-->

Notification

×

Iklan

Pemkab Bima Terima Bantuan 5 Ekor Sapi Pejantan dari Dirjen PKH Kementrian Pertanian RI

Thursday, June 29, 2023 | Thursday, June 29, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-29T02:09:26Z

 

Dirjen PKH Kementrian Pertanian RI melalui Sekretaris Dirjen, Drh. Makmun, MSc, saat menyerahkan bantuan 5 ekor Sapi Pejantan kepada pemerintah Kabupaten Bima yang diterima oleh Asisten II, Ir. Syaifuddin.



Kabupaten Bima, Garda Asakota.-



Dirjen PKH Kementrian Pertanian RI melalui Sekretaris Dirjen, Drh. Makmun, MSc, menyerahkan bantuan 5 ekor Sapi Pejantan kepada pemerintah Kabupaten Bima cq. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan di Desa Teke Kecamatan Palibelo, Rabu (28/6/2023).


"Bantuannya berupa 5 ekor Sapi Pejantan super ras Bali," kadis Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bima, Ir. Indra Jaya kepada Garda Asakota.


Bantuan tersebut, kata Kadis selanjutnya akan diserahkan ke 5 kelompok ternak di 5 kecamatan se Kabupaten Bima. Yaitu, desa Teke-Palibelo, desa Risa-Woha, desa Sangia-Sape, Sumi-Lambu dan desa Oi Panihi-Tambora, yang diterima langsung oleh para ketua kelompok didampingi kepala UP2PKH Kecamatan masing-masing. 


"Tujuannya sebagai sapi pemacek, yaitu pejantan yang bagus untuk mengawini sapi betina agar menghasilkan keturunan yang bagus demi perbaikan kualitas anak sapi para peternak," jelasnya. 



Usai penyerahan bantuan, kegiatan dilanjutkan dengan vaksinasi dan pengobatan sapi gratis, penandaan eartag, dan sosialisai. 


Dalam paparannya Drh. Makmun, MSc menyampaikan perlunya kita tetap vaksin semua ternak agar Indonesia bisa bebas penyakit PMK, penandaan ternak agar jelas identitasnya, juga perlunya dukungann dan evaluasi bagi peternak kita yang sangat antusias membawa sapi qurban ke wilayah DKI Jakarta.


Tahun ini, kata Sekretaris Dirjen yang hadir bersama rombongan BPTU-HPT Denpasar, menghadapi kendala pengangkutan dan sedikit kendala penjualan sapi qurban di wilayah Jabodetabek akibat lonjakan jumlah sapi qurban yang cukup besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 


Kegiatan ini dilaksanakan di desa Teke kecamatan Palibelo, diikiti oleh Tim BPTU-HPT Denpasar, Asisten II Setda kabupaten Bima mewakili Bupati Bima, kadis Peternakan, Camat Palibelo, Kapolsek, Danramil, Kades Teke, para peternak dan jajaran dinas Peternakan kecamatan. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update