-->

Notification

×

Iklan

Atasi Krisis Air, Pokmas Kendo Sukses Hadirkan Proyek SPAM Bersumber dari Dana Kelurahan

Thursday, September 24, 2020 | Thursday, September 24, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-09-24T11:44:31Z
Air SPAM di Rt. 09 Kelurahan Kendo Kecamatan Raba Kota Bima.


Kota Bima, Garda Asakota.-


Bertahun tahun hidup berdampingan dengan kekurangan air bersih dari mata air dangkal akhirnya warga Kelurahan Kendo Kecamatan Raba Kota Bima khususnya warga Rt.09 dapat menikmati air bersih dari mata air dalam menyusul selesainya program pekerjaan SPAM dari Dana kelurahan tahun 2020 senilai Rp300 juta  yang dikerjakan oleh Pokmas Sahabat Kelurahan Kendo.


Ketua Pokmas Sahabat Kelurahan Kendo, Mubin, yang dikonfirmasi wartawan mengakui hal tersebut. Diakuinya saat ini, di Kelurahan Kendo tengah dilaksanakan proses pekerjaan program Dana Kelurahan tahap I senilai Rp300 juta.


Proyek ini, kata dia, di fokuskan pada pengeboran air semi Kanada untuk memenuhi kebutuhan mendasar warga Kendo khususnya warga di Rt. 09.


"Alhamdulillah dengan kedalaman 90 meter di bawah permukaan tanah, debit airnya cukup besar. Sekarang progres pekerjaannya sedang dalam tahap pembagian perpipaan ke rumah-rumah warga penerima manfaat yang berjumlah sekitar 39 KK (Kepala Keluarga)," katanya.


Sementara, Lurah Kendo, H. Andi mengatakan bahwa dengan keberadaan sumber air semi Kanada ini satu hal yang patut di syukuri dan diapresiasi. Karena selama ini, katanya, meski di Kendo khususnya di Rt. 09 ini tidak benar benar kering sumber airnya namun warganya memang kesulitan untuk mendapatkan air bersih.


"Meski ada sumur namun dalam dan airnya sedikit kadang ambil air dari saluran drainase. Bahkan terkadang bergantung pada air hujan namun dengan adanya proyek pengeboran Air ini kami meyakini akan sangat membantu sekali akan kebutuhan air warga kendo khususnya warga di Rt. 09. 


Mata airnya Alhamdulillah cukup besar sekarang sedang tahapan pekerjaan perpipaan yang menuju ke masing masing penerima manfaat. Dan In shaa Allah awal awal Oktober pekerjaan akan selesai dan air segera akan mulai di alirkan ke setiap penerima manfaat," ungkapnya.


Tetapi sebelum proyek itu dimanfaatkan masyarakat, dia berharap Kelompok Pengatur Air atau KP SPAM di bentuk terlebih dulu biar keberadaan sumber air tersebut ada yang mengurusnya.


"Pembentukan KP SPAM ini akan kita laksanakan setelah di pastikan bahwa air benar benar mengaliri setiap Perpipaan menuju rumah warga penerima manfaat," tegasnya.


Terpisah Camat Raba, Sirajuddin, S.Sos, juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras seluruh elemen masyarakat Kelurahan Kendo dan Pokmasnya yang telah mewujudkan harapan besar masyarakatnya yang selama ini meski telah berkali kali di usulkan belum jua di wujudkan.


"Tetapi Alhamdulillah di kepemimpinan pemerintahan HM. Lutfi dan Feri Sofiyan, SH, air bersih yang merupakan kebutuhan dasar tersebut dapat di realisasikan melalui program Dana Kelurahan tahun 2020," ujarnya.


Camat berharap debit airnya tidak akan berkurang meski di landa kemarau panjang. Hal ini juga tentunya harus di dukung dengan kesadaran masyarakat untuk tidak lagi melakukan aksi penebangan hutan secara liar. 


"Kendati kedalamannya cukup dalam, tetap akan berpengaruh juga karena yang namanya air tanah rembesan dari gunung tentu akan berpengaruh juga pada kestabilan debit airnya," harapnya. (GA. 003*)

×
Berita Terbaru Update