Jakarta, Garda Asakota.-
Pandemi
COVID-19 tidak hanya mempengaruhi aspek kesehatan dan aspek perekonomian
Indonesia. Aspek pendidikan pun turut terkena imbasnya dengan penerapan School
from Home baik dari tingkat TK hingga Universitas. Kondisi ini pun lantas
menimbulkan permasalahan baru yaitu meningkatnya ketimpangan akses pendidikan antardaerah
di Indonesia. Sebagai perusahaan yang mempunyai andil dalam memajukan
kesejahteraan bangsa, hal inilah yang melatarbelakangi PT Bussan Auto Finance (BAF)
untuk ikut memberikan sumbangsihnya kepada anak-anak Indonesia agar dapat terus
menikmati akses pendidikan yang layak di tengah keterbatasan yang harus mereka
hadapi.
Marketing Communication & Branding (Division Head) PT Bussan Auto Finance, Pangestu Wibowo, kepada wartawan, mengungkapkan dalam rangka menyambut BAF 23rd Anniversary dan rangkaian kegiatan Semarak BAF 23 Tahun, program Corporate Social Responsibility (CSR) kali ini kembali mengusung tema “Caring for Children”.
"Tema yang sama juga diusung BAF dalam Program Anak Asuh (Orang Tua Asuh dari Karyawan BAF) pada HUT Gedung BAF Plaza ke-1 bulan Juni 2020 yang lalu, dimana dalam program tersebut BAF dan para Karyawannya memberikan bantuan pendidikan untuk 400 anak asuhnya di Bengkulu. CSR BAF Peduli “Caring for Children” ini merupakan salah satu bentuk kepedulian BAF dalam mewujudkan cita-cita anak bangsa dan perbaikan kualitas pendidikan seluruh Indonesia," ungkapnya melalui siaran persnya yang diterima redaksi media ini, Jum'at 18 September 2020.
Menurutnya, kegiatan CSR ini diselenggarakan serentak pada tanggal 18 September 2020 di 23 (dua puluh tiga) kota di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, diantaranya Langsa, Batam, Jambi, Cileungsi, Kudus, Lumajang, Yogyakarta, Martapura, Tanah Grogot, Pontianak, Palangkaraya, Gianyar, Lombok, Bima, Kupang, Kendari, Luwuk, Mamuju, Ternate, Ambon, Sorong, Jayapura, dan Merauke.
"Pemilihan 23 lokasi ini merupakan simbolis dari usia BAF yang menginjak angka ke-23 tahun dan sebagai perwakilan wilayah dari Kantor Cabang BAF dari Sabang hingga Merauke," ujarnya.
Selain pelaksanaan CSR BAF Peduli “Caring for Children”, BAF juga, menurut Lynn Ramli, memberikan donasi senilai Rp200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) dalam penutupan event BAF Lions Virtual Run 2020 “Run for Vision” yang akan diselenggarakan pada akhir acara di September ini. Donasi akan diserahkan kepada Yayasan Lions Indonesia untuk kemudian disalurkan sebagai bantuan bagi anak-anak Indonesia yang mengalami gangguan kesehatan penglihatan.
BAF Lions Run “Run for Vision” awal rencana diselenggarakan pada Minggu, 22 Maret 2020 di The Breeze, BSD, namun mengingat kesehatan para peserta lari adalah prioritas utama BAF, penyelenggaraan charity run ini diubah formatnya menjadi virtual run untuk mendukung penerapan PSBB yang dilakukan oleh pemerintah. Hampir tiga ribu pelari yang terdaftar dapat melakukan virtual run dalam kurun waktu 1 – 20 September 2020.
Pada tahun 2019, seluruh saham Perseroan
milik PT Mitsui Indonesia dan sebagian saham Perseroan yang dimiliki Mitsui
& Co. Ltd dibeli oleh PT Sinergi Autoindo Abadi yang mengakibatkan
terjadinya perubahan kepemilikan pemegang saham Perseroan menjadi Mitsui &
Co., Ltd. sebesar 65,0%, Yamaha Motor Co., Ltd. sebesar 17,7%, PT Yamaha
Indonesia Motor Manufacturing sebesar 2,3%, dan PT Sinergi Autoindo Abadi
sebesar 15,0%.
Kegiatan usaha Perseroan terus berkembang dan per tanggal 30 Juni 2020, Perseroan telah beroperasi di 254 lokasi di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 188 kantor cabang, 37 point of services (“POS”) dan 29 Griya yang didukung oleh lebih dari 5.700 karyawan. Perseroan juga telah memperluas jaringan pelayanannya dengan menambah titik-titik pembayaran angsuran melalui kerja sama dengan pihak ketiga yang meliputi jaringan layanan perbankan, gerai ritel dan platform pembayaran elektronik. Perseroan telah terdaftar dalam Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dan juga Biro Kredit. Dalam melaksanakan bisnisnya, Perseroan terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (red.*)