Simpasai Kecamatan Monta Kabupaten Bima menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Desa setempat, Jumat (11/3).
Mereka menuntut agar Kades Simpasai turun dari jabatannya lantaran tidak mampu memperjuangkan hadirnya jatah raskin bulan ini. Koordinator La¬pangan,

Kunker di Wera, Bupati Serahkan Hand-Tractor

Wera, Garda Asakota.-
Kunjungan kerja Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, di Kecamatan Wera, Kamis (10/3), ditandai dengan penyera¬han bantuan alat-alat pertanian yang berlangsung di aula kantor Camat Wera.

Lomba Rancang Busana

Jumat, 11 Maret 2011

Penyelesaian Sengketa Pemilukada Bima Deadlock

KPUD Dinilai Tak Punya Itikad Baik

Mataram, Garda Asakota.-
Upaya fasilitasi penyelesaian konflik Pemilukada Kabupaten Bima yang digelar di hall Gubernur NTB, Kamis kemarin (10/3), berujung deadlock. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bima maupun Pro¬pinsi NTB belum mau melaksanakan eksekusi terhadap Putusan

Warga Keluhkan Perbedaan Tarif Baru Pemasangan Listrik

Bima, Garda Asakota.-
Sejumlah warga di Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima mengeluhkan adanya perbedaan tarif baru pemasang listrik, di luar standar yang telah ditentukan oleh PLN dan Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI). Pelanggan pemasangan baru asal Desa Talabiu yang enggan ditulis namanya mengaku,

Pembayaran Tagihan Listrik Naik, Pelanggan di Woha Kaget

Bima, Garda Asakota.-
Seorang pelanggan PLN di Keca¬matan Woha Kabupaten Bima, M. Ali, mengaku kaget dengan adanya lonjakan tarif rekening listrik yang harus diba¬yarnya hingga berlipat-lipat dari sebe¬lumnya. Warga Dusun Labali Desa Rabakodo mengaku hanya memakai dua bohlam kecil di rumahnya,

MAN-1 Kota Bima Siap Hadapi Ujian Nasional


Bima, Garda Asakota.-
Para siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)-1 Kota Bima memper¬siapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan diadakan secara se¬rentak secara Nasional tanggal 18-21 April mendatang. Beberapa terobosan dan program sekolah telah dilaksanakan oleh pihak MAN-1 Bima