-->

Notification

×

Iklan

Semangat Berkurban Warga BTN dan Lingkungan Tambana, Kompak Patungan Hingga Bisa Beli 8 Ekor Sapi dan 2 Kambing

Thursday, June 29, 2023 | Thursday, June 29, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-29T03:47:36Z

 

Antusiasme warga BTN Tambana Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota mempersiapkan hewan kurban untuk pemotongan hari ini.




Kota Bima, Garda Asakota.-



Momentum Idul Adha menjadi hari besar kedua setelah Idul Fitri yang kerap dirayakan umat Islam di Indonesia. Pada saat itu, tiap umat muslim akan merasakan nikmatnya makan daging kurban. 


Tahun ini Hari Raya Idul Adha akan jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023. Dianjurkan pada hari itu bagi yang mampu, untuk memotong hewan kurban dan membagikannya kepada fakir miskin.  


Berkurban ternyata diperbolehkan patungan, terutama untuk kurban sapi, karena tidak semua orang mampu membelinya sendiri. 


Cara inilah yang kerap dilakukan oleh warga BTN Tambana dan Lingkungan Tambana Kecamatan Asakota agar bisa berkurban di tahun ini. Tentunya, hal ini perlu dicontoh dan diikuti masyarakat lainnya. 


Bagaimana tidak, karena kompak patungan yakni mengumpulkan dana kurban Rp200 ribu per orang setiap bulan, warga setempat bisa membeli sapi 8 ekor dan kambing 2 ekor untuk berkurban Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi.


Ketua Panitia qurban Subandrio di dampingi Ketua BKM Masjid Al Muamalat Tambana, Syahrir, S.Pdi, mengaku pada perayaan idul Adha kali ini, jumlah hewan kurban bertambah. Tahun sebelumnya hanya sapi 6 ekor dan sekarang sebanyak 10 ekor, yakni sapi 8 ekor dan kambing 2 ekor.


"Tahun 2023 ini merupakan tahun ke tujuh, warga Tambana beli hewan untuk kurban. Tahun pertama hanya 1 ekor, dan kemudian terus bertambah dari tahun ke tahun," ujarnya.


Untuk penyaluran daging kurban, lanjut pria yang juga penceramah ini sudah dibagikan sebanyak 500 kupon kepada warga baik warga yang ada di lingkungan Tambana dan sekitarnya juga kepada warga BTN Tambana.


"Kupon yang kita bagikan termasuk bagi warga luar Tambana yang berhak," ujarnya.


Panitia lainnya, A.Hamid menambahkan dengan terus bertambahnya hewan kurban dari tahun ke tahun dalam program Tambana berbagi, semakin mengisyaratkan bahwa harapan dan kesadaran warga untuk berkurban semakin meningkat. 


"Dengan indikator ini, kami bisa menyimpulkan bahwa program Tambana berbagi kurban telah berhasil," ujarnya.


Selain itu juga tujuan program Tambana berbagi untuk menjalin keakraban dan silaturahim yang lebih dekat lagi antara warga BTN Tambana dengan warga di lingkungan Tambana dan sekitarnya.


"Momentum ini keakraban antar sesama warga Tambana semakin terjalin," pungkas pria yang menjabat sebagai Kepala Sekolah SMKPPN Bima itu. (GA. 003*)

×
Berita Terbaru Update