-->

Notification

×

Iklan

Pertama di NTB, Rumah Sehat Baznas Kota Bima Mulai Dibangun, Baznas RI: Ini Untuk Kaum Dhuafa dan Mustahiq

Saturday, June 17, 2023 | Saturday, June 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-17T12:23:42Z

 

Pimpinan Baznas RI bapak Prof Ir HM Nadratuzzaman Husen, MS., MEC, Ph.D., saat memberikan sambutan pada acara peletakan batu pertama pembangunan RSB Kota Bima, pada Sabtu pagi 17 Juni 2023




Kota Bima, Garda Asakota.-

 


Rumah Sehat Baznas (RSB) Kota Bima mulai dibangun. Rumah sehat yang diperuntukan bagi kaum dhuafa dan para mustahiq ini mulai diletakan batu pertama pembangunannya oleh Pimpinan Baznas RI bapak Prof Ir HM Nadratuzzaman Husen, MS., MEC, Ph.D., pada Sabtu pagi 17 Juni 2023.

 


“Filosofinya Rumah Sehat Baznas bahwa kita menginginkan semua penduduk kita sehat. Mereka datang ke RSB ini hanya ingin sehat,” ujarnya usai meletakan batu pertama pondasi RSB Kota Bima.

 


Menurutnya, pembangunan RSB ini diperuntukan untuk menyantuni kaum dhuafa serta para mustahik agar selalu sehat sehingga bisa bekerja dan produktif dengan baik.

 


“Karena kalau Baznas memberikan zakat untuk usaha tapi mustahik tidak sehat, tentu nggak jalan programnya. Jadi modal terbesar kita itu sehat, kalau tidak sehat kita nggak bisa apa-apa,” ujarnya.

 


Pihaknya berharap agar Pemerintah Daerah tetap komit dan sehati dengan Baznas dalam kerangka sebagai pelayan kaum dhuafa.

 


“Kami juga meminta dukungan kepada MUI untuk terus memberikan pemahaman kepada para muzaki tentang betapa pentingnya zakat itu. Karena kalau tidak ada yang membayar zakat, Baznas jelas nggak bisa punya program tambahan,” ungkapnya.

 


Karena peran muzaki itu sangatlah penting, lanjutnya, Baznas membuat bagaimana caranya menjalin hubungan baik dengan muzaki sehingga dengan sendirinya mereka secara ikhlas akan membayar zakatnya ke Baznas dan Baznas pun akan membuktikan dengan sebuah kepercayaan

 


"Ini sesuai dengan salah satu program Baznas yaitu Kepercayaan,” imbuhnya.

 


Pihaknya juga berharap kepada para pimpinan Baznas se-Pulau Sumbawa yang ikut hadir diacara peletakan batu pertama pembangunan RSB Kota Bima, dapat menjadikan contoh teladan apa yang di lakukan oleh Pemkot Bima dan Baznas-nya untuk terus menjalin komunikasi dengan Baznas RI.

 


Sementara itu, dalam pengantarnya Ketua Baznas Kota Bima, H Nurdin Mansyur, S.Sos., MM., menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Pimpinan Baznas RI yang telah hadir di Kota Bima melihat langsung sekaligus meletakkan batu pertama pembangunan RSB Kota Bima.

 


“Proses mewujudkannya butuh waktu yang cukup lama. Tapi Alhamdulillah berkat dukungan Walikota Bima yang bergerak cepat menyampaikannya ke Baznas Pusat, rencana kami untuk membangun RSB di Kota Bima akhirnya bisa disetujui,” kata H Nurdin.

 


RSB ini, menurutnya, merupakan RSB ke delapan di seluruh Indonesia dan satu-satunya RSB di NTB.

 


“Mudah-mudahan RSB ini selanjutnya bisa menjadi Rumah Sakit Baznas Kota Bima,” ujarnya.

 


Pembangunan RSB, kata Nurdin, akan memakan waktu 150 hari kalender.

 


“Akan tetapi untuk membangun RSB ini, semua tergantung transferan dana dari Baznas Pusat. Insha Allah kalau lancar pasti cepat jadi,” imbuhnya.

 


Walikota Bima, HM Lutfi, yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut mengaku bangga dan bersyukur dengan adanya pembangunan RSB tersebut.

 


“Selain menjadi satu-satunya RSB yang ada di NTB, juga bisa menjadi penyangga rumah sakit kota saat ini mengingat saat ini Peserta BPJS Kesehatan Kota Bima telah mencapai 90 porsen,” ungkapnya.

 


Pihaknya berharap adanya kerjasama semua pihak agar dapat mensosialisasikan keberadaan RSB dengan masif kepada masyarakat.

 


“Jangan berjalan sendiri-sendiri. Kalau sendiri performance-nya tidak akan terbentuk. Sebab ini semua dalam rangka membantu masyarakat kita yang kurang beruntung,” tandasnya.

 


Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Ketua Baznas Provinsi NTB, Ketua Baznas se-Pulau Sumbawa, Ketua MUI Kota Bima, Ketua FKUB, Pimpinan OPD Lingkup Kota Bima, Perwakilan BUMN serta Camat dan Lurah se-kecamatan Mpunda. (GA.335*)

×
Berita Terbaru Update