-->

Notification

×

Iklan

Pendaftaran Bakal Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota se-NTB Periode 2024-2029 Resmi Dibuka

Tuesday, October 24, 2023 | Tuesday, October 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-24T11:35:57Z

 

Tim Seleksi Bakal Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota NTB 1 saat menggelar konferensi pers pada Selasa 24 Oktober 2023.



Mataram, Garda Asakota.-

 


Tim Seleksi Calon Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten dan Kota se-Nusa Tenggara Barat (NTB) mengumumkan mulai membuka tahapan pendaftaran Bakal Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota se-NTB periode 2024-2029 pada 24 Oktober hingga 30 Oktober 2023.

 


Tim seleksi (Timsel) Bakal Calon Anggota KPU Kabupaten dan Kota se-NTB ini terbagi kedalam dua (2) Tim yakni Tim Seleksi NTB 1 yang meliputi lima (5) Kabupaten yakni di Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa, Kota Bima, Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Tengah.

 


Tim Seleksi NTB 1 diketuai oleh Baiq Santi Rengganis, Sekretaris Tim Seleksi, Zulhadi, Anggota Tim Seleksi, Hari Witono, Dewi Nala Puspidasari dan Abdul Azis.

 


Sementara Tim Seleksi NTB 2 meliputi Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Lombok Timur, Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat.

 

Tim Seleksi NTB 2



Tim Seleksi NTB 2 diketuai oleh Vici Handalusia Husni, Sekretaris Tim Seleksi, Suaeb Qury, Anggota Tim Seleksi, Muhammad Naim, Diangsa W Agian, dan Rudi Hidayat.

 


Tim Seleksi ini direkrut dari beberapa unsur yang terdiri dari akademisi, profesional, dan juga dari tokoh masyarakat.

 


“Tim seleksi ini nantinya akan melakukan tahapan-tahapan seleksi anggota KPU Periode 2024-2029,” ujar Ketua Tim Seleksi NTB 1, Baiq Santi Rengganis, saat menggelar konferensi pers pada Selasa 24 Oktober 2023 di Sekretariat Tim Seleksi Jalan Gili Trawangan Nomor 1 Karang Baru Selaparang Mataram.

 


Adapun jadwal tahapan pelaksanaan seleksi calon anggota KPU Kabupaten/Kota se-NTB periode 2024-2029 yakni dimulai dari pengumuman pendaftaran dimulai 24 Oktober sampai dengan 30 Oktober, Pendaftaran mulai 24 Oktober sampai dengan 04 November, Penelitian Administrasi mulai 24 Oktober sampai 11 November.

 


Perpanjangan pendaftaran mulai 05 November sampai dengan 10 Nobember, Penetapan Hasil Penelitian Administrasi mulai 12 November sampai 13 November, Pengumuman Hasil Penelitian Administrasi pada tanggal 14 November sampai 16 November.

 


Seleksi tertulis dan tes psikologi pada 17 November sampai 26 November, Penetapan hasil seleksi tertulis dan tes psikologi pada 27 November sampai 28 November, Pengumuman hasil seleksi tertulis dan tes psikologi pada 29 November sampai 30 November.

 


Masukan dan tanggapan masyarakat pada 29 November sampai 04 Desember, Tes Kesehatan pada 01 Desember sampai 03 Desember, Wawancara pada 04 Desember sampai 08 Desember, Penetapan hasil tes kesehatan dan wawancara pada 09 Desember sampai 10 Desember, Pengumuman hasil seleksi anggota KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota pada 11 Desember sampai 12 Desember, dan penyampaian nama calon anggota KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota pada 11 Desember sampai 13 Desember 2023.

 


“Kami ingin menegaskan siapapun yang akan menjabat atau menduduki anggota KPU ini adalah orang-orang yang berintegritas dan kredibel,” tegas Baiq Santi Rengganis.

 


Pihaknya berjanji Tim Seleksi akan mengemban amanah dengan sebaik-baiknya sampai dengan terbentuknya komposisi sampai dengan dua kali kebutuhan anggota KPU yakni 10 orang di masing-masing Kabupaten/Kota.

 


“Tim seleksi bekerja dengan cara kolektif kolegial dengan mengedepankan solidaritas dan integritas. Tidak ada tendensi apapun dalam artian netral baik secara posisi maupun netral secara institusi,” ujarnya.

 


Anggota Tim Seleksi NTB 1, Hari Witono, juga menyebut tim seleksi tidak memiliki korelasi dengan siapapun dan akan bekerja sesuai dengan panduan yang diberikan.

 


“Sehingga kalau ada titipan-titipan, insha Alloh sama sekali kami jauh dari itu,” kata Hari.

 


Sementara anggota Tim Seleksi NTB 1 lainnya, Abdul Azis, menegaskan dengan adanya aplikasi siakba.kpu.go.id akan menepis adanya kecurigaan masyarakat terkait proses seleksi tersebut yang sarat dengan kepentingan.

 


“Aplikasi itu bisa dibuka oleh umum. Dan semua peserta bisa melihat di aplikasi siakba tersebut,” terangnya.

 


Bahkan menurutnya 15 menit sebelum pelaksanaan test tertulis, aplikasi seleksi tertulis itu baru diinstall.

 


“Dan yang menginstall bukan tim seleksi,” timpalnya.

 


Pelaksanaan tes psikologi dan tes kesehatan juga dihandel oleh TNI.

 


“Langsung didatangkan dari pusat. Jadi kami tim seleksi hanya melakukan verifikasi dan penilaian paska pelaksanaan test tersebut. Dan semua pihak bisa mengawasi proses pelaksanaan seleksi ini. Jadi tidak ada hal yang ditutupi semua tahapan bisa dipantau,” ujarnya.

 


Hal senada juga ditegaskan oleh Sekretaris Tim Seleksi NTB 2, Suaeb Qury. Menurutnya, ketika ditanya soal profesionalitas, anggota tim seleksi ini sudah teruji tingkat profesionalitasnya.

 


“Insha Alloh, profesionalitas kita semuanya sudah teruji,” pungkasnya. (GA. Im*)

×
Berita Terbaru Update